Search Engine

Memuat...

Rabu, 24 Februari 2010

PEMBENARAN RASUL PAULUS

Ini merupakan tanggapan dan pembenaran dari pelencengan dan pemutar balikkan arti dari ayat Firman Tuhan didalam Alkitab yang dilakukan oleh Tyo Joe Setra dari group “MEMBONGKAR KEDOK PAULUS”. Jadi saya ingin meluruskan apa yang telah Tyo lakukan mengenai Rasul Paulus, Yaitu menghina dan memfitnah dia sebagai penyesat bagi umat Kristiani.

1.Rasul Pulus dipilih langsung oleh Tuhan, ketika dia dalam perjalanan ke Damsyik untuk membunuh para pengikut Kristus (Kis 9:1-19a). Silsilah keluarganya pun tercatat jelas didalam Kis 22:2-3. Rasul Paulus memang dipilih Tuhan ketika dia masih dalam kandungan. Dibentuk dengan karakter yang pas untuk menginjil kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi. Pendidikan didalam agama yang dahulu sebelum mengenal Kristus yaitu Yahudi, membuat dia dapat memberikan apa yang benar dalam Kekristenan bagi umat Yahudi dan bagi bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal Allah dan Yesus.

2.Dalam keadaan jasmaninya Rasul Paulus jelas sekali dia telah disunat. Sebab didalam Kis 22:3, "Aku adalah orang Yahudi, lahir di Tarsus di tanah Kilikia, tetapi dibesarkan di kota ini; dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini”. Rasul Pulus adalah seorang yang taat dalam beragama dan juga sangat menghormati hukum nenek moyangnya. Sudah pasti dia telah disunat, karena bangsa Israel harus disunat pada saat berumur 8 hari sesuai dengan perjanjian yang dilakukan Abraham dengan Allah (Kejadian 17:10-14).

3.Didalam Alkitab Kis 28:30-31, diakhir pasal dalam kitab ini yaitu Kisah Para Rasul diceritakan bahwa Rasul Paulus menjalani hidupnya di Roma. Tetapi mengenai kematiannya dan letak kuburannya memang Alkitab tidak menulis dengan lengkap. Mengapa? Agar orang-orang Kristen tidak memberhalakan dan menyembah Paulus dengan meminta berkat dan kekayaan, dan lain-lain kepadanya, seperti yang dilakukan umat agama lain terhadap nabi dan rasulnya. Dan juga Tuhan Allah Israel melakukan hal yang sama terhadap Musa, nabi yang menerima Kitab Taurat langsung dari Allah Israel. Sampai sekarang kuburan Musa tidak ditemukan. Itu dilakukan olehNya agar bangsa Israel dan umat Yahudi tidak memperlakukan Musa dan kuburannya sebagai berhala bagi mereka.

4.Para Rasul Kristus baik itu Paulus dan kedua belas Rasul atau murid Yesus, mereka tidak membawa dan menyebarkan ajaran dan agama baru, tetapi memberitakan Injil tentang keselamatan yang dilakukan Yesus diatas kayu salib. Sehingga setiap orang yang percaya kepada Yesus dan pemberitaan Injil mereka, maka akan selamat. Jadi tidak ada namanya penggenapan ajaran dari Rasul terdahulu.

5.Penggenapan dari Hukum Taurat yang dikatakan Yesus dalam Matius 5:17 adalah penggenapan dari janji Allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa dan itu telah dinubuatkan oleh para nabi dan dalam Kitab Taurat. Sedangkan maksud dari Rasul Paulus dalam Roma 3:28-29 adalah manusia dibenarkan dan diselamatkan atas dasar iman kepada Yesus, bukan karena menjalankan Hukum Taurat. Sebab Hukum Taurat diberikan Tuhan untuk mengatur hidup manusia agar tidak terjerumus lebih dalam kedalam dosa. Jadi Hukum Taurat hanya sebagai penuntun bagi manusia sampai Kristus Yesus datang. Oleh karena itu Hukum Taurat tidak dapat menyelamatkan manusia, hanya sekedar hukum penuntun jalan hidup manusia agar tetap berjalan didalam jalan Tuhan Allah Israel dan tidak terus berbuat dosa. Hanya iman kepada Yesuslah yang dapat menyelamatkan manusia. Didalam Yohanes 14:6, “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Jelaslah dikatakan diayat tersebut bahwa hanya Yesuslah yang mendatangkan keselamatan. Bukan allah lain dan bukan nabi lain yang membawa hukum duniawi yang baru yang merupakan penyaduran dari Hukum Taurat.

6.jika anda baca Yohanes 1:1-5 (Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya) dan Yohanes 10:30 (Aku dan Bapa adalah satu), maka jelaslah bahwa Yesus mengaku Dialah Tuhan Allah Israel Pencipta langit dan bumi. Serta Dialah Firman Allah (Kalimatulloh) yang hidup yang telah berubah menjadi manusia.

7.Paulus dalam pelayanannya memberitakan Injil Keselamatan, diberikan otoritas penuh oleh Yesus Kristus untuk melawan setan, iblis dan kuasa kegelapan. Serta dikaruniai mujizat-mujizat. Coba lihat ayat-ayat berikut ini Kis 14:8-11; Kis 15:12; dan Kis 16:25-26.

8.Sunat didalam Kekristenan adalah bersifat tidak wajib. Jika ada yang mau disunat silahkan, jika tidak juga tidak apa-apa. Maksud Paulus didalam Roma 2:29 adalah sunat secara rohani yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa. Dijelaskan kembali oleh Paulus dalam Kolose 2:11. Dalam sunat ini, yaitu sunat secara rohani, bagi umat Kristiani adalah wajib. Sebab tanpa itu, kita tidak dapat melihat kemuliaan Allah yang adalah Kudus.

9.Paulus tidak mengajarkan ajaran yang baru atau agama baru, melainkan dia mengajarkan Injil sebagai kegenapan dari Kitab Taurat. Paulus tidak menghapus Hukum Taurat tetapi dia mengajarkan Hukum Kasih yang merupakan kegenapan dari Hukum Taurat (Roma 13:9; Galatia 5:14). Umat Kristiani baik itu pada zaman para Rasul Kristus hidup, sampai sekarang, hidup menurut Hukum Kasih. Hukum yang diajarkan Yesus ketika Dia masih ada dalam dnia ini (Matius 22:37-40). Walaupun hukum-hukum di negara yang mayoritas Kristen tidak menggunakan Hukum Kasih, namun umat Kristen tetap menjalankan kasih. Baik itu kasih kepada Tuhan maupun kasih terhadap sesama manusia. Sebagai contoh, ketika gereja-gereja di bakar di Indonesia, orang-orang Kristen hanya diam saja dan berdoa untuk mengampuni orang-orang yang melakukan tindakan ekstrim tersebut. Juga ketika seorang Kristen atau Pendeta ditembak atau dianiaya, tidak ada satupun orang Kristen yang mengecam atau berjihad. Semuanya itu diterima dengan penuh ucapan syukur kepada Tuhan sebagai cobaan dan konsekuensi mengikut Yesus dan mengampuni orang yang menganiaya dan membunuh anak-anak Tuhan dan mengampuni juga musuh-musuh kita serta menyerahkan semuanya itu kedalam tangan Tuhan Allah Israel serta aparat hukum. Jadi tuduhan Tyo Joe Setra bahwa umat Kristen suka membantai, sex bebas dan sebagainya itu tidak beralasan dan tanpa dasar yang pasti serta tidak ada bukti.

10.Anda Tyo Joe setra tahu banyak tentang Firman Tuhan dari Allah yang hidup, tetapi tidak mengerti ayat-ayat tersebut. Seperti pada kitab Matius 7:21-23, “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!". Pada ayat tersebut anda salah mengartikannya. Arti yang benar dari ayat tersebut adalah, tidak semua orang yang mengaku Yesus yang adalah Tuhan atau Bapa Surgawi (Yohanes 10:30) akan masuk Kerajaan Surga, melainkan orang-orang yang melakukan apa yang tertulis dalam Firman Tuhan dan yang diajarkan oleh Yesus itu yang akan selamat atau masuk Kerajaan Surga. Anda baca 1Yoh 2:19 (Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita) dan baca juga ayat ini 1Yoh 4:2-3 (Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia). Setiap roh yang tidak mengaku Yesus yang adalah Tuhan, datang kedalam dunia dalam rupa manusia, tidak berasal dari Allah. Jadi berpikirlah sejenak, anda menghujat Yesus dan Paulus dan mengajarkan hal-hal yang salah kepada orang lain, ingat apa yang anda tuduhkan terhadap Yesus dan Paulus adalah salah. Karena ayat Alkitab atau Firman Tuhan dari Allah yang hidup tidak dapat diartikan oleh akal dan pikiran manusia, tetapi hanya oleh Roh Kudus. Bacalah Galatia 5:19-21 (Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah), perbuatan-perbuatan tersebut menjauhkan kita dari Allah dan keselamatan dan itu merupakan ajaran Paulus berdasarkan tuntunan Roh Kudus.

Demikian penjelasan dari saya terhadap tuduhkan menghina dari Tyo Joe Setra tentang Rasul Paulus. Semoga Tuhan membuka hatinya untuk mencari Kebenaran Ilahi dari Allah yang hidup daripada mencari kesalahannya. Karena jika anda mencari kesalahan dari isi Alkitab, maka anda tidak akan menemukannya, malah justru anda akan disesatkan oleh pikiran-pikiran anda yang bebal dan terikat dengan ajaran agama anda. Alkitab yang merupakan Firman Allah yang hidup yaitu Allah Israel didalam Yesus Kristus adalah benar dan Firman Tuhan ‘Ya’ dan ‘Amin’.

Tuhan Yesus Memberkati..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut

Artikel Populer