Rabu, 20 April 2011

Benang Merah dari Kitab Kejadian sampai Wahyu

Oleh : Charles Mengga

pada Intinya Umat muslim mempersalahkan Torat dan Injil. Kristus dan Paulus,...
Jika kita ingin memahami alkitab secara utuh,.. tariklah benang merah dari Kitab Kejadian sampai Wahyu.

saya tarik,................ :)

Pada mulanya alkitab bercerita ttg Penciptaan,. Saya sebut sebagai zaman KESUCIAN. pada Zaman ini, derajat Manusia berada pada posisi yang sama dengan Allah. "KUDUS"
Zaman kesucian berakhir pada Kejadian 3 dimana Manusia jatuh dalam Dosa dan terlempar jauh dari hadapan Allah (disini awal dari perjalanan panjang Manusia dan Alkitab).

Zaman selanjutnya disebut zaman ADAM dimana Adam menjadi terkutuk bersama seluruh keturunannya termasuk saya dan anda. zaman Adam berakhir pada petaka Air Bah dan selanjutnya masuk pada Zaman NABI NUH yang gagal pada sejarah Menara Babel.
Sesudah Nabi Nuh, Allah memanggil Seorang ABRAHAM,. disebut Zaman ABRAHAM. pada Zaman ini, janji KESELAMATAN digaungkan dan SUNAT diteguhkan sebagai TANDA PERJANJIAN bagi "ISRAEL", ISHAK diakui sebagai ANAK PERJANJIAN. Zaman ABRAHAM tercoreng dengan Petaka Sodom dan Gomora.

Berikutnya Allah memanggil seorang Keturunan Abraham yang bernama MUSA nabi besar Israel namanya disebut dimulai dari Kitab KELUARAN. pada Zaman ini Allah menyatakan HUKUM-NYa atas dosa dalam HUKUM TORAT sehingga Zaman ini disebut ZAMAN TORAT mulai dari Kitab KELUARAN sampai pada Kitab akhir Perjanjian Lama. Pada zaman TORAT ini Allah benar2 MENEGUHKAN ISRAEL sebagai Bangsa Pilihan-Nya. Segala bangsa, kaum dan suku di luar Israel adalah KEKEJIAN bagi Allah Israel. Korban Bakaran, Korban penghapusan dosa dll ditetapkan di Zaman ini. Pada zaman ini pula Israel tidak mampu menjawab Hukum TORAT, sehingga segala korban yang dipersembahkan Israel berbalik menjadi KEKEJIAN pada Allah mereka. Kasih Perjanjian-Nya dengan Abraham orang saleh itu, Allah pun ingin mengangkap kembali manusia dan menghapus segala pelanggaran2 manusia. Karya Penebusan pun dirancang, kedatangan Mesias digaungkan oleh para Nabi Israel. Mesias yang harus mati untuk MENEBUS dosa Israel,. TANPA KORBAN SEMBELIHAN tidak mungkin ada PENEBUSAN. seluruh Kitab para Nabi dan Kitab Mazmur bernubuat tentang kedatangan seorang NABI BESAR seperti MUSA sebelum kedatangan MESIAS yang digenapi dengan hadirnya YOHANES PEMBAPTIS di awal Perjanjian Baru.

Hadirnya Yohanes menutup Zaman TORAT sekalipun HUKUM TORAT masih diberlakukan (karena HUKUM TORAT tidak bisa ditiadakan sebelum semua nubuat digenapi). Masuk pada Zaman TRANSISI yang berakhir pada munculnya YESUS ALLAH yang HIDUP yang TURUN dalam rupa manusia (peristiwa pembaptisan dlm kitab Injil)
Mulailah ZAMAN INJIL yang merupakan ZAMAN penggenapan TORAT sampai pada Puncak Pengorbanan KRISTUS di Golgota. TORAT digenapi, TORAT ditiadakan (AKU datang bukan untuk meniadakan HUKUM TORAT tapi untuk menggenapinya. satu iota pun tidak akan ditiadakan sebelum semuanya digenapi kata Mesias) TORAT digenapi, tidak ada lagi korban penebusan dosa, korban bakaran dll karena Anak Domba Allah sudah disembelih sekali untuk selama-lamanya. Dosa dihapus, Torat digenapi dan ditiadakan, Zaman INJIL ditutup.

zaman Injil ditutup karena kedegilan Israel yang menolak kasih karunia Allah sehingga kasih karunia itu diberikan kepada semua orang yang terpanggil dalam nama Kristus. masuk pada Zaman KASIH KARUNIA yang dimulai pada Matius 28 "kepada-Ku telah diberikan kuasa di bumi dan di sorga, karena itu pergilah jadikan semua bangsa murid-Ku,............"

Zaman Kasih Karunia, berita penebusan disebarkan ke seluruh bangsa, kerajaan Allah datang utk pertama kalinya di muka bumi dengan lahirnya Gereja Mula2 di hari Pentakosta dalam Kitab Para Rasul (menggenapi nubuatan Mesias "di antara yang hadir disini ada yang tidak akan mati sebelum Kerajaan Allah itu datang"). Zaman Kasih Karunia berlaku terus sampai detik ini yang nanti ditutup pada Kitab Tesalonika, sangkakala ditiup, Umat pilihan dianggap Menyongsong Mesias di Udara. dan masuk pada Zaman 7 tahun sensara di Kitab Wahyu. anti kristus berkuasa penuh, iblis merongrong bumi sampai genap Firman itu. seterusnya masuk pada ZAMAN damai selama 1000 tahun, iblis ditahan utk sementara waktu, orang percaya memerintah dlm damai di bumi disebut KERAJAAN 1000 TAHUN dalam kitab wahyu. pada akhirnya Bumi dilipat, Manusia dihakimi di depan TAHTA PUTIH dalam kitab wahyu. Yang benar dan sudah ditebus oleh Kristus akan mendapat bagian di KOTA KUDUS YERUSALEM BARU dan yang tidak benar di lempar ke dalam perapian yang bernyala-nyala kekal hingga kekal. Alkitab selesai dibahas,........

"Aku Yesus telah mengutus malaikat-malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini. bagi jemaat-jemaat Aku adalah tunas yaitu Keturunan Daud Bintang Timur gilang gemilang"

AMIN,.. Terpujilah Allah dalam Kristus Yesus dan Roh Kudus Yang sudah Menebus dan Memanggil serta Menetapkan saya dalam Perjamuan Anak Domba Allah di dalam Firdaus.

2 komentar:

  1. Siapa2 yg mau nyembah Yesus maka kalian akan dimasukan kedalam surga milik Yesus lho. Ayo2 cepetan rame2 masuk kedalam surga milik Yesus ya.

    BalasHapus

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer