Search Engine

Memuat...

Kamis, 20 Januari 2011

APAKAH NAMA YESUS ADALAH ISA ?

Bagi umat Islam nabi Isa almasih adalah nabi yang besar yang membawa kitab Injil bagi bani Israel. Dan mereka mengakui bahwa Isa dan Yesus adalah dua pribadi yang sama. Padahal jika kita mempelajari dengan seksama mengenai kedua cerita tersebut, Yesus dalam Alkitab dan Isa dalam alquran, maka kita dapat menemukan banyak sekali perbedaan yang mencolok dari keduanya. Bila disinggung dari segi nama pun Yesus dan Isa sangat berbeda sekali.

Dalam bahasa Ibrani nama Yesus adalah Yesua. Antara Yesus dan Yesua hanya ada sedikit perbedaan ucapan dan tulisan. Itu hanyalah masalah pada logat di daerah-daerah tertentu saja. Seperti yang telah terjadi antara Yesus dengan Jesus. Dalam bahasa Inggris Jesus berarti Yesus. Dan Jesus Christ yang berarti Yesus Kristus. Pengucapan antara bahasa Ibrani, Inggris dan Indonesia tidak jauh berbeda.

Bila kita melihat dari segi alquran, kata Isa dalam alquran yang diartikan oleh umat muslim sebagai Yesus Kristus yang membawa kitab Injil ke dalam dunia, sangat berbeda sekali. Baik tulisan maupun pengucapannya. Kita melihat disini bahwa nabi Isa ditulis tanpa memperdulikan pengucapan dan tulisan dari bahasa aslinya yaitu Ibrani. Apakah ini memang membuktikan bahwa Muhammad adalah buta huruf, sehingga dia tidak dapat menulis Yesua dengan benar. Saya rasa tidak. Logikanya adalah kalau Muhammad buta huruf, dia mempunyai telinga dan mulut. Ketika alquran dicatat oleh sahabat-sahabatnya atau ketika dia mewahyukan firman Tuhan kepada umatnya, kalau dia mendengarkan dengan benar wahyu Alloh itu, maka dia pasti akan mengucapkan kata Yesua dengan benar. Tetapi kenapa yang keluar justru nama Isa? Apakah Muhammad juga tuli ? atau sahabat-sahabatnya yang telah mengganti kata Yesua menjadi Isa?

Padahal dalam bahasa Arab, nama Yesua adalah Yasu atau Yasua. Jadi jika nama Yesus Kristus dalam bahasa Indonesia, Yasū ̀a almasih dalam bahasa Arab. Nama ini telah di pergunakan oleh umat Kristiani di Arab, pada zaman Muhammad lahir sampai sekarang ini. Jadi sebenarnya tidak ada perubahan nama dalam Alkitab, justru alquran yang merubah nama itu. Bangsa arab yang beragama Kristen telah menyembah Yesus jauh sebelum Muhammad lahir. Namun hanya merupakan segelintir orang saja. Dan itu hasil dari pemberitaan Injil oleh para Rasul-Rasul Kristus. Salah satunya adalah Paulus.

Mengapa alquran dan Muhammad merubah Yesus menjadi Isa? Apakah untuk menjadikan keindahan dari pembacaan alquran yang menyerupai pembacaan syair. Memang alquran merupakan kitab suci yang bernada. Pembacaan alquran harus dengan intonasi-intonasi tertentu yang menjadikan alquran sajak yang indah bagi umat muslim. Demi keindahan sajak firman Tuhan itulah, maka Muhammad mengganti nama Yesus dengan Isa. Sehingga terdengar lebih indah ditelinga umat muslim.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil dalam artikel ini adalah, bahwa nama Yesus dalam bahasa Arab adalah Yasū ̀a, bukan Isa. Nama Isa adalah perubahan yang dilakukan Muhammad dalam memperindah syair kitabnya. Juga bukan karena itu Yesus dan Isa berbeda. Dalam cerita mereka pun berbeda sekali. Yesus yang adalah Juruselamat dunia yang telah menyelamatkan dunia dari kutuk dosa, sedangkan Isa merupakan seorang nabi Alloh saja. Tanpa adanya penebusan dosa. Dia hanya manusia biasa yang memberikan kitab Injil bagi bani Israel.

Saya harap anda jangan terkecoh dengan Yesus dan Isa. Mereka adalah dua pribadi yang berbeda. Tidak sama. Bagi yang mencari keselamatan yang pasti dan sungguh-sungguh, carilah Yesus Kristus. Sebab hanya Dia yang dapat menyelamatkan manusia dari lubang Neraka. Yesus berkata, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku”.


Tuhan Yesus atau Yasū ̀a almasih memberkati anda semua…

105 komentar:

  1. SANGAT DISAYANGKAN ANDA RUPANYA TIDAK PAHAM SAMA SEKALI TENTANG BAHASA2 IBRANI, ARAMAIC,YUNANI DAN ARAB..SEBAIKNYA ANDA PELAJARI DULU BAHASA2 TSB DENGAN SEKSAMA...
    DI SINI SAYA HANYA INGIN MENGATAKAN SECARA SINGKAT BAHWA:
    Yəhôšua/Yēšûa (IBRANI)= Yēšûe/Κô (ARAM)= Yēsūs (YUNANI)= Yašû/'Yšâ (ARAB)= YESUS/ISA (BAHASA)= 1 ORANG YANG SAMA!..
    TIDAK ADA PAKAR BAHASA YANG BERSELISIH TENTANG HAL INI !
    SEMOGA ANDA MENGERTI dan BANYAK2LAH BELAJAR!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berselisih sejak dulu tapi didiamkan saja...

      Hapus
    2. Al-Qur'an asli murni dari Tuhan jadi 100% benar.
      jadi andaikan misalnya meskipun isa as bukanlah yesus.siapapun namanya tetaplah asli murni Manusia!

      Dan tetaplah Tuhan itu satu Tiada Tuhan selain ALLAH Yang Esa.

      Trinitas itu karangan paulus sendiri bukan ajaran Yesus.
      jadi sebenarnya kristen itu pengikut paulus bukan pengikut Yesus.

      Al-Qur'an adalah kebenaran dari Tuhan sampai kapanpun.

      Hapus
  2. anda yang tidak mengerti sama sekali tentang hal ini. bagaimana mungkin bisa sama. sedang Kristen Arab memakai Yasu'a, dan umat islam isa. itu dua lafal dan logat yang berbeda. di akhir zaman ini kedua nama itu diperhitungkan. sudah banyak ahli2 teologia yang tidak memakai nama isa untuk Yesus. lihat aja di kalender baru, ada nama isa tidak? kalo yang bikin komunitas atau yayasan kristen pasti tidak ada. anda yang perlu belajar lagi bahasa ibrani dan arab. terutama lafal dan logatnya, kawan...

    BalasHapus
  3. Dalam bahasa Ibrani Nabi Isa biasa di sebut ESAU, bahasa Latin-nya Nabi Isa
    adalah YESUS......

    Tapi Sebutan YESUS yg berasal dari ESAU ( Nabi Isa AL Masih ) muncul ketika
    Nabi Isa di adili....

    Oleh mereka yg hadir dalam pengadilan Nabi Isa ( Esau ) didepan nama ESAU di
    tambah huruf J & di akhir nama ESAU di kasih huruf S........

    Sehingga ESAU menjadi JESUS.....

    Sebenarnya jika menurut riwayat yg lengkapnya perubahan nama Nabi Isa ( ESAU )
    menjadi JESUS tidak secepat cerita di atas....

    Tapi melalui proses yg bertele-tele & beberapa kali pertemuan, tapi pada
    prinsipnya nama YESUS sendiri berasal dari nama ESAU ( Nabi Isa AL Masih )
    karena..

    YESUS itu sebenarnya Yha NABI ISA AL MASIH ( Esau ) itu....

    Nama YESUS sendiri baru populer sekitar abad ke-2, dua abad sebelum perayaan
    NATAL yg PALSU itu di tetapkan oleh Kaisar Konstantin....

    Lambat laun Nama YESUS akhirnya menenggelamkan nama aslinya yaitu ESAU ( ISA
    AL Masih ) dari ingatan umat Kristen....

    Sedangkan kata MESYAH atau MASYIAKH atau MESSIAH berasal dari bahasa ARAB (
    Masaha ) yg berarti MENGUSAP ....

    Oleh orang YUNANI sebutan MESSIAH di ubah menjadi KRISTOS yg artinya " YG
    DISIRAM DNG MINYAK ( Di urapi )....

    Oleh orang EROPA YESUS di sebut CHRISTUS atau CHRIST atau kristus yaitu sang
    juru selamat atau sang penebus dosa....

    SELURUH KEBOHONGAN - KEBOHONGAN AJARAN & KEPERCAYAAN AGAMA KRISTEN sesuai dng
    apa pengakuan PAULUS yg mengatakan sbb ....

    * Tetapi jika KEBESARAN ALLAH oleh DUSTAKU semakin melimpah bagi
    kemulian-nya, mengapa aku masih di hakimi lagi sebagai orang berdosa ?? ( Roma
    3:7 )..

    *

    Semua KEBOHONGAN itu sesungguhnya jauh-jauh hari sudah di wanti-wanti oleh
    Yesus ( Nabi Isa ) sendiri, baca di MATIUS 24: 4-5 yg BERBUNYI....

    * Jawab Yesus kepada mereka : WASPADALAH supaya jangan ada orang yg
    menyesatkan kamu , sebab banyak orang akan datang dengan memakai namaku &
    berkata Akulah Mesiah & mereka akan menyesatkan banyak orang.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bodoh bangat loe hahaha muslim lagi cari pembenaran...mungkin roh esau yg ngasi tahu kalo dialah yesus hehehe jadi di copy paste aja...hahaha

      Hapus
    2. hahaha orang bodoh berkoment panjang...cari pembenaran ternyata salah...bingung untuk menjawab

      Hapus
    3. Percuma bro di kasihtw panjang2 juga,,,g bakal ngerti,, dikasih beribu fakta juga ttep ja buta...tp untuk alasan kebenaran boleh ja kita ngasih tw mereka. yang di bongin oleh paulus selamanya.

      Hapus
    4. Saya doakan suatu hari nanti anda akan mendapat hidayah dari Allah, dan anda akan menjadi manusia terhebat seperti Khalid al walid atau Amru Bin ash... dari seorang penentang kepada seorang yang terhebat... insyaalah.... amin

      Hapus
    5. Qs. 69:44-47
      (44) Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami,
      [45] Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya.
      [46] Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya.
      [47] Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu.

      Tabaqat Ibn Sa'd halaman 249
      Wanita Yahudi yang meracuni Muhammad berkata, Aku ingin tahu apakah kau benar-benar seorang nabi, yang jika memang benar maka racun ini tidak akan mengganggumu, dan jika kau ternyata seorang nabi palsu, maka aku akan dapat membebaskan masyarakat dari dirimu."

      Hadis Sahih Bukhari Volume 5, Book 59, Number 713:
      Dikisahkan oleh Aisha:
      Pada waktu sakitnya sebelum dia mati, sang Nabi sering mengatakan, "Wahai Aisha! Aku masih merasa kesakitan karena daging yang kumakan di Khaybar, dan sekarang aku merasa urat nadiku dipotong oleh racun itu."

      Hapus
    6. Qs. 69:44-47
      (44) Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami,
      [45] Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya.
      [46] Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya.
      [47] Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu.

      Tabaqat Ibn Sa'd halaman 249
      Wanita Yahudi yang meracuni Muhammad berkata, Aku ingin tahu apakah kau benar-benar seorang nabi, yang jika memang benar maka racun ini tidak akan mengganggumu, dan jika kau ternyata seorang nabi palsu, maka aku akan dapat membebaskan masyarakat dari dirimu."

      Tabaqat Ibn Sa'd, halaman 252
      Rasul Allah hidup sampai tiga tahun setelah itu sampai racun itu menyebabkan rasa sakit sehingga ia wafat. Selama sakitnya dia biasa berkata, “Aku tidak pernah berhenti mengamati akibat dari daging (beracun) yang kumakan di Khaibar dan aku menderita beberapa kali (dari akibat racun itu) tapi sekarang kurasa tiba saatnya batang nadiku terputus.

      Hadis Sahih Bukhari Volume 5, Book 59, Number 713:
      Dikisahkan oleh Aisha:
      Pada waktu sakitnya sebelum dia mati, sang Nabi sering mengatakan, "Wahai Aisha! Aku masih merasa kesakitan karena daging yang kumakan di Khaybar, dan sekarang aku merasa urat nadiku dipotong oleh racun itu."

      Hapus
    7. Qs. 69:44-47
      (44) Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami,
      [45] Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya.
      [46] Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya.
      [47] Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu.

      Tabaqat Ibn Sa'd halaman 249
      Wanita Yahudi yang meracuni Muhammad berkata, Aku ingin tahu apakah kau benar-benar seorang nabi, yang jika memang benar maka racun ini tidak akan mengganggumu, dan jika kau ternyata seorang nabi palsu, maka aku akan dapat membebaskan masyarakat dari dirimu."

      Tabaqat Ibn Sa'd, halaman 252
      Rasul Allah hidup sampai tiga tahun setelah itu sampai racun itu menyebabkan rasa sakit sehingga ia wafat. Selama sakitnya dia biasa berkata, “Aku tidak pernah berhenti mengamati akibat dari daging (beracun) yang kumakan di Khaibar dan aku menderita beberapa kali (dari akibat racun itu) tapi sekarang kurasa tiba saatnya batang nadiku terputus.

      Hadis Sahih Bukhari Volume 5, Book 59, Number 713:
      Dikisahkan oleh Aisha:
      Pada waktu sakitnya sebelum dia mati, sang Nabi sering mengatakan, "Wahai Aisha! Aku masih merasa kesakitan karena daging yang kumakan di Khaybar, dan sekarang aku merasa urat nadiku dipotong oleh racun itu."

      JADI ,SIAPA NABI YANG MENGADA2 DAN SEBELUM MENINGGALNYA SI NABI PALSU DAN MENGATAKAN BAHWA IA DEKAT DENGAN YESHUA/ISA/YESUS , APA NABI PALSU DEKAT DENGAN NABI YANG MAHA TINGGI ?? BIAR IA MASUK SURGA DAN PARA PENGIKUTNYA MASUK NERAKA?? DAN IA JUGA PERCAYA KEPADA YESHUA/ISA/YESUS BIAR JIWA RAGANYA BERSAMANYA ?? ( DAN INGAT NABI MU PERCAYA BAHWA YESHUA/ISA/YESUS ADALAH YANGMAHATINGGI/TUHAN, DAN SIAPA YANG DISEBUT (Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”) APAKAH SISINYA ALLAH ITU ADALAH YESHUA/ISA/YESUS ?

      "Anaa aulan naasi bi 'iisabni Maryam fid dun-yaa wal aakhiraati wal anbiyaau ikhwaatul li'allaatin ummahaatuhum syattaa wa diinuhum waahid."Saya yang lebih dekat Isa anak Maryam di dunia dan di akhirat. Semua nabi itu bersaudara kerana seketurunan. Ibunya berlainan sedang agamanya satu. (Hadis Shahih Bukhari 1501)

      "…'lisabnu Maryam wajihan fid dun-yaa wal aakhirat…"
      … Isa putra Maryam yang terkemuka di dunia dan di akhirat …
      (Al Imran, 3:45)
      "Wal Iadzii nafsii bi layusyikanna ayyanzila fil kumubnu Maryama hakaman muqsithan"
      Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya 'Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang Adil …
      (Hadis Shahih Muslim 127)
      "Laa mahdiya illa isabnu Maryama"
      Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra maryam
      (Hadis Ibnu Majah)
      … Isa itu Rohullah, Rasullah dan Kalimatullah.
      (Anas bin Malik hal. 72, An Nisa, 4:171)

      Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”

      (Az Zukruf, 43:61) Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

      (Hadis Shahih Bukhari 1573) Lalu beliau mengangkat tangannya sambil mengucapkan: "Teman Yang Maha Tinggi" Lalu beliau wafat dan rebahlah tangan beliau. (Hadits Shahih Bukhari 1574)

      “Semua orang yang menerima-Nya [YESUS] diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

      "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat ” (Injil, Surat 2 Korintus 5:10).

      Hapus
    8. nama asli dari ibrani itu he vav he yon / hwhy bukan yesus..

      kalo hanya yesus yg bisa menyelamatkan manusia dari api neraka terus gimana nasip nabi2 yg lain sebelum yesus lahir.. mereka menyembah alah mereka memiliki umat.. masa iya mereka masuk neraka gara2 gak kenal yesus,,,

      saya juga mau tanya kenapa pusat agama nasrani di fatikan bukan di israel,, lahir mati yesus jelas di israel,,, tapi kenyatan israel tetap lah yahudi bahkan dalam kiltap talmut yahudi pernah memerintahkan membakar isi perjanjian baru karna hanya karangan paulus.. itu berati ketuhanan teritungal hanya lah karangan pulus saja... ya dilihat dari puluhan kisah2 para nabi hanya yesus saja yg menyimpang dari ajaranya karna ulah yg katanya pengikutnya...
      yesus penanut ajaran ibrani yg kuat mana mukin myebarkan ajaran sperti mitologi roma,ada bapak dewa,dan anak dewa/ tuhan...
      bahkan hukum2 taurad saja hampir di musnahakan oleh paulus dengan firman2 buatanya..di suruh sunat gk sunat,dikata haram tetep di embat alangkah bodohnya

      Hapus
    9. Betul.
      umat kristen bodoh banget ya.
      koq ga mau mikir sepak terjang paulus yang sok taubat lah, mengaku rasul pula untuk membodohi menyesatkan milyaran manusia yang percaya surat2nya doktrin2nya...

      Keselamatan yg di tawarkan paulus adalah khayal belaka...alias Fayamorgana.

      Paulus ini sdh mati..balasan apa ya yg diperoleh di dalam kuburnya???

      *****

      Hapus
  4. anda yang harus belajar lagi bahasa Ibrani. sebab kitab itu adalah kitab tertua yang ada dibumi ini. dan dalam kitab Taurat, nama Yesus jelas ditulis dengan kata Yesua. jadi tidak ada berubahan nama dalam hal ini. dan kata Kristus diambil dari bahasa Ibrani, tidak ada campuran bahasa arab, sebab para rasul memberitakan Injil yang berasal dari bangsa Israel. umat muslim hanya iri saja dengan Yahudi dan Kristen, sehingga selalu menyangkutpautkan bahsa arab dengan ibrani. padahal arab tidak ada kaitannya dengan kitab Taurat dan Injil. dan justru muhammadlah yang di sebut2 dalam Mat 24:4-5, sebab dialah yang membawa agama yang menyerupai agama Tuhan, namun palsu... waspadalah terhadap ajarannya... sebab itu adalah agama antikris....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah seorang pendeta nasrani roma pernah mengatakan bahwa dalam injil seharusnya YESUS bukanlah TUHAN melainkan TUAN, akan tetapi karena sudah terlanjur di sebar luaskan, mereka enggan untuk mengubahnya, jadi sebenarnyya adalah agama anda selama ini salah, dan pernahkah anda berpikir bahwa jika YESUS adalah TUHAN, mengapa Ia bisa dibunuh, disiksa, dan bahkan kalian menyembah YESUS yang tersalip? setikdaknya kalian punya akal untuk berpikir bahwa tuhan pasti bisa melindungi dirinya, dan bahkan bisa membalas apa yang kaumnya lakukan, akan tetapi dalam Islam, nabi Isa tidak disalib, kenapa? karena Beliau salah satu orang terkasih Allah dan kalian tahu siapa yang tersalib? ia adalah murid nabi Isa sendiri, YUDAS, bukankan jika kalian punya akal, akan lebih logis jika Tuhan tidak disalib? hanya saja akal kalian sudah tertutup dengan nurani yang buruk. mengapa hanya karena perbedaan "NAMA" bisa menyebabkan perpecahan? sangat kekanakan.

      sebaiknya anda segera bertaubat, karena suatu saat anda akan dihadapkan oleh azab Allah, meskipun anda punya keyakinan ataupun pendapan lebuh baik anda simpan sendiri saja, atau jika anda ingin berkoar-koar lebih baik dengan kelompok agama anda. seperti dalam Al-Qur'an "Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku" jadi lebih baik anda urus agama anda sendiri, dan menjadi orang 'alim' seperti apa yang agama anda ajarkan.

      Hapus
    2. Yudas mati krna gantung diri ,, krna menyesal menyerahkan yesus kepada pontius pilatus untuk disalib dan dapat 30koin emas ,, dia mati gantung diri bro ,, yg disalib itu yesus atau isa dan bangkit ke langit ke 7 pada hari ke 3 ...

      Hapus
    3. To : anonim

      Al-Qur'an itu mengajarkan agar berpikir dg cerdas dan mengajak kpd kebenaran bukan kesesatan.

      Mikir yg sehat dan cerdas ;
      Kalo Yesus yg (anda dan kristiani) yakini sebagai Tuhan mati apalagi sampai berhari- hari lalu siapa yg menjalankan mengatur alam semesta ini ?

      Rupanya akal sehatmu sdh tertutup oleh kabut keyakinan yg sesat yg di ajarkan paulus penganut paham pagan.

      Smg kalian mendapat petunjuk ke jalan yg benar.

      Hapus
  5. Lah siapa yang menyebut Mesias Kristiani, siapa yang menyebut2 Yesus Tuhan umat kristiani, siapa yang berkata Tuhan-Tuhan kepada Yesus umat kristiani jadi yang palsu siapa yah umat krisiani donk, gt aja kok kagak ngerti

    wassalam Team islam terbukti benar


    http://IslamTerbutkiBenar.net

    tmuslimsolusi@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://IslamTerbutkiBenar.net :
      - Nabinya benar-benar tukang kawin
      - Nabinya benar-benar tukang perang (rusuh terus)
      - Tuhannya cuma ngerti bahasa arab
      - Jangan menyembah berhala katanya tapi lemari aja yang isinya nggak tau dikiterin.

      dan itu terbukti benar dot net hehehe
      cakeeep deh kalian itu :D.

      Hapus
    2. Klu tdk ada org kristen bangsa indonesia ini hancur...contohnya di palestin...krna mayoritas islam mknya hncurrrr karna...sombong dan serakh...maknya kamu hrus bangga klu ada orng kristen...krna doa org kristen mknya bangsa indonesia ini msh aman....jd klu bcr pake wawukkkkkk....wamar boooo

      Hapus
    3. Apa maksud nya ini? :
      - Nabinya benar-benar tukang kawin
      - Nabinya benar-benar tukang perang (rusuh terus)
      - Tuhannya cuma ngerti bahasa arab
      - Jangan menyembah berhala katanya tapi lemari aja yang isinya nggak tau dikiterin.

      dan itu terbukti benar dot net hehehe
      cakeeep deh kalian itu :D.
      .
      .
      .
      .
      .

      satu pertanyaan saya, kenapa orang kristen beribadah di hari minggu?


      Semoga kalian (orang-orang kristen) diberi jalan kebenaran ya , wassalamualaikum wr.wb... ^^

      Hapus
    4. @ anonim yang muslim ini yg mana ya? Knp pake nama @ anonim non muslim ?

      Maaf bolehkah saya tahu:

      Apa kalian ini memang satu pribadi yg sama tpi memainkan peran dua pribadi ?

      *****

      Hapus
    5. Saya muslim hidup dan mati

      Hapus
  6. anda yang tidak mengerti firman Tuhan. justru yang menyebut nama tuhan tetapi yang tidak beriman kepadaNya itulah yang akan Tuhan musnahkan. Mesias dan Tuhan adalah Yesus sendiri. dan Dialah yang mengatakannya. makanya kalo baca firman Tuhan yang benar. saya kasih saran ya.. kalo baca firman Tuhan dan mengartikannya, jangan menggunakan akal dan pikiran anda, kalo anda gunakan itu, maka anda justru akan salah tafsir dan tersesat. sebab firman Tuhan berisi banyak perumpamaan. dan itu tidak akan bisa dibuka bagi orang yang tidak mengenal Tuhan. itulah sebabnya anda selalu saja salah dalam mengtafsirkan ayat Alkitab... semoga anda di berkati Yesus kristus...

    BalasHapus
  7. Karena Al-Kitab berisi kebohongan besar,kitab karangan penipu,dan kambing,kitab tertua yang isinya kuno+gak ada benarnya untuk keadaan universal.MASAK FIRMAN TUHAN DIREVISI,berarti tuhan salah donk,kalo tuhan salah apalagi pengikutnya,tambah menjadi SALAH KAPRAH+NGEYEL+KERAS KEPALA.aku sih gak heran dengan sifat itu soalnya pengikutnya kan gembala tuhan(KAMBING).Manusia kok di ibaratkan kambing,kalo orang sehat+mengerti+berpendidikan ya gak mau.Semoga para kambing cepet sadar+mengerti,Islam is True and Original not edited.AMIN AMIN AMIN

    BalasHapus
  8. anda mengku terpelajar, tapi omongan anda seperti orang gila yang stress dan tidak terpelajar.apa anda tidak pernah sekolah, ato sekolah anda tidak pernah mengajarkan untuk berkata sopan. Tuhan saya adalah Tuhan yang benar dan benar-benar hadir. soal Alkitab di revisi, saya telah menulis artikel tentang itu. jadi baca aja artikelnya.. justru Alkitab adalah kitab universal, kitab yang bisa dipakai dalam segala zaman. kalo Alkitab bukan universal, kenapa kitab suci itu masih dipakai sampai sekarang? berpikirlah orang yang mengaku pintar... bukankah alloh tuhan yang suka berdusta? tuhan kok berdusta, berarti dia setan. karena cuma setan yang berdusta. baca juga artikelnya di blog ini.

    BalasHapus
  9. hahahaha..bawaannya mau ketawa mulu,keristen-kristen,..satu saja buat kamu pernahkah yesus dalam injil mangatakan dirinya tuhan?enggak kan?jai kenapa kalian menyembahnya?apakah atas perintah yesus sendiri atau atas dasar akal-akalan orang sesudah yesus???jawab...!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah seorang guru harus mengumumkan kepada dunia bahwa ia adalah seorang guru, kemudian orang-orang harus memanggilnya guru?. Cukuplah kita melihatnya tiap pagi ke sekolah, mengajar siswa, maka kita memanggilnya Pak Guru/Bu Guru. Demikian pula dengan Yesus, cukuplah dengan perbuatan, kuasa, mukjizat, dan ajaran-ajarannya yang tidak bisa dilakukan oleh siapapun di dunia ini orang akan menyebutnya Tuhan. Lalu saya bertanya kepada Anda, kalau Anda seorang Muslim. Apakah Anda percaya bahwa Muhammad seorang Nabi karena ia mengaku nabi? Betapa banyak orang di dunia ini telah mengklaim dirinya adalah nabi. Ataukah semua perbuatan dan ajaran Muhammad baik di mata Anda sehingga Anda mempercayai bahwa dia adalah seorang nabi? Kalau begitu menurut Anda, seseorang yang tega mengawini anak-anak adalah perbuatan seorang nabi. Suka berperang,punya banyak istri, hidup dari harta rampasan, merupakan ciri khas seorang nabi? Coba Anda renungkan. Syalom

      Hapus
    2. Mungkin maunya dia itu semisal gini : Presiden SBY pas turun ke jalan ngomong "Eh Gue Presiden neh..."

      Kata Yesus kepadanya : "Barang siapa telah melihat aku, dia telah melihat Bapa" <-- keren kagak

      karena Bapa didalam Aku dan Aku di dalam Bapa

      Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya.

      Duh, emang Tuhan itu harus nunjukin ke elo baru elo bisa percaya. busyeeet dah :D.

      Dari sepak terjangnya aja udah beda, satu tukang kawin dan perang yang satunya selalu mengadakan mujizat.


      Hapus
    3. bro kalo yang kayak gitu gak usah jauh2 ke isael nyarinya di Indonesia ada, Namanya syeh Siti Jenar, dia ngomongnya sama tuh, cuman orang waktu itu gak ngerti aja jadi dikira murtad Islam, padahal maksudnya kalimat didalam jubahkau hanya ALLAH bukannya dia mengaku Tuhan tapi Tuhan telah meliputi dirinya dan dirinya fana nanya Tuhan yang Nyata. jadi dia (Syeh) tidak mengaku Tuhan. Tuhan meliputi semua jangan kan Yesus saya pun berani berkata bahwa aku didalam Bapa dan Bapa ada di dalam aku, tapi jangan sembah gue yaaahhh...

      Hapus
    4. Qs. 69:44-47
      (44) Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami,
      [45] Niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya.
      [46] Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya.
      [47] Maka sekali-kali tidak ada seorang pun dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu.

      Tabaqat Ibn Sa'd halaman 249
      Wanita Yahudi yang meracuni Muhammad berkata, Aku ingin tahu apakah kau benar-benar seorang nabi, yang jika memang benar maka racun ini tidak akan mengganggumu, dan jika kau ternyata seorang nabi palsu, maka aku akan dapat membebaskan masyarakat dari dirimu."

      Tabaqat Ibn Sa'd, halaman 252
      Rasul Allah hidup sampai tiga tahun setelah itu sampai racun itu menyebabkan rasa sakit sehingga ia wafat. Selama sakitnya dia biasa berkata, “Aku tidak pernah berhenti mengamati akibat dari daging (beracun) yang kumakan di Khaibar dan aku menderita beberapa kali (dari akibat racun itu) tapi sekarang kurasa tiba saatnya batang nadiku terputus.

      Hadis Sahih Bukhari Volume 5, Book 59, Number 713:
      Dikisahkan oleh Aisha:
      Pada waktu sakitnya sebelum dia mati, sang Nabi sering mengatakan, "Wahai Aisha! Aku masih merasa kesakitan karena daging yang kumakan di Khaybar, dan sekarang aku merasa urat nadiku dipotong oleh racun itu."

      JADI ,SIAPA NABI YANG MENGADA2 DAN SEBELUM MENINGGALNYA SI NABI PALSU DAN MENGATAKAN BAHWA IA DEKAT DENGAN YESHUA/ISA/YESUS , APA NABI PALSU DEKAT DENGAN NABI YANG MAHA TINGGI ?? BIAR IA MASUK SURGA DAN PARA PENGIKUTNYA MASUK NERAKA?? DAN IA JUGA PERCAYA KEPADA YESHUA/ISA/YESUS BIAR JIWA RAGANYA BERSAMANYA ?? ( DAN INGAT NABI MU PERCAYA BAHWA YESHUA/ISA/YESUS ADALAH YANGMAHATINGGI/TUHAN, DAN SIAPA YANG DISEBUT (Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”) APAKAH SISINYA ALLAH ITU ADALAH YESHUA/ISA/YESUS ?

      "Anaa aulan naasi bi 'iisabni Maryam fid dun-yaa wal aakhiraati wal anbiyaau ikhwaatul li'allaatin ummahaatuhum syattaa wa diinuhum waahid."Saya yang lebih dekat Isa anak Maryam di dunia dan di akhirat. Semua nabi itu bersaudara kerana seketurunan. Ibunya berlainan sedang agamanya satu. (Hadis Shahih Bukhari 1501)

      "…'lisabnu Maryam wajihan fid dun-yaa wal aakhirat…"
      … Isa putra Maryam yang terkemuka di dunia dan di akhirat …
      (Al Imran, 3:45)
      "Wal Iadzii nafsii bi layusyikanna ayyanzila fil kumubnu Maryama hakaman muqsithan"
      Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya 'Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi Hakim yang Adil …
      (Hadis Shahih Muslim 127)
      "Laa mahdiya illa isabnu Maryama"
      Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra maryam
      (Hadis Ibnu Majah)
      … Isa itu Rohullah, Rasullah dan Kalimatullah.
      (Anas bin Malik hal. 72, An Nisa, 4:171)

      Qs 31:34 berbunyi, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”

      (Az Zukruf, 43:61) Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

      (Hadis Shahih Bukhari 1573) Lalu beliau mengangkat tangannya sambil mengucapkan: "Teman Yang Maha Tinggi" Lalu beliau wafat dan rebahlah tangan beliau. (Hadits Shahih Bukhari 1574)

      “Semua orang yang menerima-Nya [YESUS] diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya” (Injil, Rasul Besar Yohanes 1:12).

      "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat ” (Injil, Surat 2 Korintus 5:10).

      Hapus
    5. AYAT YESUS DI ALKITAB MENGATAKAN IA ADALAH KEBENARAN,ANAK ALLAH/YHVH/TUHAN, ALLAH/YHVH/TUHAN :

      1. Di hadapan Mahkamah Agama, sebelum para tua-tua Yahudi membawa Yesus untuk dihukum mati, mereka bertanya, “Kalau begitu, Engkau ini Anak Allah?” (lih. juga, Mat 26:63, “…katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak?”). Jawab Yesus: “Kamu sendiri mengatakan, bahwa Akulah Anak Allah.” Lalu kata mereka: “Untuk apa kita perlu kesaksian lagi? Kita ini telah mendengarnya dari mulut-Nya sendiri.” (Luk 22:70-71).

      St. Thomas Aquinas dalam bukunya Catena Aurea menjelaskan ayat ini dalam Injil Matius, dengan mengutip pengajaran St. Ambrosius, “Tuhan Yesus lebih berkehendak untuk membuktikan bahwa diri-Nya adalah Raja [Anak Allah], daripada mengatakan bahwa diri-Nya sendiri adalah Raja [Anak Allah], sehingga mereka [para tua-tua Yahudi] tidak mempunyai alasan untuk menghukum-Nya, ketika mereka mengakui kebenaran yang atasnya mereka menuntut Dia. Maka Yesus berkata, “Kamu sendiri mengatakan bahwa Akulah Anak Allah.”

      Yesus menyatakan Diri-Nya sebagai Allah, dengan berkata, “Aku adalah… (I am)” yang mengacu pada perkataan Allah kepada nabi Musa pada semak yang berapi, “Aku adalah Aku, I am who I am” (lih. Kel 3:14). “Aku adalah Aku” adalah arti dari kata Yahweh. Istilah “Alfa dan Omega” (sebab awal dan tujuan akhir segala sesuatu), yang mengacu kepada Allah sendiri, juga dikatakan oleh Kristus tentang siapa Diri-Nya (Why 1:8, 21:6; 22:13). Itulah sebabnya Yesus mengatakan bahwa sebelum Abraham ada, Ia sudah ada terlebih dahulu (Yoh 8:58), dan justru karena jawaban ini, yang secara jelas menyatakan bahwa Ia adalah Allah, maka Yesus dijatuhi hukuman mati atas tuduhan menghujat Allah.

      Yesus juga jelas menyatakan bahwa Ia adalah Tuhan, “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.” (Yoh 13:13) Tidak ada seorang-pun yang lain, yang pernah berkata demikian.

      Hapus
    6. Wahai kawan-kawan mari berpikirlah yg sehat dan cerdas.

      Alkitab bibel atau 4 injil yg beredar di dunia saat ini adalah sebagian besar sudah tidak asli lagi isi ajarannya.
      ada banyak perubahan-perubahan, ada ayat2 di hilangkan dan ada banyak yg di tambahkan disisipkan, di edit sesuai keinginan orang2 yg merubah.

      Seperti kata "tuhan bapa,tuhan putra,anak Allah" itu sebenarnya hasil rekayasa manusia termasuk ajaran sesat paulus trinitas,dosa waris dll.campur aduk.

      Namun di alkitab juga ada ajaran yg benar2 dari Yesus ( Isa almasih)

      Dan hanya bagi orang2 yg cerdas, teliti seksama dan ingin mencari kebenaran saja lah yg bisa membedakan mana ajaran paulus dan mana sebenarnya ajaran Yesus.

      Memang benar semua Nabi para Rasul yg asli di angkat Tuhan adalah bersaudara.termasuk Rasul Muhammad dg Rasul Isa Almasih ( Yesus )

      Kalau tidak percaya, tunggu nanti kalau anda(kristen) menemui kematian.

      Apakah kristen mengira bahwa suatu hari nanti sblm kiamat Yesus(Isa Almasih) akan membela kalian kristen ?

      Kalian salah besar!
      Karena justru sebaliknya.Fatamorgana!

      Karena Nabi Muhammad Saw yg ucapannya tidak pernah meleset dan jujur telah bernubuat:

      Kabarnya di antara bahwa "...Isa Almasih As akan turun dari langit akan hancurkan salib(menolak kristen dan Yahudi), membunuh Dajjal yg juga mengaku sbg Tuhan, dan akan bergabung dg orang2 muslim umat Muhammad Saw, dan akan menjelaskan bahwa Dia(Isa Almasih) adalah hamba TUhan ALLAH, Rasul ALLAH dan bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul ALLAH..."

      Maka kristen jangan besar kepala dan jangan hanya berdebat yg tidak ada kebenarannya.

      Maka mumpung ajal kalian belum tiba, carilah kebenaran yg sesungguhnya,pelajarilah kembali sejarah dan isi Alkitab secara keseluruhan jangan hanya mengekor pendeta,pastor, uskup tanpa berpikir dg akal yg sehat dan Al-Qur'an serta hadist Nabi dari sumber yg bisa di percaya.

      Itu kalau benar2 ingin mencari kebenaran dan sebagai bekal di Hari Pembalasan nanti.

      Apa gunanya manusia di beri akal?

      Yang terpenting adalah di gunakan untuk mencari Tuhan Yang Benar dan untuk membedakan mana yg benar dan mana yg salah.
      Jadi Keimanan itu juga pakai akal,kecuali orang2 yg bodoh picik yg suka hal2 takhayul ( bertakhayul)
      misalnya: ada kambing(hewan)betina yg beranak tanpa kawin lalu dg serta merta betpikir dan di anggap " wah ini bukan kambing(hewan) biasa tpi kambing nya dewa yg di keramatkan, di elu2kan, bahkan berdoa lewat kambing tsb.."

      Itu contoh cara berpikir yg bodoh dan berkeyakinan beriman yg salah.


      Hapus
    7. Namun kalau orang yg menggunakan akal dg cerdas, sehat dan mempunyai keimanan yg baik tentu responnya
      dg "kambing yg bisa beranak tanpa kawin" tsb begini :

      "Bukankah Tuhan itu yg menciptakan langit dan bumi beserta isinya tanpa bantuan siapapun. Tuhan Maha Kuasa. tidak ada yang tidak bisa di ciptakan Tuhan jika memang Tuhan menghendaki.termasuk "kambing betina tadi yg beranak tanpa kawin"

      Nah dari sini kawan2 kristiani bisa mengawali dg pemikiran yg cerdas dan sehat tentang sejarah kelahiran Yesus.

      Apakah menurut pemikiran kristen kerena Yesus(Isa Almasih As) di dalam Al-Qur'an di sebut " Ruh ALLAH dan Kalimat ALLAH " lalu di anggap sebagai "jelmaan" ALLAH sendiri ??
      Inilah kebodohan dan takhayul nya pemikiran kristen yg di pelopori paulus yg memang berpaham pagan.

      Perlu kalian ketahui bahwa maksud dg sebutan RUHULULLAH adalah Ruh yg di ciptakan dan di tiupkan oleh Tuhan ALLAH secara lgsg ke dalam rahim Ibu Maryam.

      Dan sebutan KALIMATULLAH mksdnya adalah ALLAH menciptakan Yesus tsb hanya dg berfirman(berkata)saja maka"jadilah" Yesus dalam kandungan Ibu Maryam.
      (Ibu Maryam hamil mengandung tanpa melalui perkawinan )

      Bagaimana kawan-kawan apakah akal kalian bisa memahaminya?
      Beriman itu tetap menggunakan akal.karena tujuan akal di ciptakan agar bisa membedakan mana yg benar mana yg benar.

      Dan kalau ingin mencari gunakan akal yg sehat dan jangan dg kebencian serta kedengkian nanti Insya ALLAH kebenaran sejati akan mudah masuk ke dalam jiwa saudara saudari.

      Hapus
    8. Tujuan utama di ciptakan akal oleh Tuhan adalah untuk membedakan mana yg benar dan mana yg salah.

      Hapus
    9. Kalau ingin mencari kebenaran gunakanlah akal sehat dan buanglah kebencian serta kedengkian Insya ALLAH akan memberikan petunjuk mana yg benar dan mana yg salah.

      Hapus
  10. http://ms.wikipedia.org/wiki/Nabi_Isa_a.s.

    BalasHapus
  11. Yesus pernah mengatakan diriNya TUHAN. kamu aja yang ga pernah baca Alkitab. makanya baca Alkitab yang benar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ! Aku dan Bapa adalah satu (Yoh 10:30), Bapa kan Tuhan/Allah, berart Yesus Tuhan yaitu Alfa dan Omega, yang Awal dan yang Akhir, tiada Tuhan selain YHWD

      Hapus
    2. To : Tuan Zhong Li

      Alkitab atau 4 injil kristen yg beredar di dunia saat ini adalah sebagian sudah tdk asli lagi, telah mengalami banyak perubahan2, ada banyak ayat2 yg di hilangkan, di tambahkan,di edit sesuai keinginan manusia(pendeta/pastor/uskup atau siapapun manusia telah merubahnya.

      Termasuk ajaran2 paulus itu sebenarnya juga bukan asli ajaran
      dari Yesus.

      Sebaiknya bapak mencari kebenaran yg haqiqi.bukan terlihat benar tapi sebenarnya palsu.

      Tanyalah dan pelajarilah dari para muallaf, kenapa mereka meninggalkan kristen ?

      Kalau belajarnya dan hanya mengekor pada pendeta,pastur, uskup saja ya bapak akan tetap spti ini.

      Gunakan akal dan iman yg baik dalam mencari kebenaran.
      Berpikirlah yg cerdas, kritis dan janganlah keimanan di campur dg hal2 takhayul.

      Tuhan menciptakan akal yg utama adalah untuk membedakan mana yg benar dan mana yg salah.

      *****

      Hapus
  12. alangkah memalukannya orang muslim bisanya menghujat nama yesus tapi yesus gak pernah membenci kalian orang muslim, aq doakan kalian biar merasakan hajaran-Nya agar kalian bertobat, karena Dia akan segera datang untuk menghakimi kalian karena menghujat Nama-Nya yang kudus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. To : anonim kristen.

      sepintas anda kelihatan pintar, tpi bodoh pandir dalam berpikir tentang KETUHANAN dan Kebenaran.
      rupanya anda saat ini penggemar berat dan pengikut paulus yg fanatik. Tapi sayang sekali anda bukanlah pengikut Yesus.

      Karena yang sebenarnya adalah ajaran2 paulus bertentangan dg ajaran Yesus.

      Lihat saja nanti kalo kematian telah menjemput sedangkan kalian masih meng' imani ajaran2 paulus dan yg bertentangan Yesus,Injil yg asli dan Al- Qur'an.

      Hapus
  13. Ini murni masalah etimologi . Perlu kajian dari sudut pandang linguistik, sayangnya penulis kurang menyajikan lingusiticnya spt dari sudut semantik, psycholinguistic, historis. Mohon maaf kami jg tidak paham bahasa ibrani, aram, yunani , arab maupun inggris. Tapi terkesan penulis memojokan Al-quran. Yang terpenting buat kaum Muslim adalah Jesus adalah pribadi yang sama dengan Isa a.s. Jika dari sudut pandang teologi jelas berbeda. Kristen meyakini trinitas sebagai oknum yang satu, Islam memahami svr terpisah, penebusan dosa dan penyaliban..itu intinya..

    BalasHapus
  14. Kita semua ada dalam kitab yg di turunkanNya, walaupun agama sama tp di smua kitab menerangkan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Allah sendiri yg turun ke bumi utk mennyelamatkan umat manusia yg sebelumNya telah di beritakan oleh Nabi2 akan kedatangan Dia.

    Jadi hal yg harus kalian teliti adalah
    " Adakah nabi setelah kedatangaan Allah di bumi ? Jawab : TIDAK ADA.
    Jadi yg ada hanyalah para Rasul2 yg memberitakan kabar baik tentang keselamatan manusia dalam kematian Anak Manusia pd Kayu Salib dan KebangkitanNya dari maut untuk KEHIDUPAN YG KEKAL, dan itu terurai dalam Kitab INJIL.

    Jika ada selain kitab Injil seperti yg Allah turunkan ITU ADALAH KITAB YG SECARA SENGAJA DI BUAT OLEH SEORANG YG MENGANGGAP DIRINYA NABI( NABI PALSU ) Yg pada akhirnya mati karena Murka Allah karena ajaraan sesat yg di sebarkan,,dan tidak membuktikan dia dan rekan2nya Hidup lagi ( hidup dalam kebinasaan kekal ).Amin

    BalasHapus
  15. Nabi Muhammad Bersaksi :
    Petunjuk-petunjuk Al Quran dan Hadis agar manusia dapat mencapai Syurga

    1. Isa AS ialah jalan yang lurus yang patut diikuti “Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim…”Dan sesungguhnya Isa itu benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat kerana itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan yang lurus …(Az Zukhruf, 43:61)

    2. Isa AS pembawa keterangan dan patut ditaati “Wa lammaa jaa-a ‘Isa bil bayyinaati qaala qad ji’tukum bil hikmati wa li ubayina lakum ba’dhal ladzii tathtalifuuna fiihi fat taqullaaha wa athii’u…”Dan tatkala Isa datang membawa keterangan. Dia berkata sesungguhnya Aku datang membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian yang apa kamu perselisihkan tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaKu…(Az Zukhruf, 43:63)

    3. Isa AS mengatakan perkataan yang benar “Dzaalika ‘isabnu Maryama qaulal haqqil ladzil fiihi yamtaruum…”Itulah Isa putra Maryam yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenaranNya…(Maryam, 19:34)

    4. Isa AS itu utusan Allah dan FirmanNya “Inamal Masihu ‘isabnu Maryama rasullahi wa kalimatuhu …”Sesungguhnya Isa Al Masih putra Maryam itu utusan Allah dan FirmanNya…(An Nisa, 4:171)

    5. Isa AS adalah Roh Allah dan KalimatNya “Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu…”Isa itu sesungguhNya Roh Allah dan FirmanNya(Hadis Anas bin Malik hal.72)

    6. Isa AS adalah Roh Allah yang menjelma menjadi Manusia yang sempurna “… arsalnaa ilaihaa ruuhanaa fa tamatstsala lahaa basyaran sawiyya.”…Kami mengutus Roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya menjadi Manusia yang sempurna…(Maryam, 19:17)

    7. Isa AS adalah satu-satunya Imam MAHDI “Laa mahdia illa isabnu Maryama…”Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra Maryam…(Hadis Ibnu Majah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. QS Maryam 17 emang itu isinya, tapi yang diceritakan bukan Isa, gak berani baca QS Maryam 18 nya sekalian ? biar jelas dan tak sesat terus menerus ... biar ente tahu aku pun berasal dari Roh Allah, lu baca At Tahrim 12 , Nabi ISA itu sebagian dari Roh Allah, nah sisanya sebagian keciiiiilll banget itu gue, gue juga Roh Allah ... gitu aja bingung, ini pengakuan serius, didunia ini semua Habis nanti, yang ada cuman 1, dari tanah kembali ke tanah yang asalnya dari ALLAH kembali ke ALLAH.

      Hapus
  16. 8. Isa AS dilahirkan bukan dari bapa Insani, tetapi dari Roh Allah “Wallatii ahshanat farjahaa fa nafakhnaa fiihaa mir ruuhinaa Wa ja’alnaahaa wabnahaa ayatal lil ‘aalamiin”Ingatlah kisah seorang perempuan yang memelihara kehormatannya (Maryam) lalu Kami tiupkan kepadanya Roh Kami (Roh Allah) dan Kami jadikan dia dan Anaknya tanda (kuasa Allah) bagi semesta alam.(Al Anbiyaa, 21:91)

    9. Isa AS lahir, mati dan dihidupkan kembali “Wa salaamu ‘alayya yauma wulittu, wa yauma amuutu, wa yauma ub’atsu hayaa.”Dan sejahtera atasNya pada hari Dia dilahirkan, pada hari Dia wafat, dan pada hari Dia dibangkitkan hidup kembali.”(Maryam, 19:33)

    10. Isa AS mati, diangkat dan pengikutNya dipilih atas orang kafir “Idz qaalallahu yaa Isa, innii mutawafiika, wa raafi’uka ilayya, wa muthahhiruka minal ladzinaa kafaruu, wa jaa’ilul ladzina tabauka fauqal ladzina kafaruu ilaa yaumil qiyamati.”Ingatlah tatkala Allah berfirman; Hai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanMu, dan mengangkatMu depadaKu, dan akan menyucikan Engkau dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutiMu diatas mereka yang kafir hingga hari kiamat.”(Al Imran, 3:55)

    11. Isa AS menyembuhkan orang buta sejak lahir “Wa ubriul akmaha, wal abrasha, wa uhyil mautaa bi idznillah.”Dan Aku menyembuhkan orang bita sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak, dan Aku sanggup menghidupkan orang mati dengan seizin Allah.(Al Imran, 3:49)

    12. Isa As menghidupkan orang mati “… wa idz tuhuriijul mautaa biidzni…”… dan diwaktu Kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan izin Ku…(Al-Maidah, 5:110)

    13. Isa AS diberi mujizat dan Roh Kudus “Wa aatainaa ‘isabna Maryam bayyinaati wa ayyadnaahu bi ruuhil qudusi.”Dan Kami berikan kepada Isa putra Maryam, beberapa mujizat serta Kami perkuat Dia dengan Roh Kudus.(Al Baqarah, 2:253)

    14. Kafirlah orang yang menolak Isa AS “Wa bi kufrihim wa qaulihim ‘alaa Maryama buhtaanan ‘azhiimaa.”Dan kerana kekafiran mereka (terhadap Isa) dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zinah).(An Nisa, 4:156)

    15. Isa AS akan diimani oleh semua ahli kitab “Wa im min ahlil kitaabi illa la yu’minanna bihi qabla mauthihiiwa yaumal qiyaamati yakunnu ‘alaihim syahiidaa.”Dan tidak seorangpun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa sebelum matiNya, dan pada hari kiamat. Dia menjadi Saksi terhadap mereka.(An Nisa, 4:159)

    16. Tidak menurut Taurat dan Injil, maka tidak dipandang beragama “Qui yaa ahlal kitaabi lastum ‘alaa syai-in hattaa tukimut tauraata wal injiila wa maa unzila ilaikum mir rabbkum”Katakanlah: “Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran ajaran Taurat, Injil dan apa apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.(Al Maidah, 5:68)

    17. Al Quran induk dari Taurat dan Injil “Wa innahu fii ummil kitaabi ladainaa ia ‘aliyyuna hakiim.”Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Alkitab, di sisi Kami adalah tinggi dan penuh hikmat.(Az Zukhruf, 43:4)

    18. Isa AS berkuasa/terkemuka di dunia dan di akhirat “Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu ‘isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin.”Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan Kalimah daripadaNya namannya Al Masih putra Maryam, terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.(Al Imran, 3:45)

    Yesus Love You ….

    Yoh 29 : Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

    BalasHapus
  17. mau bagaimanapun kalian menafsirkan yesus adalah tuhan, gw tetep ga akan menuhankan yesus yg mati telanjang ditiang salib!!! Kenapa kalian ga nyembah Allah yg sudah menciptakan manusia dan alam semesta ini??? Apakah hanya krn maryam yg hamil tiba2 trus anaknya tsb d anggap tuhan??? Klo jawabannya "iya", gw akan anggap kalian manusia yg hina krn meremehkan Allah, dan sampai skrng banyak perempuan yg hamil dlm wktu 1 jam lalu tiba2 melahirkan, kenapa anaknya tsb ga jd tuhan aja???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia,,bagaimanapun Nabi Muhammad dibilang nikah berkali2, pake harta rampasan, perang mulu...tapi menurutku itu memang jalan terbaik karna kaum jahiliyah udah ga bisa (dibilangin), sekarang yg menjadi tolak ukur sebagai (TUHAN) adalah...
      gini...yang menciptakan langit, bumi, planet, pokoknya seluruh alam semesta dan isi nya itu siapa siiih kalo bukan ALLAH !! yaa berarti kita harus beribadah kepada Nya donk, masa kita sujud sama buatan ALLAh sendiri...?? kan kalo kita meninggal, kita akan kembali kepada ALLAH bukan yg lain...inti nya sih gitu...
      (bukannya mau sombong yaa...aku makin yakin karna pernah mimpi dimana ada cahaya Nabi Muhammad yg uda nolongin orang2 (bentuknya kaya orang arab) dari serangan hewan2 bermuka b*b* dan bertubuh anj*ng dengan mendatangkan burung2 yg banyak bgt sampe akhirnya hewan bermuka b*b* dan bertubuh anj*ng itu hancur, trus pas orang arab itu berterima kasih sama Sang Cahaya, Sang Cahaya bilang "jangan berterima kasih pada Saya, tetapi berterima kasihlah pada ALLAH dan menyembahnya)
      tiba2 aku langsung bangun, trus ga tau kenapa jadi nangis sekenceng2 nya...trus langsung solat tahajjud (karna tau bangunya pas jam 3 pagi)...

      sorry yaa jd curhat gini...tp apapun itu, siapapun yang disembah,,buat orang islam tetep ALLAH NO.1, Nabi Muhammad hanya kasih cara kalo mau nyembah ALLAH...(udah banyak kan bukti Keesaan ALLAH dengan adanya penemuan2 yang bisa membuat orang terheran2,,knp yaa itu karna ciptaan ALLAH dooonk....)

      Hapus
    2. Yang menciptakan bumi dan semesta ini adalah Big Bang ....

      Hapus
  18. saya sangat setuju dengan ANONIM MUSLIM,,,kebanyakan umat kristen menganggap yesus adalah bapa allah,,,jelas" kalian smua tahu,kalo tiada tuhan selain ALLAH,,trus knapa mesti nyembah patung buatan manusia sendiri,itu sama aja PENCIPTA DI JADIKAN CIPTAAN,DAN CIPTAAN DI JADIKAN PENCIPTA,sangat bodoh kan,,,dan sudah banyak qo pendeta" dari kristen menjadi muallaf jadi agama muslim,indonesia pun merdeka bukan dengan ucapan 'HALELUYA' TAPI UCAPAN" ALLAHU AKBAR yg terucap dari mulut budi utomo,neil amstrong pun mendengar suara adzan berkumandang dari atas bulan,dan astronot dari india yg baru" ini menginjak bulan,trus knapa ALKITAB itu di tiap negara berbeda bahasa n berbeda isi,sedangkan ALQUR'AN cuma 1 bahasa tapi setiap muslim di tiap negara bisa membacanya...woii para umat kristen knapa kmu nda sembah kulkas,boneka anggry bird,boneka spiderman,atau nyembah zeus kah dengan gaya tangan terbentang seperti salip mu yg tidak berarti sama sekali itu,kecuali berfungsi sebagai tiang jemuran....ALLAHU AKBAR...PIKIRLAH AGAMA MU DENGAN LOGIKA,maka.y ibadah tuh tiap hari,jangan cuma hari minggu,itu pun malah nyanyi,emang jaman.y tuhan mu ada acara nyanyi" kah, kalau di dalam tmpat ibadah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu terserah anda. Tuhan itu perlu pujian, makanya kita bernyanyi memuji Tuhan. Ibadah kita memang tiap hari kok, anda saja yg merasa bahwa ibadah kita hanya di hari minggu. Setiap hari adalah ibadah. Bernafaspun juga ibadah. Injil diterjemahkan dalam segala bahasa karena Tuhan kita mengerti akan segala bahasa dan bukan cuma bahasa Arab. Salib adalah simbol. Anda harus mengerti itu.

      Hapus
    2. Hehe dr pd kalian muslim yang hnya teriak2 kaya Tuhan itu tuli aja......ko sembh Tuhan pake teriak2...lama2 kentut...tai keluar lagi...sembah Tuhan ko angkat pantat...bisa2 kentut semua pada mampus dlm masjid...sok ttup aurat pada hal ular beludak...atas tutup bawahnya buka...sembayangb kok pake kain sarung...pasti kontol nya gantung2 heheee.....

      Hapus
    3. Hai Anonim....atau manusia planet...mrah ya...epssss ka ko tra penting jg mo...ko biking kaya ko betul saja...
      ko puji2 alquran tp ko tdk mengerti semua yg ada dlm alquran juga moooo....jd stop biking diri tu ustad sdh....

      Hapus
    4. Hooy kristen sadar ,saya dlu kristen tpi skrng islam krna sembuh dri gila , salib itu eksekusi mati orng zaman dulu ,, yesus bukan tuhan,, definisi tuhan tidak dilahirkan , dan menciptakan alam semesta ,, yesus diangkat jdi tuhan sama paulus ,,

      Hapus
  19. Bolehkah saya bertanya?apakah agama islam boleh meghina-hina agama lain. kalau agama islam menganggap agamanya benar kenapa harus menghina-hina agama lain??jika benar buktikan dengan kelakuanmu BUKAN dengan ucapanmu saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, bener, kasih tau juga sama kristen brother-hood ya.... biar sama2 lihat kelakuan masing2 bukan ucapan aja,

      Hapus
  20. hay,lihat lah di negara barat sana,kbanyakan artis" holywood sangat menunjukan ke mesuman di sebuah film,dan smua artis holywood kbanyakan beragama kristiani,film".y pun mendunia,memakai baju bikini,tak menutup aurat,,apakah agama mu itu,di perbolehkan melakukan adegan" panas sperti itu...kenapa kristen tidak melarang hal itu?jelas jelas artis" yg bermaksiat menggunakan kalung salip,,,apakah agamamu itu benar??pahami lah sodara??sudah banyak tanda" kebesaran ALLAH SWT,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus tki yg diperkosa di arab menurut anda? Mau lihat film porno pemerannya pakai jilbab? Perlu ditunjukkan?

      Hapus
    2. Sok suci ya mreka2 itu...jilbapan tapi mesum...kawin san sini...emang kita tuh beda...terang dan gelap tidak boleh disatukan...kalian perang...hujat2 tuhan yesus...bakar greja...apa itu namanya...mana ada sejarahnya orang kristen rusuh...bakar mesjid...kita berdoa cukup diam di kamar...ga kayak kalian musti treak2...tuhan kalian jauh si yaaa...kalo tuhan kita dekat makanya ga perlu pake toa...kristen sama islam jelas berbeda...

      Hapus
  21. Apakah ada batasan berpakaian dalam kristen?
    Apakah Tuhan harus turun ke dunia dan mati di dunia untuk mengampuni umatNya? Padahal Tuhan itu Maha Pengampun??
    Apakah setiap orang kristen akan diampuni dosanya di dunia karena Yesus sudah berkorban untuk mati demi mereka?
    Bila memang Yesus sudah mengampuni umatNya, mengapa kita harus susah-susah berbuat baik untuk masuk ke surga??

    Tolong anda jawab pertanyaan saya, saya berasal dari keluarga campuran, Muslim dan Kristen, pertanyaan di ataslah yang sering ada di pikiran saya selama ini?
    renungkanlah, maka anda akan mengerti, agama mana yang lebih baik!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbuat baik tidak menjamin anda masuk surga. Tapi sebuah jaminan yang telah ditawarkan, walaupun orang itu penjahat sekalipun, dia bisa masuk surga (orang yg disalib di samping kanan). Batasan berpakaian ya berkaitan dengan sopan santun aja, menurut anda memang berpakaian itu harus bagaimana?

      Hapus
    2. 1.Apakah ada batasan berpakaian dalam kristen?

      Jawab : keselamatan tidak ditentukan oleh apa yang anda pakai , bila anda mengira pakaian menentukan keselamatan seseorang,anda salah besar , sekarang pertanyaannya adalah apa itu keselamatan ? anda diselamatkan dari apa ? kenapa anda perlu diselamatkan, siapa yang bisa memberikan kepastian akan keselamatan ?

      2.Apakah Tuhan harus turun ke dunia dan mati di dunia untuk mengampuni umatNya? Padahal Tuhan itu Maha Pengampun??

      Jawab :
      bila anda mampu bertanya seperti ini seharusnya anda mampu mencari jawabannya dengan lebih gigih,anda benar bahwa Tuhan itu maha pengampun tetapi anda jangan hanya mengatakan Tuhan itu Maha pengampun, anda jangan lupa bahwa Tuhan juga Maha Adil ,bagaimana bisa Tuhan itu Maha Adil sekaligus Maha Pengampun,bila Tuhan hanya Maha pengampun dimana keadilan Tuhan ? bila Tuhan hanya menghukum dimana Maha pengampun / maha pengasih Tuhan ? teologi islam tidak mampu menjelaskan bagaimana Tuhan yang maha pengampun juga adalah Tuhan yang maha adil,dan satuhal yang juga harus anda pahami adalah Tuhan Maha Kudus.tidak setitik dosa pun boleh ada dihadapan Tuhan yang maha Kudus ,Tuhan yang sejati adalah Tuhan yang tak terbatas/Kekal, ketika anda melakukan dosa berarti anda berdosa kepada Tuhan dan anda memiliki hutang yang tak terbatas,dengan apa anda bisa melunasi hutang yang tak terbatas ? dengan perbuatan baik ? kalangan atheis sering mempertanyakan bila Tuhan itu ada berarti Tuhan itu tidak adil,bagaimana bisa Kehidupan manusia yang hanya sesaat dihukum dengan neraka abadi/kekal , jawabannya adalah pada sifat kekalan Tuhan , anda berdosa kepada Tuhan artinya anda memiliki Hutang yang kekal ,oleh sebab itu masalahnya bukan pada kehidupan manusia yang sesaat tetapi pada Sifat Kekalan Tuhan, dan anda harus melunasi Hutang anda tsb , bila tidak hukuman kekalan dalam neraka abadi akan menjadi ganjaran yang adil bagi anda . bagaimana manusia yang akan mati bisa membayar Hutang Kekal ? dengan apa ? perbuatan baik ? beribadah yang banyak ? tetap tidak akan bisa membayar Hutang Kekal ! tetapi Tuhan berfirman " Aku, Akulah TUHAN dan TIDAK ADA JURUSLAMAT selain dari pada-Ku. ( Yes 43:11 ) ",cara anda membayar Hutang Kekal adalah dengan harga Kekal. bagaimana manusia bisa membayar harga kekal ? jawabannya adalah tidak bisa ! lalu bagaimana manusia bisa selamat ? tidak ada yang bisa ! "TIDAK ADA JURUSLAMAT SELAIN DARIPADA TUHAN SENDIRI " oleh sebab itu Ia datang KeBumi dan membayar tebusan bagi Umat nya ,YESUS KRISTUS adalah 100% manusia dan 100% Allah karena Ia adalah Manusia dan menjalani hidup dengan sempurna yang tidak berdosa ,Ia dapat bertindak mewakili/bagi kita dan karena Ia adalah adalah Allah, ia adalah Kekal , Ia mampu membayar Harga yang diperlukan untuk membayar Hutang yang Kekal tsb ."sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi TEBUSAN BAGI BANYAK ORANG." ( Mat 20:28 )

      Hapus
    3. 3.Apakah setiap orang kristen akan diampuni dosanya di dunia karena Yesus sudah berkorban untuk mati demi mereka?

      Jawab : Ya ! Karena Yesus telah membayar Lunas harga yang diperlukan untuk membayar Hutang Kekal

      "dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku." ( Yoh 10:28)

      4.Bila memang Yesus sudah mengampuni umatNya, mengapa kita harus susah-susah berbuat baik untuk masuk ke surga??

      Jawab : Anda berusaha memahami Keselamatan dalam kekristenan menggunakan kacamata Islam bahwa keselamatan karena perbuatan baik.

      Orang Kristen tidak berbuat baik supaya berhak ke surga, karena tidak ada perbuatan baik yang merupakan pintu ke surga maupun persyaratan ke surga, Perbuatan baik tidak akan menyelamatkan siapa pun ,Hanya ada satu jalan menuju Bapa di Surga, yang adalah Yesus Kristus

      Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku

      Orang-Orang Kristen tidak diselamatkan/diampuni dari dosa-dosa mereka karena berprilaku"baik" atau karena "berbuat baik" juga tidak TETAP diselamatkan /diampuni karena berprilaku "baik" atau karena "melakukan perbuatan baik."

      Orang Kristen tidak dibenarkan baik karena bertingkahlaku "baik" ataupun "berbuat baik". Orang Kristen diselamatkan dari hukuman dosa oleh karena kasih karunia melalui IMAN /percaya bahwa Yesus Kristus membayar penuh hukuman untuk semua dosa-dosa dengan mati di kayu salib .

      Efesus 2:8-9
      (8) Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,
      (9) itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri

      Perbuatan baik bukan lah syarat keselamatan, Ayat berikut memberitahukan kita dari mana perbuatan baik datang yang adalah akibat diselamatkan, bukan untuk diselamatkan.

      Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya

      Jadi, sebagai orang Kristen, motivasi untuk berbuat baik adalah bahwa kita mengasihi Tuhan dan berterima kasih atas keselamatan yang dikaruniakan melalui Kristus. Oleh karena itu, Orang Kristen ingin menyenangkanTuhan,mempersembahkan apa yang berkenan kepada Allah.

      Ibrani 13:16 Dan janganlah kamu lupa berbuat baik dan memberi bantuan, sebab korban-korban yang demikianlah yang berkenan kepada Allah

      3Yoh 1:11 Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah

      Hapus
    4. 5.Tolong anda jawab pertanyaan saya, saya berasal dari keluarga campuran, Muslim dan Kristen, pertanyaan di ataslah yang sering ada di pikiran saya selama ini?
      renungkanlah, maka anda akan mengerti, agama mana yang lebih baik!!!

      Jawab :
      cara paling mudah menguji apakah kekristenan adalah benar atau tidak adalah mencari kebenaran peristiwa Kematian dan Kebangkitan Yesus
      Iman saya sendiri didasarkan akan peristiwa yang luar biasa ini yakni Kematian dan Kebangkitan Yesus.

      Kebangkitan Yesus sangat vital bagi kekristenan , faktanya adalah tanpa kebangkitan tidak akan ada orang kristen.

      tentang vitalnya kebangkitan Yesus, rasul paulus mengungkapkan nya dalam 1 Korintus 15:14-19 dan 1 Korintus 15:3-4

      dan pemahaman teman-teman muslim tentang peristiwa kematian & kebangkitan Yesus ini didasarkan dalam Quran 4:157-158;

      dan karena ucapan mereka : “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa.

      Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya ; dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Surah An-Nisa 4:157-158)

      Dengan kata lain, Al-Qur'an mengajarkan bahwa Yesus bahkan tidak mati di kayu Salib. Sebaliknya, umat Islam percaya bahwa pada atau sekitar saat penangkapan-Nya, Yesus diangkat ke surga sementara salah satu murid-Nya, mungkin Yudas, berubah dan mukanya dijadikan mirip seperti Yesus. Jadi Yudas ini ditangkap, dipukuli, dan disalibkan mengantikan Yesus.

      Ada beberapa masalah dengan pernyataan dalam Al Qur'an ini. Pertama, bagian ini merujuk kepada bagian dimana orang-orang Yahudi yang fakta & kenyataannya menolak "Yesus Kristus/Almasih", mengklaim telah menyalibkan-Nya. Banyak orang saat ini menganggap bahwa Kristus adalah bagian dari nama Yesus, dan tampaknya pemahaman dan pengetahuan Muhammad juga seperti ini dan kemungkinan mayoritas umat muslim pun seperti ini sekaligus menunjukkan pemahaman sang penulis Alquran itu sendiri tentang Yesus,ia mengira kristus/Al-masih adalah nama belakang atau bagian nama Yesus, tetapi sebenarnya Al-masih dan Kristus / mesias adalah kata Arab & Yunani untuk kata Ibrani mashiyach. Jadi bukannya nama pertama atau nama belakang , Kristus adalah gelar yang mengidentifikasi Yesus sebagai Mesias Yahudi, dan Yahudi non-Kristen tidak akan mengidentifikasi / menyebut Yesus sebagai Mesias/kristus / Al-masih. Dan bilapun mereka mengatakan bahwa Yesus sebagai Kristus/Almasih ( yang faktanya tidak mungkin karena seluruh umat yahudi dengan sangat tegas menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus/Mesias/Almasih yahudi ), mereka tidak akan pernah membual / berkoar-koar tentang penyaliban Yesus. Kedua, orang-orang Yahudi yang sama tidak akan menggunakan istilah "utusan Allah." dan orang-orang Yahudi tidak percaya bahwa Yesus adalah "Rasul Allah." Ketiga, ini bagian yang menimbulkan masalah teologis bagi umat Islam karena menunjukkan Allah sebagai seorang penipu yang menipu orang untuk berpikir bahwa mereka telah menyalibkan Yesus. Jika Allah adalah penipu, bagaimana mungkin sesuatu dalam Al Qur'an bisa dipercaya sebagai kebenaran? dan perlu diingat bahwa Al Qur'an tidak ditulis sampai abad ketujuh setelah Kristus.

      bila anda mengatakan "renungkanlah, maka anda akan mengerti, agama mana yang lebih baik!!!" Jelas anda tidak merenungkan apa-apa sama sekali .

      Pertanyaannya adalah kembali kepada pertanyaan yang pertama :

      apa itu keselamatan ? anda diselamatkan dari apa ? kenapa anda perlu diselamatkan, siapa yang bisa memberikan kepastian akan keselamatan ?

      Hapus
    5. siapa lagi kalau bukan YESUS KRISTUS sang juru selamat kita
      i loveJESUS :*

      Hapus
    6. saya mo tanya, sebelum ada yesus, umat-umat terdahulu masuk ke surga apa ke neraka yach?

      Hapus
    7. Bagus Sekali pertanyaannya.

      1. Pada saat Yesus Masuk dalam liang kubur / mati. dialam kematian itulah memberitakan keselamatan itu untuk manusia yang sudah mati.

      1Petrus 3:19-20 - ... dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

      Jadi Yesus juga memberitakan keselamatan di orang yang sudah mati . Makanya Dia / Yesusss Harusssss Mati.

      Hapus
  22. Lemari aja (qabah) dikiterin... klo ditanya dalemnya apa pada gak tau. Baca quran, rajin ngaji tapi cuma bisa baca doang. Artinya mah gak tau. Kitab suci cuma ada bahasa arab. Tuhannya cuma tau bahasa arab doang dong. Tepokjidat.com

    BalasHapus
  23. untukmu agamamu ,untuku agamaku. walau sampai hari kiamat tak akan pernah kita bersatu karena sesungguhnya hanya ALLAH S.W.T Tuhan kami yang Maha ESA(satu).Uruslah Agamamu(kepercayaan batinmu) sendiri,sesunguhnya di Akhirat kelak Tak akan ada yang akan membantumu di hari pembalasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru lu yg harus bertobat sebelum lu meninggal. sebab kl elu meninggal belum percaya Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat lu, pasti lu akan masuk neraka. nah, kl elu masih juga percaya bahkan ampe fanatik kpd agama alloh swt, juga elu kan masuk neraka. sebab itu udah ketentuan alloh swt, bahwa smua muslim akan masuk neraka

      Hapus
  24. korang baca alkitab dan al.quran tentang kelahiran yesus n nabi isa adalah sama perjalanan cerita..

    BalasHapus
  25. dalam dunia allah hanya satu..sama ada kristian atau islam allah hanya satu..sebagai bukti tulang rusuk kita lelaki semua kurang1 sebelah kiri..sebsb apa?..sbbnya kita di cipta dari asalnya yg satu..

    BalasHapus
  26. Panas men!!! Mau jawaban yang sahih? Ya udah sekarang kita amalkan ajaran kita masing2 secara khusuk. Jangan mau terkena hasutan dari pihak2 yg ingin mengacaukan kerukunan kita. Nanti pada masanya tuhan 'Allah' atau 'Yesus' akan menunjukan siapa yang layak tinggal di surga. Kalau kalian merasa agama kalian yg benar, ajak lah orang2 terdekat Anda. Tapi jangan sesekali Anda memaksakan kehendak mereka. Kita tidak akan bisa membantu seseorang untuk menaiki tebing, jika mereka tak mau menaiki tebing. Semoga kita selalu dalam lindungan Nya. Amin.

    BalasHapus
  27. Yesus adalah bani israel dari galillea. Bahasa yg di gunakan oleh orang2 galillea adalah bahasa aram, bukan bahasa ibrani. Dan keluarga dari yesus, tetangga serta orang2 disekitarnya memanggilnya Isho. Bahasa ini di gunakan sampai di daerah Syam (syiria). Isho jika di terjemahkan ke dalam bahasa ibrani menjadi Yeshua.

    Karena itulah orang2 Arab memanggilnya Isa (Arab tidak mengenal huruf O bulat) dan nama sebenarnya dari Isa atau Yesus adalah Isho.

    Sedangkan org kristen menerjemahkan isho ke dalam bahasa ibrani yg berarti Yeshua setelah itu di translete lagi ke bahasa Yunani menjadi Iēsoûs yg sekarang di kenal dengan nama Jesus atau Yesus.

    Jadi klo dilihat dr sejarah bahasa di atas, nama yg pling mendekati adalah Isa bukanlah Yesus karena nama Yesus sudah mengalami beberapa kali translate bahasa.

    Kata "`Isa" dalam Al-Qur’an berasal dari "Isho" dalam bahasa Aram, dan dari sukukatanya tidak sama dengan dengan dengan nama Ibraninya "Y’shua" atau "E'sau". Karena Yesus bicara dalam bahasa Aram, maka Al-Qur’an memakai nama `Isa, bukan Y’shua. (3).
    Nama "Yaso'a" untuk menyebut Yesus dalam Arabic Bible hanya transliterasi dari Y’shua, sehingga ini
    dianggap keliru. Ibrani bukan bahasa sehari-harinya Yesus. Nama Yaso’a dan Y’shua itu sendiri masih dalam perdebatan.

    Dan mengenai al-masih, dalam al-Qur'an di sebut almasih hanya sekali, dan dalam bahasa Arab al_masih itu adalah gelar, bukanlah nama.

    Lebih banyak dalam al-Qur'an menyebutnya Isa Putera Maryam. Inilah nama yg Umat Islam kenal.

    BalasHapus
  28. . Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, . dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”.

    jadi jelas sudah yesus bukan Tuhan karena yesus masih keluar dari lubang yang sangat hina (vagina)
    TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH SUBHANAHU WATA'ALA
    bahkan alkitab nasrani juga sangat bertentangan antara perjanjian lama dengan perjanjian baru

    BalasHapus
  29. Artikel yg aneh, sah-sah saja di sebut ISA, selama objek yg dimaksud sama. Teman-saya memanggil saulus atau saulus dengan Culus selama yg maksud sama. Aneh-aneh aja nih artikel

    BalasHapus
  30. Sudah jelas bahwa pribadi Yesus = Isa. Hal itu sdh dijelaskan oleh beberapa komentar diatas. Anda juga bisa menanyakannya pada mbah Google, pasti jawabnya Yesus = Isa. Hal ini juga bisa anda uji tempat dan peristiwa cerita Yesus/Isa. Antara lain nama ibunya sama (Maria/Maryam); Sama2 diutus utk Bani Israel. Cerita kelahiran dan kematiannya sama. Kelihatan sekali bahwa logika penulis artikel ini payah.

    Selanjutnya aku akan mengungkapkan logika anda yg paling payah, sbb:
    Aku yg kamu pukul, mengapa utk memaafkanmu malah aku yg hrs ditusuk. Kamu yg berutang kepadaku, mengapa malah aku yg hrs membayarnya. Kamu yg berbuat dosa pd Tuhan, Mengapa Tuhan yg disalib utk menebus dosamu (kurang ajar sekali mereka ini pada Tuhan; berani2nya menyalib Tuhan).

    Pening aq dg logikamu seperti itu. Inilah Kitab karangan manusia yg logikanya ngawur. Mau mencari enaknya aja hidup didunia, bisa berbuat apa saja tanpa takut dosa. dan tdk perlu berbuat baik dan amal shaleh. Anda Kristen bisa hidup semaumu sbb katanya sdh dijamin masuk sorga.
    Tapi tunggu saja nanti, anda akan akan kecele dan kecewa. Sbb keyakinan karangan Paulus tsb tdk akan berguna. Anda akan dicampakan keneraka sebab telah melecehkan Allah dan Nabinya, dg menuhankan manusia yg tdk pantas dituhankan.

    BalasHapus
  31. nabi isa di utus untuk kembali ke aqidah nya..
    jalan yang lurus ..
    yaitu menyembah alloh sampai akhir jalan..
    bahkan alquran pun memberi tempat terindah bagi isa..
    karena dia cinta alloh swt dan umatnya juga bisa mencintai ALLAH SWT

    BalasHapus
  32. yang sangat salah adalah orang-orang yg telah menyamakan nabi ALLAH isa as dengan yesus! isa as bukanlah yesus! mereka adalah dua sosok yg berbeda! salah satu contoh diantara perbedaan-perbedaannya yaitu isa as adalah seorang hamba,sedangkan yesus adalah seseorang yg mengaku sebagai tuhan! orang-orang yg di tangannya ada AL Quran yg menyamakan,bahkan mengganti isa as dengan yesus! tidak jauh berbeda dengan orang-orang yg di tangannya ada Injil ! hanya saja yng memegang injil telah lebih dahulu mengakui nya! banyak yg beranggapan,baik itu yg memegang injil,ataupun al quran kalau isa as dan jesus adalah satu sosok yg sama! cuma berbeda nama! ini sangat lah keliru,dan memilukan! isa as dengan semua kisahnya ada di dalam satu sosok! sedangkan yesus dengan semua kisahnya pun berada di sosok yg lain pula! percaya kah anda?? kita tunggu saja !! baik isa as maupun yesus,akan sama-sama memunculkan dan mengungkapkan kebenaran yg pada masing-masing mereka.dan tentulah dngan pengakuan yg tidak sama ! silahkan menunggu,saya pun menunggu! dan cukuplah hanya Tuhan dengan segala kuasaNYA...saya yg meng Imani Zabur.Taurat,Injil dan jg Al quran,dan percaya pada satu Tuhan.yaituTuhan yg telah menciptakan Adam! Tuhannya Ibrahim,Tuhannya Musa,Tuhannya Daud dan juga Tuhannya Isa! cuma ada satu jalan keselamatan! semoga kita menempunnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim
      Syaloom,
      Anda yang mencampur adukan antara Alkitab dan Alquran adalah lebih parah lagi.
      Hati2 ini adalah salah satu ajaran buktinya akhir jaman semakin dekat.
      Semakin WASPADALAH WAHAI SAUDARA-SAUDARAKU DIDALAM TUHAN YESUS KRISTUS. WAKTU ITU SEMAKIN DEKAT.
      TUHAN YESUS MEMBERKATI KITA SEMUA.

      Hapus
  33. isa islam tidak sama dengan Yesus Kristus
    isa islam tidak berdasrkan fakta sejarah tetapi Yesus Kristus adalah historis

    BalasHapus
  34. Pada ngeyel semua. Namanya jg punya agama sendiri2, pasti belain agamanya sendiri2. Gaada selesainya cuy :v

    BalasHapus
  35. Baca ini..!! Inilah perkataan Yesus sebelum naik ke langit/sorga. Yesus berkata : kepada-Ku telah di berikan segala kuasa di bumi dan di sorga. " soo .. Jadi silahkan anda renungkan..

    BalasHapus
  36. Bagus sekali perdebatan di atas, tapi kita sebagai orang yg belum cukup ilmu mendingan tidak banyak berkomentar, alangkah baik nya lihat di youtube : debat islam dan keristen dari zakir naik, bisa langsung tulis di kolom search " dsbat islam vs keristen zakir naik " disana pertanyaan2 kalian semua ada jawaban nya. Dalam video tersebut tidak ada yg menyudutkan salah aatu agama seperti kalian di atas, tapi Zakir naik bijak, bahkan dia seorang muslim berkata, muslim yg baik harus mengimani jesus, artinya apa ? Lihat saja video nya, soal nama jesus atau isa, itu hanyalah sebuah nama, dan bukan untuk diperdebatkan.

    BalasHapus
  37. Yesus bukan isa, saya sangat setuju, alasannya:
    1. Yesus lahir dikandang domba tetapi isa lahir di bawah pohon kurma.
    2. Ibu yesus bernama maria tetapi ibu isa bernama maryam.
    3. Yesus mati dan bangkit, tetapi isa tidak mati dan terangkat ke surga.
    jadi dari ketiga hal tersebut saja sudah dapat di pastikan yesus bukanlah isa.
    Tuhan kristen dan islam pun berbeda.
    Surganya pun berbeda jadi bagaimana mungkin kalian berdebat untuk sesuatu yg berbeda???? Dalam islam keselamatan itu adalah dengan amal dan perbuatan yg baik, sementara dalam kristen keselamatan itu hanya ada dalam yesus. Jadi tidak usahlah kita berdebat, karena jalan kita berbeda, biarlah yg kudus tetap kudus, yg beriman tetap beriman, "jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan di injak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu" matius 7:6, Tuhan Yesus memberkati.

    BalasHapus
  38. Memperhatikan komentar2 di atas khususnya dari saudara kita Muslim jelas tentunya "mata hatinya" masih tertutup untuk melihat kebenaran yang sejati. Kitab Suci mengatakan: "Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya. Bahkan sampai pada hari ini, setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka. Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya." 2 Korintus 3:14-16. Penegasan berikut ini juga Dia berkata:: "Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun tidak pernah kamu lihat dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya. Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa oleh-Nya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. (Yohanes 5:37-40). Jadi sekali lagi yang ingin saya sampaikan di sini adalah untuk sampai mengerti dan menerima kebenaran yang sejati harus dimulai dari keinginan yang tulus untuk mencari/haus kebenaran yang sejati, selanjutnya datanglah kepada Pencipta, Allah Yang Maha Besar untuk menunjukkan JALAN, KEBENARAN dan HIDUP, datanglah bukan dengan logika / nalar tetapi dengan IMAN, datanglah dengan bersungguh hati bahwa Anda memang ingin mengerti yang sebenarnya, kebenaran yang sesungguhnya..maka sesuai kitab suci Dia pasti akan menyatakan diriNya: " Luk 24:45
    Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Hosea 6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.".Datang saja kepadaNya untuk memohon pengertian, maka hal-hal lain yang selama ini menjadi / menimbulkan perdebatan / perbantahan akan berguguran ketika berjumpa sendiri dengan Yang Benar, seperti Saulus berjumpa dengan Yesus Kristus ketika ia berjalan menuju damsyik dengan maksud untuk menangkap dan menganiaya Jalan Tuhan (murid2 / jemaat Tuhan / org2 yang sudah percaya kepada Kristus) baca dlm Kisah Para Rasul pasal 8, pasal 9, setiap orang yang telah berjumpa dengan Kristus Yesus Tuhan tidak akan pernah lagi sama hidupnya..."Yang lama telah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang..' (2 Kor.5:17). Apanya yang baru? Roh manusianya yang telah baru, namanya telah dilahirkan baru, yang tadinya sulit bahkan mustahil untuk mengerti dan menerima kebenaran dalam kitab suci (Alkitab) itu tidak demimian lagi, sangat mudah...haus, memiliki kerinduan untuk terus menerima dan dipenuhi oleh kebenaran2Nya..yang dulunya pembenci menjadi pengasih, penyayang bahkan rela mati mengorbankan hidupnya karena imannya dengan mantap menyatakan yang sama:"Hidup adalah Kristus, mati adalah keuntungan" (Filipi 1:21). Tetapi jika saudara-saudaraku Muslim tetap ngotot dan terus berbantahan seperti komentar2 di atas...jangan2 Anda menggenapai apa yang tertulis di 2 Korintus 4:3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah." Maaf jika saya menyatakan demikian, karena itu kebenaran...Karena tidak semua orang memang beroleh iman: 2Tes 3:2 Jadi tidak perlu saudara2ku yang sudah percaya kpd Kristus memaksa apalagi mengeluarkan kata-kata yang kasar dan tidak sopan, itu bukan ciri khas murid2 Kristus. Kita harus mencontoh dan hidup sama seperti Kristus hidup, Kisah Para Rasul 11:26, 1 Yoh 2:6. Salam damai dan kasih untuk semua...

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh...Astagfirullah....kalian ni,malu aq membacanya....sya bukanlah ahli agama,tapi saya tau ajaran yg saya anut islam.dilarang buat qta menghina ajaran orang lain.b agiku agamaku,bagimu agamamu.Rosulullah berdakwah dgn akhlak yg mulia.jgnlh bersteru untuk hal yg kurang bermanfaat,pesan q untuk kalian muslim n non muslim.pelajari lg agama kalian dgn seksama serta sejarahnya bahkan bahasa aslinya.ilmu ketuhanan itu maha luas,jgn berseteru untuk hal yg kalian sedikit bahkan tidak kalian ketahui....jgn pernah merasa sombong n merasa lebih dari kaum yg lainnya.I love islam.

    BalasHapus
  41. Nama Isa adalah perubahan yang dilakukan Muhammad dalam memperindah syair kitabnya.<<<<---- ini penalaran dari bisikan setan

    Al Quran itu firman Allah...tak mungkin Seorang Rasulullah SAW mengubah.

    Istighfar ya akhi...

    Yesus atau isa itu hanya penyebutan bahasa yg berbeda tapi di tujukan pada orang yg sama. Na'uzubillah

    BalasHapus
  42. Nama Isa adalah perubahan yang dilakukan Muhammad dalam memperindah syair kitabnya.<<<<---- ini penalaran dari bisikan setan

    Al Quran itu firman Allah...tak mungkin Seorang Rasulullah SAW mengubah.

    Istighfar ya akhi...

    Yesus atau isa itu hanya penyebutan bahasa yg berbeda tapi di tujukan pada orang yg sama. Na'uzubillah

    BalasHapus
  43. Sampai kapanpun kalau tidak tahu siapa Isa? dan siapa Yesus? Maka akan terjadi perdebatan selamanya.

    Jadi setelah Yesus bangkit sampai sekarang ini kalau mau menyebut status Yesus, maka tidak ada satupun manusia di dunia menyebutnya dengan "nabi Yesus" karena Dia sudah tidak layak lagi disebut nabi!

    Lihat penjabaran di:

    http://siapaisa.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  44. Hei penulis yang pintar tolong pikirkan juga dimana Nabi Isa AS di lahirkan, terus bahasa apa yang dipakai, terus huruf apa yang digunakan, baru bisa benar, ok. Isa AS di lahirkan di Nazaret, bahasa yang dipakai Aram (bukan Ibrani), huruf yang di pakai Syriac, Singkatnya Nabi Isa oleh orang2 sebelum jamannya di juluki "Bintang Utara" yang akan turun sebagai utusan Allah. Yang dalam huruf Syriac "Bintang Utara" di Tulis "Eesho M'sheekha" kalau di baca dalam bahasa Aram menjadi "Isa Masih", ngerti

    BalasHapus
  45. Kalau Ilmunya cetek, jangan main tulis sembarangan, kelihantan bodoh sekali

    BalasHapus
  46. sayang sekali yang bikin ni blog orangnya goblog.. kirain situs nya terpercaya ehh ternyata busukk.. bnyak pendusta yang menjelek jelek nama muhamad yang agung salah satunya kamu.. niscaya neraka jahanam sedang menantimu dan di sanalah kamu abadi..

    BalasHapus
  47. Hi, penulis taukan anda kalau hidup di surga itu juataan kali bahkan miliyaran kali lebih baik dari pada hidup di dunia ini, kalau anda udah yakin bahwa dosa anda udah ditebus dan pasti masuk surga, untuk apa anda hidup didunia ini, seharusnya anda lebih cerdas, pilih terjun dari gedung tinggi atau potong leher anda sendiri. Selamat bunuh diri semoga Paulus bersama anda

    BalasHapus
  48. Ini Penulis Gobloknya minta ampun, nggak belajar ya.
    Sudah berani menyalahkan Al Qur'an, eeh dia nyalahin Alkitabnya sendriri juga.
    Eee Goblok, baca itu Alkitab anda dengan teliti, apakah yesus mati di salib???, pahami itu, Alkitab anda saja nggak bisa anda pahami apa lagi Al Qur'an, asal bacot lho

    BalasHapus
  49. Segala puji bagi Allah Tuhan alam semesta yang maha esa (satu) ! Artinya hanya Allah satu satunya Tuhan yang patut di sembah karena hanya Dia yang dapat menciptakan seluruh alam semesta ;) #BefikirCerdas

    BalasHapus
  50. Jika tujuannya mencari "kebenaran yang sejati", akan lebih baik jika siapapun yang berpendapat ataupun mengeluarkan sebuah pernyataan disertai dengan bukti atau link yang terkait. Seperti di forum ini misalnya: http://www.sarapanpagi.org/nama-yesus-dalam-bahasa-aram-keakuratan-nama-isa-vt2214.html

    Dan mungkin perlu juga membaca dulu, apa yang ada di wikipedia:
    https://id.wikipedia.org/wiki/Yesus_(nama)

    Dan akan terlihat lebih bertanggung-jawab jika tidak menggunakan nama Anonim.

    (Semoga link-link yang saya berikan di atas masih tetap hidup setelah saya berkomentar di blog ini.)

    BalasHapus
  51. Ini ada tambahan dari Wikipedia lagi:
    https://id.wikipedia.org/wiki/Yesus

    BalasHapus

Pengikut

Artikel Populer