Rabu, 24 Februari 2010

RANCANGAN TUHAN BAGI KITA

SEBAB AKU INI MENGETAHUI RANCANGAN-RANCANGAN APA YANG ADA PADA-KU MENGENAI KAMU, DEMIKIANLAH FIRMAN TUHAN, YAITU RANCANGAN DAMAI SEJAHTERA DAN BUKAN RANCANGAN KECELAKAAN, UNTUK MEMBERIKAN KEPADAMU HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN ( YEREMIA 29 : 11 )

Rancanngan Allah adalah rancangan yang dibuat oleh Allah diberikan untuk kita. Kehidupan manusia dewasa ini bukan semakin baik melainkan semakin terpuruk. Itu ditandai dengan merosotnya perekonomian dunia. Akibatnya banyak pemecatan karyawan, banyak sekali pengangguran, kemiskinan kian bertambah, serta timbul berbagai penyakit salah satunya gizi buruk. Anak-anak Tuhan pun tidak luput dari masalah ini. Persoalan yang mendapatkan ranking paling tinggi adalah pada masalah keuangan atau ekonomi dan yang kedua adalah masalah jodoh. Ada banyak keluarga kristen cerai dan terjadi pergolakan dalam rumah tangga yang ujung permasalahannya adalah uang. Ketika keuangan tidak dapat memenuhi kehidupan rumah tangga, maka banyak didapati persoalan-persoalan, permasalahan, yang dapat menghancurkan rumah tangga. Ditengah situasi yang tidak baik ini, justru Allah mengerjakan bagi anak-anak-Nya suatu rancangan yang luar biasa, bagi orang yang berharap kepada Allah yaitu mujizat. Yakobus 4:13-17 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: "Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung", Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.



Ada hal-hal yang harus dilakukan oleh anak-anak Tuhan. Orang yang merencanakan masa depan tanpa menyertakan Tuhan adalah dosa. Apapun bentuk perencanaan kita, apabila Tuhan disertakan maka apapun yang kita lakukan dibuat-Nya berhasil. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana Daniel mengalami proses dimasukkan kedalam kandang singa, bukan kemenangan Daniel yang perlu diperhatikan. Satu hal yang pelu diingat adalah jangan kita lupa menyertakan tuhan dalam perencanaan. Mungkin hari ini mengalami kegagalan secara manusia dan walaupun itu kita sudah berusaha, tetaplah percaya kepada Tuhan “Just Do It” lakukan dengan iman, maka yang namanya mujizat itu pasti terjadi. Amin!



Dalam situasi ekonomi yang kita alami pribadi, apakah kita masih bersyukur dan percaya bahwa Allah yang kita sembah didalam nama Yesus adalah baik? Mempercayai Tuhan bukan kita berdiam, tetapi percaya kepada Tuhan Yesus adalah melakukan dengan perbuatan atau tindakan. Bila kita mengatakan bahwa Tuhan Yesus besar, bagaimana bisa jika kita tidak pernah bersaksi bagi Dia?. Ada tiga hal yang sangat disukai orang-orang Kristen:

1. Lebih menyukai kenyamanan daripada karakter, tetapi Tuhan melihat karakter.

2. lebih menyukai kemudahan daripada komitmen, tetapi Tuhan menginginkan komitmen untuk percaya kepada Tuhan.

3. lebih menyukai uang tunai daripada pribadi Tuhan Yesus.

II Samuel 5:17-25 Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu ia pergi ke kubu pertahanan. Ketika orang Filistin itu datang dan memencar di lembah Refaim, bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab Daud: "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu." Lalu datanglah Daud di Baal-Perasim dan memukul mereka kalah di sana. Berkatalah ia: "TUHAN telah menerobos musuhku di depanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim.Orang Filistin itu meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya. Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim, maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau. Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin." Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.



Hukum rancangan Tuhan jauh lebih kuat / besar daripada hukum didunia ini atau hukum manusia. ada dua peperangan yang harus dialami oleh Raja Daud :

1. Peperangan melawan Filistin dengan secara langsung.

2. Peperangan melawan Filistin dengan perintah Tuhan atau strategi.


Benih Injil harus ada didalam diri kita, maka kita dapat menuai jiwa-jiwa baru untuk Tuhan Yesus. 2 Korintus 9:10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu. Berbicara soal benih, benih itu harus mati supaya benih itu bisa bertumbuh dan nantinya akan menghasilkan buah. Tuhan yesus sudah memberikan benih berupa Injil, karena itu kita harus tanam dalam hati kita supaya nantinya akan menghasilkan buah-buah kebenaran didalam kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer