Selasa, 23 Februari 2010

ALLAH TRINITAS


Manusia yang belum mengenal Kristus secara pribadi, pasti mengira bahwa orang Kristen mempunyai tiga Tuhan. Tetapi ingat bahwa perkataan mereka itu salah besar. Sebab mereka belum mengerti dan merasakan hadirat Tuhan dalam hidup mereka. Mungkin mereka hanya mendengar omongan dari para pemuka agama mereka, atau dari kitab suci mereka yang jelas berbeda sekali dengan isi Alkitab yang terdiri dari Taurat, Zabur (Mazmur Daud) dan Injil Kristus. Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan mengenai Allah Tritunggal atau Allah Trinitas. Semoga Tuhan menuntun anda agar mengerti mengenai diri-Nya. Serta membantu saya dalam menulis tentang-Nya.

Bapa – Anak – Roh Kudus, merupakan tiga pribadi dalam satu Allah. Pribadi Allah ini bekerja pada zaman dan waktu yang berbeda. Sekarang ini setelah Yesus Kristus naik kesurga, kita masuk kedalam zaman Roh Kudus. Roh yang berasal dari Tuhan menggantikan Yesus, telah berada didunia ini sampai kepada akhir zaman. Dialah penuntun, penghibur dan pembimbing kita dalam setiap langkah hidup kita. Tetapi tidak semua orang yang dapat menerima Roh Kudus. Hanya yang percaya bahwa Yesus Kristus Tuhan dan Juruselamat bagi hidupnya yang dapat menerima Roh Kudus. Anda pasti bingung mengenai ini. Tetapi saya akan kembali memberikan gambaran tentang Allah Tritunggal. Karena itulah judul dari artikel ini. Mengenai Roh Kudus saya akan menjelaskannya nanti diartikel selanjutnya.

PENJELASAN PERTAMA

Air, uap, es merupakan tiga wujud berbeda tetapi berasal dari satu sumber yaitu Zat Cair. Anda percaya akan hal itu karena anda bisa melihat, meraba dan merasakannya. Mestinya anda pun harus mempercayai Allah Tritunggal, karena Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus merupakan tiga Pribadi dalam satu Allah. Simak sekali lagi, hanya satu Allah yaitu YHWH (baca : YahWeh). Itukan tidak terlalu sulit untuk dicerna karena Tuhan yang Maha Besar dan Maha Kuasa sanggup melakukan segalanya.

PENJELASAN KEDUA

Anda masih bingung dengan penjelasan diatas? Baik kalau begitu saya akan memberikan gambaran lagi tentang Allah Tritunggal. Anda percaya bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, tetapi bagaimana mungkin Tuhan yang adalah Roh menurut Alkitab sedangkan menurut kitab agama lain adalah Zat yang Maha Tinggi menciptakan manusia yang mempunyai bentuk fisik daging. Sangat tidak masuk akal bukan. Begini penjelasannya dari yang saya baca dalam Alkitab, yang saya tahu pasti dalam kitab lain tidak ada penjelasan mengenai ini.

Manusia diciptakan berdasarkan tiga bagian penting yaitu Tubuh, Jiwa dan Roh. Yang ketiganya ini merupakan bagian terpisah dari manusia. penjelasannya begini :

1. manusia meninggal yang diambil Tuhan adalah Rohnya bukan tubuh dan jiwanya.

2. jiwa masih hidup sesaat ketika manusia meninggal. (Kejadian 4 : 10)

3. tubuh manusia yang paling kelihatan dan dapat dilihat mata akan menjadi kaku apabila roh dicabut dari dalamnya.

Dari contoh diatas saudara pasti mengerti bahwa ketiga bagian itu merupakan bagian yang terpisah tetapi menjadi satu kesatuan yaitu manusia. Sebab jika tidak, pasti Tuhan akan mengambil semuanya bila manusia meninggal. Penciptaan manusia merupakan gambaran dari Allah tritunggal.

PENJELASAN KETIGA

Bapa di Surga menciptakan langit dan bumi dengan berFirman. Sedangkan definisi Firman Tuhan adalah perkataan-perkataan Allah. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa Firman dan Bapa adalah satu. Sekarang kita lihat dikitab Yohanes 1:1-4: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia”. Dan perhatikan ayat berikut ini Yohanes 1:14: “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran”. Firman yang telah menciptakan langit dan bumi telah turun kedunia dalam rupa manusia. Dialah Yesus, Firman Allah yang hidup.

Yesus kedunia bukan untuk berekreasi. Dia mempunyai tujuan, misi dan visi. Karena sewaktu manusia diciptakan Allah menurut rupa dan gambar-Nya, manusia memiliki kemuliaan Tuhan. Namun ketika manusia itu jatuh kedalam dosa, maka kemuliaan Tuhan hilang, sehingga manusia sepanjang hidupnya selalu berbuat dosa. Bukan hanya itu saja, akibat kejatuhan manusia kedalam dosa, hubungan antara Allah dan manusia terputus. Inilah tujuan Yesus datang kedunia. Yaitu memperbaiki hubungan yang terputus itu sehingga manusia dan Allah dapat berhubungan erat kembali. Tuhan Allah yang Maha Kuasa rela turun kedunia yang penuh dengan dosa hanya untuk menyelamatkan kita manusia. Anda mungkin masih tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. Mari kita baca kitab Yohanes 14:7-10: “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Dari ayat ini jelas bahwa Bapa dan anak (Yesus) adalah satu. Tidak terpisahkan seperti bantahan orang-orang yang tidak mengenal Tuhan.

Setelah menyelesaikan tujuan akhir-Nya didunia yaitu menebus dosa seluruh umat manusia, Yesus Kristus menjanjikan akan datang-Nya Roh Kudus sebagai penghibur dan penuntun manusia agar tetap dijalan Tuhan. Pribadi Allah ini pun tidak terpisahan dari Bapa dan Yesus. Sebab jika membaca dikitab Lukas 1:35: “Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah”. Jadi jelas bahwa Roh Kudus ada sebelum Yesus datang kedunia. Sebab Roh Kudus adalah Roh Allah yang hidup yaitu Bapa di surga. Lihatlah Yohanes 4:24: “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran". Itu semua tidak bisa dipisahkan, telah menjadi satu kesatuan yang erat dari Allah Tritunggal. Dan mengapa Yesus baru mengutus Roh Kudus setelah Dia naik ke surga? Sebab tidak mungkin ada dua Allah dalam Dunia. Oleh karena itu Yesus yang adalah Roh Kudus itu sendiri setelah naik kesurga hadir untuk manusia dalam bentuk Roh Kudus yang tinggal dalam hati manusia yang percaya kepada Yesus.

Dari ketiga penjelasan diatas, seharusnya anda bisa mengerti dan paham mengenai Allah Tritunggal atau Allah Trinitas. Jangan seperti yang dikatakan dalam Amsal 23:9 “Jangan berbicara di telinga orang bebal, sebab ia akan meremehkan kata-katamu yang bijak”. Tetapi jadilah orang bijak yang mengikuti kata hatinya yang tertuju kepada Tuhan yang benar.

Tuhan Yesus Memberkati..

1 komentar:

  1. Ulangan 6 : 4 di dalam bahasa Ibrani, " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד. "

    Cara membacanya menurut peraturan tata bahasa Ibrani, " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad. "
    🕎✡️🐟✝️🕊️📖🇮🇱

    BalasHapus

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer