Rabu, 24 Februari 2010

SIAPA PENGUASA DUNIA ?


Banyak orang yang akan menjawab dengan kata ALLAH. Namun sesungguhnya ALKITAB tidak memuat satu pernyataan pun bahwa Kristus Yesus maupun BAPA-Nya adalah penguasa yang sebenarnya dari dunia ini. Sebaliknya, Yesus berkata, “penguasa dunia Ini akan dilemparkan keluar”. Dan Ia menambahkan,”penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku” Yohanes 12:31; 14:31; 16:11. jadi penguasa dunia ini bermusuhan dengan Yesus. Siapa gerangan dia?


Keadaan Dunia Memberikan Petunjuk

Meskipun manusia yang bermaksud baik mengerahkan upaya-upaya, dunia telah sangat menderita sepanjang sejarah. Ini menyebabakan para pemikir bertanya-tanya, seperti yang dinyatakan almarhum David Lawrence, seorang penulis tajuk rencana, “Damai dibumi hampir setiap orang mendambakannya. Orang-orang berkemauan baik hampir semua orang didunia merasa demikian terhadap satu sama lain. Lalu apa yang salah? Mengapa perang mengancam meskipun adaqnya keinginan bathin manusia tersebut?”

Kelihatannya bertentangan bukan/ meskipun keinginan yang wajar dari manusia adalah untuk hidup dengan damai, mereka umumnya saling membenci dan membunuh, dan dengan kekejaman yang luar biasa. Pikirkan pembunuh berdarah dingin yang mrelampaui batas dengan kekejaman yang mengerikan. Manusia telah menggunakan kamar-kamar gas, kamp-kamp konsentrasi, penyemprot api, bom-bom napalm, metode-metode lain yang mengerikan.

Apakah anda percaya bahwa manusia, yang mendambakan perdamaian dan kebahagiaan, mampu melakukan kejahatan yang kejam demikian dari diri mereka sendiri terhadap orang-orang lain? Kekuatan apa yang mendorong mereka kedalam perbuatan yang begitu menjijikkan atau yang menggerakkan mereka kedalam situasi yang membuat mereka terpaksa melakukan kekejaman demikian? Pernahkah anda bertanya-tanya apakah ada kuasa jahat yang sedang mempengaruhi orang-orang untuk melakukan tinak kekerasan demikian?

Mengenali Penguasa Dunia Ini

Tidak perlu menebak-nebak akan hal ini. Karena ALKITAB memperkihatkan dengn jelas bahwa suatu oknum yang cerdas dan tak kelihatan telah mengendalikan manusia maupun bangsa-bangsa. Katanya, “seluruh dunia berada dibawah kuasa si jahat”. Dan ALKITAB memperkenalkan dia dengan berkata, “iblis atau satan, yang menyesatkan seluruh dunia.” 1 Yohanes 5:19; Wahyu 12:9.

Pada suatu peristiwa ketika Yesus sedang dicobai iblis, Yesus tidak meragukan peranan setan sebagai penguasa dunia ini. ALKITAB menerangkan apa yang terjadi, “iblis membawa-Nya pula keatas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepada-Nya: ‘semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.’ Maka berkatalah Yesus kepadanya: ‘enyahlah iblis!’” Matius 4:1, 8-10

Pikirkanlah ini, setan mencobai Yesus dengan menawarkan “semua kerajaan dunia” kepada-Nya. Namun, apakah tawaran setan benar-benar merupakan godaan jika setan sebenarnya bukan penguasa dari kerajaan-kerajaan tersebut? Tidak. dan perhatikan, Yesus tidak menyangkal bahwa semua pemerintahan dunia ini milik setan, yang pasti akan Yesus sangkal andaikan setan tidak berkuasa atas pemerintahan-pemerintahan tersebut. Oleh karena itu, setan di iblis adalah sebenarnya penguasa yang tidak kelihatan dari dunia ini. Sesungguhnya ALKITAB menyebut dia “ilah zaman ini”. (2 Korintus 4:4) namun, bagaiman oknum yang jahat bisa memegang tampuk kekuasaan tersebut?

Oknum yang menjadi setan adalah malaikat yang diciptakan ALLAH, namun ia menjadi iri terhadap kedudukan ALLAH. Ia menentang hak ALLAH untuk memerintah. Untuk maksud itu ia menggunakan seekor ular sebagai penyambung lidah untuk memperdayakan wanita pertama, hawa, dan dengan demikian berhasil mempengaruhi wanita itu dan suaminya, adam, untuk melanggar sebaliknya daripada menaati ALLAH. (Kejadian 3:1-6; 2 Korintus 11:3) ia juga menyatakan bahwa ia dapat memalingkan semua keturunan Adam dan Hawa dari ALLAH. Jadi, ALLAH memberikan waktu kepada setan untuk membuktikan pernyataannya, namun setan tidak berhasil. Ayub 1:6-12; 2:1-10.

Sesungguhnya, setan tidak sendirian dalam menjalankan pemerintahan atas dunia. Ia berhasil menghasut sebagian malaikat-malaikat lain untuk bersama-sama dia memberontak melawan ALLAH. Mereka ini menjadi hantu-hantu, antek-antek rohnya. ALKITAB berbicara tentang mereka sewaktu mendesak umat Kristen. “Bertahan melawan tipu muslihat iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi…melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap, melawan roh-roh jahat diudara.” Efesus 6:11,12.

Lawanlah Roh-Roh Jahat

Penguasa dunia yang tidak kelihatan dan jahat ini bertekad untuk menyesatkan semua manusia, memalingkan mereka dari ibadah kepada ALLAH. Satu cara roh-roh jahat melakukan hal ini adalah dengan mengemukakan gagasan mengenai kehidupan setelah kematian, meskipun Firman ALLAH dengan jelas menunjukkan bahwa orang mati tidak tahu apa-apa (Kejadian 1:17; 3:19; Yehezkiel 18:4; Mazmur 146:3,4; Pengkhotbah 9:5,10). Jadi, roh jahat, dengan meniru suara orang yang telah meninggal, mungkin berbicara dengan sanak saudara atau teman-teman dari orang yang meninggal tersebut, juga melalui suara perantara roh atau melalui suara dari alam gaib. Suara tersebut seolah-olah berasal dari orang mati, padahal itu sesungguhnya berasal dari hantu.

Jadi, jika suatu saat anda mendengar suara demikian, jangan tertipu. Tolaklah apapun yang dikatakannnya, dan serukan kata-kata Yesus, “enyahlah iblis.” (Matius $:10; Yakobus $:7) jangan biarkan keinginan akan alam roh tersebut menyebabkan anda terlibat dengan roh-roh jahat. Keterlibatan demikian disebut ‘spiritisme’, dan ALLAH memperingatkan penyembah-penyembah-Nya terhadap segala bentuk spiritisme. ALKITAB menutuk siapapun “yang menjadi petenung… yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati” Ulangan 18:10-12; Galatia 5:19-21; Wahyu 21:8.

Mengingat spiritisme membawa seseorang kebawah pengaruh hantu-hantu, tolaklah semua perakteknya tidak soal seberapa menyenangkan danmenariknya kelihatannya spiritisme itu. praktek-praktek ini mencakup melihat bola kristal, penggunaan papan ouija (semacam jailangkung), ESP (paranormal), meramal melalui garis tangan (palmistry), dan astrologi. Hantu-hantu juga menyebabkan suara bising dan gangguan fisik lainnya dirumah-rumah yang menjadi wilayah kekuasaan mereka.

Tambahan pula, roh-roh jahat mengambil keuntungan dari kecendrungan dosa manusia dengan mempromosikan bacaan, film, dan acara televisi yang menampilkan perbuatan amoral dan perilaku seksual yang menyimpang. Hantu-hantu tahu bahwa cara berpikir yang salah jika tidak dibuang dari pikiran akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan dan mengarahkan umat manusia untuk berprilaku amoral, seperti hantu-hantu itu sendiri (Kejadian 6:1,2; 1 Tesalonika 4:3-8; Yudas 6.

Memang banyak orang mungkin mengejek gagasan bahwa dunia ini dikuasai oleh roh-roh jahat. Namun ketidakpercayaan mereka itu tidak mengherankan, karena ALKITAB mengatakan, “iblis pun menyamar sebagai malaikat terang.” (2 Korintus 11:14) tipu dayanya yang paling licik adalah membuat banyak orang tidak menyadari bahwa ia dan hantu-hantunya benar-benar ada. Namun, jangan tertipu! Iblis dan hantu-hantunya benar-benar ada, dan anda perlu melawan mereka terus-menerus, 1 Petrus 5:8-9.

Untunglah, waktunya sudah dekat manakal setan dan para pengikutnya tidak akan ada lagi! “dunia ini [termasuk penguasa hantunya] sedang lenyap,” kata ALKITAB menyakinkan, “tetapi orang yang melakukan kehendak ALLAH tetap hidup selama-lamanya.” (1 Yohanes 2:17) betapa leganya nanti bahwa pengaruh yang jahat akan dilenyapkan! Oleh karena itu, semoga kita berada diantara orang-orang yang melakukan kehendak ALLAH dan menikmati kehidupan kekal dalam dunia baru ALLAH yang adil benar. Mazmur 37:9-11,29; 2 Petrus 3:13; Wahyu 21:3,4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer