Kamis, 26 Januari 2012

BABI HARAM MENURUT IMAN KRISTIANI ?

            Umat Kristiani yang ada dalam dunia ini, telah mempercayai bahwa binatang babi adalah halal untuk dimakan oleh manusia. Mengapa mereka dapat berpikir seperti itu? Jawabannya, karena mereka telah membaca ayat Alkitab yang mengatakan bahwa semua makanan itu, halal. Mari kita baca dalam Kitab Markus 7:14-19, “Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: "Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah. Apa pun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya."[Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!] Sesudah Ia masuk ke sebuah rumah untuk menyingkir dari orang banyak, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya tentang arti perumpamaan itu. Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal (Alkitab Terjemahan Baru 1974 – LAI). Yang menjadi permasalahannya ialah, apakah perkataan Yesus itu dapat menjadi jaminan bahwa babi telah menjadi halal untuk dimakan oleh umat Kristiani?
            Kita semua tahu, bahwa Yesus Kristus adalah orang Kudus (Suci), Anak Allah yang Hidup dan juga Dialah Firman itu sendiri. Bahkan umat Islam pun mengakui Yesus sebagai orang yang Suci, karena quran yang mengatakannya. Walaupun dalam quran, Yesus diganti nama dengan Isa. Dan umat Islam percaya bahwa Yesus dan Isa adalah satu Pribadi. Tapi saya pribadi tidak mempercayai hal itu (Baca diartikel saya yang lama dengan judul Isa). Karena Yesus adalah Anak Allah, maka apa yang telah dikatakannya adalah benar. Muncul satu pertanyaan lagi, Apakah itu tidak bertentangan dengan Hukum Taurat?

            Mari kita baca Kitab Ulangan 14: 8 dalam berbagai Versi Terjemahan Alkitab dalam Bahasa Indonesia:

14:8 Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak. Dagingnya tak boleh dimakan, bangkainya tak boleh disentuh. (Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari – LAI 1985)

14:8 Dan lagi babi, karena sungguhpun kukunya terbelah dua, tetapi tiada ia memamah biak, maka haramlah ia kepadamu, janganlah kamu makan dagingnya dan jangan menjamah bangkainya. (Indonesia Terjemahan Lama)

14:8 Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya. (Alkitab Terjemahan Baru – 1974 Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

            Dari ketiga Terjemahan Diatas dapat kita lihat, bahwa dua diantaranya mengatakan binatang babi yang menjadi haram untuk dimakan manusia. Berarti, semua jenis babi tidak boleh dimakan, baik itu babi ternak, babi kampung dan babi hutan. Sedangkan yang satu mengatakan babi hutan saja yang haram. Umat Kristiani banyak yang berpatokan kepada terjemahan yang satu ini, yakni Alkitab yang diterjemahkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia terjemahan tahun 1974. Sehingga banyak umat Kristen yang memakan Babi ternak dan Kampung yang dianggap halal oleh firman Tuhan. Namun kita lihat lagi, bahwa pada tahun 1985 Lembaga Alkitab Indonesia telah memperbaharui kembali (Revisi) terjemahan Alkitab, mengganti Babi Hutan dengan kata Babi.
            Sesungguhnya dari kedua terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia diatas (1974 dan 1985), tidak ada yang salah. Kedua-duanya adalah benar. Sebelum anda bertambah bingung dan menyalahkan Alkitab yang terlalu banyak di revisi, mari kita selidiki Alkitab Perjanjian Lama menurut terjemahan aslinya, yakni dalam bahasa Ibrani di kitab Ulangan 14:8,

ואת־החזיר כי־מפריס פרסה הוא ולא גרה טמא הוא לכם מבשׂרם לא תאכלו ובנבלתם לא תגעו׃

Kata Babi yang ditulis dalam bahasa Ibrani, dalam hal ini yang saya telah beri tanda dengan warna biru, adalah חזיר dibaca dengan  khaz-eer'. Yang berarti dalam bahasa Inggris adalah Hog yang artinya adalah Babi. Baik itu babi hutan (Boar) maupun babi (swine). Jadi jelas sekali Alkitab mengatakan bahwa Babi adalah binatang yang tidak boleh dimakan oleh manusia (Haram). Walaupun Alkitab terjemahan LAI 1974 mengatakan hanya babi Hutan saja yang haram, namun anda bisa berpikir secara iman dan logika, firman Tuhan mengatakan bahwa binatang yang berkuku belah dan memamah biak saja yang dapat dimakan manusia. Tidak boleh Cuma satu syarat saja, hanya berkuku belah saja atau hanya memamah biak saja. Alkitab jelas mengatakan harus memenuhi kedua syarat tersebut.

FAKTA MENGATAKAN, babi Ternak dan babi kampung memang berkuku belah namun tidak memamah biak. Anda bisa melihat sendiri dari cara binatang itu makan. Sapi merupakan salah satu contoh hewan yang cara makannya Memahah Biak. Jadi, Apakah Babi mempunyai cara makan seperti itu? Anda bisa membuktikannya sendiri melalui Video, Televisi maupun datang langsung ke peternakan babi.


BAGAIMANA DENGAN PERKATAAN YESUS …

            Tuhan Yesus datang kedalam dunia sebagai penggenapan dari kitab Taurat dan para Nabi. Semuanya itu telah tergenapi dari Yesus lahir, Dewasa dan memberitakan Injil, mati, bangkit dan naik ke surga. Dalam kehidupannya ketika memberitakan Injil, Yesus telah memberikan suatu perjanjian yang baru kepada umat manusia. Perjanjian baru itu adalah Keselamatan yang kekal dalam Yesus Kristus. Keselamatan yang dahulu diberikan kepada bangsa Israel, namun mereka menolaknya dengan menyalibkan Kristus Sang Mesias (Penyelamat) diatas kayu salib. Sehingga keselamatan itu diberikan kepada bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal Allah. Dunia yang dahulu gelap, telah memperoleh terang oleh karena Yesus Kristus. Itulah sebabnya apa yang telah diajarkan Yesus, ketika Dia menginjil di wilayah Israel, dapat dipakai oleh bangsa-bangsa lain sebagai pedoman dan panutan hidup.
            Namun apa yang Yesus katakan dalam Markus 7:19 bukan berarti, kita umat Kristiani dapat sesuka kita memakan daging babi karena Yesus telah memperbolehkannya. Tuhan Yesus berkata demikian, agar kita manusia tidak menjadi umat yang robot. Yang hanya bisa menuruti perintah atau larangan Tuhan tanpa dapat berpikir. Tuhan tidak mengingini umat yang seperti itu. Dia ingin manusia mencintainya karena memang manusia sangat mencintainya. Bukan mencintai Tuhan hanya biar bisa masuk surga, atau takut kena murka Tuhan. Tetapi Tuhan ingin kita manusia mencintaiNya dengan segenap hati, segenap jiwa dan dengan segenap akal budi kita. Itu yang dinamakan dengan Kehendak Bebas.
            Berdasarkan kehendak bebas yang Tuhan berikan kepada manusia, Tuhan ingin manusia dapat berpikir tentang apa yang kita terima dalam dunia ini yang baik bagi kita atau tidak. Mari kita lihat firman Tuhan yang diberikan Yesus dalam rupa Roh Kudus yang ditulis oleh Rasul Paulus, dalam 1 Korintus 6:12, “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun. Inilah yang Tuhan mau untuk kita lakukan. Tuhan Ingin kita menyelidiki dahulu tentang apa yang mau kita makan, minum dan kita pakai dalam kehidupan kita. Dalam hal ini adalah daging babi yang oleh kebanyakan umat Kristiani dimakan sebagai pengisi perut. Apa yang Rasul Paulus katakan adalah sesuatu yang benar, yang harus kita lakukan dan kita percayai sebagai ucapan Sang Ilahi melalui Paulus. “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna” kata-kata itu yang harus kita tanamkan dalam hati dan pikiran kita sebagai umat yang mempunyai kehendak bebas dari Tuhan. Untuk dapat menyelidiki segala sesuatu, kita harus berpatokan utama kepada firman Tuhan (Taurat, Zabur, Injil) setelah itu menyelidiki dalam ilmu pengetahuan.

            Mari kita kaji tentang daging babi, binatang yang paling banyak disukai oleh mayoritas umat Kristiani. Daging babi banyak dijumpai dalam acara-acara pesta umat Kristiani. Baik pesta agama, maupun pesta rakyat yang mayoritas Kristen dan pesta lainnya:

1.      Daging Babi haram menurut firman Tuhan (Ulangan 14:8).
2.      Babi mengandung lemak yang dapat mengakibatkan penyalit kolesterol dan jantung.
3.      Daging babi mengandung cacing dan telor yang dapat merusak hati dan ginjal serta bagian dalam tubuh manusia yang memakannya. Cacing dan telur yang terdapat dalam babi tidak dapat mati walaupun telah dimasak matang (Panas 1000C). Apalagi cuma hanya di buat babi putar. Cacing-cacing ini akan mati apabila dimasak dalam suhu diatas 1000C, namun apabila anda melakukan itu, memang cacing akan mati, namun akan membuat daging babi itu menjadi racun bagi tubuh manusia. Serba salah bukan…

Namun babi juga merupakan binatang yang berguna bagi manusia. Banyak juga fungsi babi untuk dipakai manusia:

1.      Sebagai bumbu masak. Banyak sekarang bumbu masak yang menggunakan sari babi sebagai bahan bakunya.
2.      Penemuan baru, babi juga dapat digunakan sebagai bahan obat.
3.      Babi sebagai bahan kosmetik.

(ketiga info berguna tentang babi saya dapatkan dalam sebuah berita di televisi dan juga saya membaca artikel di Internet, namun saya lupa linknya. Anda bisa menemukannya di internet melalui search engine)

Binatang babi adalah binatang ciptaan Tuhan. Setiap ciptaan Tuhan pasti mempunyai fungsi. Tuhan menciptakan babi bukan asal-asalan. Kalo babi hanya binatang haram, untuk apa binatang itu diciptakan. Pasti Tuhan akan memusnahkannya. Tuhan tahu apa yang dilakukannya. Tidak Cuma babi, begitu juga dengan binatang-binatang haram lainnya. Walaupun Tuhan melarang kita untuk memakannya, tetapi pasti binatang-binatang itu  mempunyai fungsi yang lain, selain sebagai pengisi perut manusia.
            Tuhan Yesus hanya melarang kita untuk memakan daging babi dan binatang haram lainnya, namun Dia tidak melarang kita manusia untuk menggunakan alat-alat atau obat tertentu yang menggunakan sari pati babi dan binatang haram lainnya yang berguna bagi kesehatan kita.
            Jadi gunakanlah kehendak bebas kita untuk meneliti firman Tuhan. Apa yang harus kita perbuat, makan, minum dan pakai yang sesuai dengan firman Tuhan. Mintalah petunjuk Tuhan untuk dapat mengerti firmanNya. Jangan menjadi umat yang robot, tetapi jadilah umat yang cerdas yang takut akan Tuhan..

Tuhan Yesus Memberkati…

170 komentar:

  1. intinya babi haram.
    kena bangkainya juga haram.
    kalo yesus menghalalkan babi berarti yesus talah melanggar wahyu tuhan. padahal yesus datang bukan untuk menghapus taurat tapi menggenapinya.
    kontradiksi donk? mana yang harus diikuti dengan kehendak bebas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya semuanya bisa dijawab dengan injil, dengan menggunakan caracara yang selalu dilakukan yaitu revisi kembali injilnya

      Hapus
    2. injil udah kayak RUU aje di revisi mulu.. yesus lu ngantuk kali waktu bikin injil.. jadi banyak revisian...

      Hapus
    3. LOL bukan yesus yang menulis injil, tapi orang2 yang mengaku pengikutnya, itupun 600 tahun setelah yesus mati

      Hapus
    4. Bagi mereka yg tidak punya tuhan or tuhan yg tiada kuasa sahaja di larang makan babi sebeb mereka tiada perlindungan... hahahahah

      Hapus
    5. yg namanya kitab adalah firman tuhan, dan tidak bisa dirubah oleh siapapun

      Hapus
    6. apabila ada yg mengubah isi firman tuhan, maka sesungguhnya mereka telah mendustakan-Nya

      Hapus
    7. Umat kristen kan orang bodoh kawan...
      Mereka ngga pakai otak,karena kebanyakan dari mrka kblinggar klw kita nanya. Utk menutpi kebdhannya, mrka sllu bilang umat islam ngga punya iman.lucu kan??? Contohnya tgl klhira yesus. Apa ada dalam alkitab. Tgl klhiran ysusu??? Trus tahu dri man mrka, oooo gue tahu itu kan karang2nya orang romawi dulu. Trus agama org romawi dudlu apa??? Ooo penyembah dewa berhala. Hahahhahaa
      Selamat atas kebodohan org kristen, syukur kali aq lahir dulu dgn agama yg sempurna ini. Amin

      Hapus
    8. Mas Randy.... berargumenlah yang baik, pemahaman mereka dengan kita memang berbeda, tapi demi kerukunan beragama jangan lah kita saling menghina dan membodohi. Adu argumen sah sah saja dengan keyakinan masing2, dan jadikan ini sebuah pelajaran untuk kita memahami keyakinan orang lain mas.... saya juga bingung sebenernya kenapa yang dijelaskan haram di Taurat/Perjanjian Lama bisa berubah menjadi Halal di Injil/Perjanjian Baru??

      Hapus
    9. Randi dan Bambang memang hari kelahiran Tuhan Yesus tdk ada tanggalnya kita hya melihat dari tanda tanda yg dikatakan alkitab saat Yesus lahir adalh pada iklim yg sama pada saat bulan Desember.Tetapi waktu kelahiran yang Yesus tepat kita tahu yaitu semenjak tgl satu Masehi dimulai dengan tahun yg kamu ikuti sekarang.Boleh menghina Yesus tapi secara tidak langsung kamu mengikuti ajaran Yesus buktinya kekuatan otakmu dan Allah mu tdk bisa menahan kau mengikuti Tuhan Yesus.

      Hapus
    10. Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: "Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah. Apa pun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya."[Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!] Sesudah Ia masuk ke sebuah rumah untuk menyingkir dari orang banyak, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya tentang arti perumpamaan itu. Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal

      Hapus
    11. Sesungguhnya Yesus tdk pernah membuat injil ,krn injil itulah Yesus. Yesus=injil=kabar sukacita, berita keselamatan

      Hapus
    12. Yg intinya bro kitab suci semua buatan Manusia Pasti ada yang salah artikan,toh buktinya tulisan Kitab suci dari tinta semua, Sekarang ini Banyak yg membedakan ujung"x jadi abu semua, jalanilh hidup msing" dari pd banyak argumen berbeda mending luangkan waktu buat bantu saudara" kita yang di panti asuhan dll yg membutuhkan.

      Hapus
  2. bandingkan dengan " Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut dan di buang di jamban ? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.Tetapi makan dengan tangan yang tidak di basuh tidak menajiskan orang ".
    (Matius 15:15-20)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di gereja saya dalam Matius 15:15- 20 itu, memang semua makanan adalah halal, maka dari itu tidak menajiskan karena tidak ada roh najis didalamnya, tetapi yang haram tetaplah haram, karena didalam binatang haram ada roh najis yang jika masuk kedalam tubuh roh najis itu yang menajiskan dia, tetapi binatang itu terbuang ke jamban jadi intinya roh najis dalam binatang itu sendirilah yang menajiskan kita

      Hapus
    2. Yesus memang menghargai hukum taurat tapi pernah dikatakan Yesus melanggar hukum taurat karna Yesus tau kalau ada yang lebih penting dari hukum taurat

      Hapus
    3. ??? kapan Yesus melanggar hukum taurat??? saya tidak pernah membaca satupun ayat alkitab yang menjeleskan kalau Yesus pernah melanggar hukum taurat

      Hapus
  3. hahaha... yang mengatakan Ayat Alkitab kontradiksi berarti dia orang yang tidak membaca Alkitab. ato hanya dengar dari kiai ato ustad aja kl Alkitab itu kontra. makanya baca Alkitab dengan Benar.

    Taurat diberikan Tuhan kepada manusia sampai yang sempurna itu datang. dan yang sempurna telah datang dalam Yesus Kristus. semua bukti ada dalam Alkitab. jelas dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lbih bnyak belajar
      Lengkapi kitab2 injil untukmu dan fahami maknanya
      Lebih baik cari tau sendiri biar dapat hidayah
      Kalo belajar dari guru atau pendeta kasihan dibohongi terus dengan bahasa dan jawaban yang membingungan bagimu dan baginya sendiri

      Hapus
    2. binramelan kazanmurawi2 Desember 2015 pukul 15.26

      KONTRADIKSI PERJANJIAN BARU.

      Silsilah Yesus dalam Alkitab bisa dilihat di dua kitab Injil yaitu Injil Matius 1:1-17 dan Injil Lukas 3:23-38. Sementara Injil Markus dan Injil Yohanes diam seribu bahasa tak tahu-menahu tentang silsilah Yesus.

      109. Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?

      a. Anak Hezron adalahArni (Lukas 3:33).
      b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1:3).

      110. Siapakah kakek Yesus?

      a. Yakub (Matius 1:6).
      b. Eli (Lukas 3:31).

      111. Siapakah anak Daud yang menurunkan Yesus?

      a. Salomo (Matius 1:6).
      b. Natan (Lukas 3:31).

      112. Yesus memasuki Yerusalem naik apa?

      a. Seekor keledai (Markus 11:7; Lukas 19:35).
      b. Seekor keledai betina dan seekor anak keledai (Matius 21:7).

      113. Ketika Yesus bertemu Yairus, apakah anak perempuan Yairus sudah mati?

      a. Ya! Sudah mati! (Matius 9:18).
      b. Belum mati! Masih sakit dan hampir! (Markus 5:23).

      114. Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?

      a. Dua orang buta (Matius 20:29-30).
      b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10:46).

      115. Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan?

      a. Di Gedara (Matius 8:28).
      b. Di Gerasa (Markus 5:1-2).

      116. Berapa jumlah orang kerasukan setan yang ditemui Yesus?

      a. Ada 2 orang (Matius 8:28).
      b. Hanya 1 orang saja (Markus 5:1-2).

      117. Apa yang diucapkan Yudas di hadapan Yesus?

      a. Salam Rabi (Matius 26:49).
      b. Rabi (Markus 14:45).
      c. Yudas tidak mengucapkan apa-apa/diam (Lukas 22:47).

      118. Ketika Yesus berjalan di atas air, bagaimana respons para muridnya?

      a. Mereka menyembah Yesus (Matius 14:33).
      b. Mereka tercengang dan bingung (Markus 6:51-52).

      119. Jam berapa Yesus disalibkan?

      a. Jam sembilan (Markus 15:25).
      b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19:14).

      120. Yesus membawa damai dan keselematan atau onar?

      a. Yesus menyelamatkan dunia (Matius 5:9; Yohanes 3:17; 10:34-36).
      b. Yesus membawa onar, pedang dan kekacauan keluarga (Matius 10:34-36).

      121. Apa hukumnya bersunat?

      a. Sunat itu wajib (Kejadian 17:10-14; 21:4). Yesus tidak membatalkan sunat (Matius 5:17-20; Lukas 2:21). Yesus juga disunat (Lukas 2:21). Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul 15:1-2).
      b. Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5:6; 1 Korintus 7:18-19).

      122. Bolehkah makan babi?

      a. Babi haram dimakan (Ulangan 14:8; Imamat 11:7; Yesaya 66:17).
      b. Kata Paulus, semua daging binatang halal dimakan, tidak ada yang haram (I Korintus 4:4-5; 6:12; 10:25; Kolose 2:16, Roma 14:17).

      123. Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga?

      a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pernah naik ke sorga (Yohanes 3:13).
      b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5:24; II Raja-raja 2:11).

      124. Siapa orang yang mula-mula bertemu dengan Yesus setelah dugaan kematian dan kebangkitannya?

      a. Kefas (1 Korintus 15:5).
      b. Maria Magdalena, ia tahu bahwa itu adalah Yesus (Markus 16:9).
      c. Maria Magdalena dan Maria yang lain (Matius 28:9).
      d. Kleopas dan yang lain (Lukas 24:15).
      e. Maria Magdalena, ia tidak tahu bahwa itu adalah Yesus (Yohanes 20:14).

      125. Apakah Yesus anak Daud?

      Hapus
    3. Isa / Yesus adalah firman Allah.

      Hapus
    4. Thanks guys jawaban yang saya cari cari telah terjawab , semoga saya tidak ragu saat bertemu dengan penginjil dan saya tetap pada keyakinan Islam saya

      Hapus
  4. Umat kristen memang "hebat" bisa dengan seenaknya mengubah-ubah firman Tuhan yang gak sesuai dengan selera mereka!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya ya..kalau menurut mereka menyulitkan untuk diterapkan maka mari kita revisi, masih sulit juga, revisi lagi, maknyuss..:-)

      Hapus
    2. bukan hanya Undang-Undang saja yang bisa direvisi, Injil juga bisa karna salah muluhhh hahahahahaha. FIRMAN DARI MANUSIA MANA TUH

      Hapus
    3. Hahah iya yah aneh, kata umat al kitabkan firman Yesus,tapi kok sering direvisi yah, masa iya ada kesalahan dgn firman Tuhan, Tuhan kan maha segalanya.. disitu yg bingungin sm nih agama,sampai sekarang ga ada jawaban nya diteken bulat bulat sm umatnya😂

      Hapus
    4. Masalahx al quran itu sopo yg tulis? Org yg buta huruf ka, yg ngaur katanya bisa membelah bulan? Hahahaha ngakak coeg, onta selalu mengatakan bahwa injil itu selalu d revisi, bwahahahaha injil sdh lahir jauh lbh tua drpd onta2an, injil sdh jls penggenapan kitab taurat dan para nabi,surga Adalah kerajaan Allah bukan tempat mesum dgn 72 bidadari bwahahahaha ohhhh crooooottttt dlu ah dgn si bibib iciek..

      Hapus
    5. Islam GOBLOK,penyembah karpet.udh sana solat Aja cium karpet udh may magrib,Islam
      -perokok
      -pecandu
      ISLAM KONTOL!!fan kui

      Hapus
    6. Kata Yesus babi haram.
      Kata Paulus semua daging binatang halal. Bnyak perbedaan antara Yesus dan Paulus, jd mau ngikutin siapa?
      Kenapa pendapat Paulus banyak bertentangan dgn Yesus?
      Siapakah Paulus itu?
      Apakah Paulus punya kepentingan politik untuk menyebarkan agama atau memperluas pengaruhnya atau kekuasaannya, dengan menghalalkan babi dan tidak mewajibkan sunat? Mungkin Paulus adalah orang baik, dan keputusannya itu adalah bentuk toleransi untuk mempercepat penyebaran agama, tp sayang sekali Paulus tidak bisa menarik kata katanya kembali, dan keputusannya menjadikan fatwa yg menyesatkan banyak orang dan terus meluas.
      Kita itu mahluk berakal, hanya hati nurani yg bisa membedakan kebenaran dan kesesatan, salah jika langsung percaya kepada pendapat orang lain, atau buku suci. Dapatkan banyak informasi, berfikir bijak gunakan hati nurani yg bersih, maka cahaya kebenaran akan terlihat walau setitik. Dan kita sadar bahwa kebohongan para pemimpin agama itu mudah menjadi viral (hoax), dan sementara cahaya kebenaran itu tersembunyi, rahasia, terhalangi hoax dan senaja di halangi.
      Jadilah orang berakal yg cerdas, karena caci maki, kebecian adalah ciri orang radikal dan tidak berakal.

      Hapus
  5. Pusing gw baca argumentasi di atas, klo mmg kehendak bebas, ya udah gak perlu lg ada argumentasi, ikutin aja ama Lo sebagai pengikut Yesus ala konsili Nicea yg mengkafirkan Arianisme.
    Gw pernah diskusi ma org kyk Lo, hidayah itu memang milik Alloh subhanahu wa ta'ala, jadi ya silahkan Lo jalanin, toh nanti klo mati jg Lo tau kebenarannya.

    BalasHapus
  6. Bacaan Mrk 7:1-8, 14-15,21-23
    7:1 Pada suatu kali serombongan orang Farisi dan beberapa ahli Taurat dari Yerusalem datang menemui Yesus.
    7:2 Mereka melihat, bahwa beberapa orang murid-Nya makan dengan tangan najis, yaitu dengan tangan yang tidak dibasuh.
    7:3 Sebab orang-orang Farisi seperti orang-orang Yahudi lainnya tidak makan kalau tidak melakukan pembasuhan tangan lebih dulu, karena mereka berpegang pada adat istiadat nenek moyang mereka;
    7:4 dan kalau pulang dari pasar mereka juga tidak makan kalau tidak lebih dahulu membersihkan dirinya. Banyak warisan lain lagi yang mereka pegang, umpamanya hal mencuci cawan, kendi dan perkakas-perkakas tembaga.
    7:5 Karena itu orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat itu bertanya kepada-Nya: “Mengapa murid-murid-Mu tidak hidup menurut adat istiadat nenek moyang kita, tetapi makan dengan tangan najis?”
    7:6 Jawab-Nya kepada mereka: /”Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang-orang munafik! Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.
    7:7 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.
    7:8 Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia.”
    7:14 Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: /”Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah.
    7:15 Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya.”
    7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,
    7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan.
    7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”

    BalasHapus
  7. ya ini makanya firman disampaikan dalam perumpamaan agar kita terus belajar tanpa henti "thats mean" kita selalu dekat dengan firman tuhan ni jawaban anak tk ni
    masak lu pada ga tahu mungkin iman lo pade debil alias terbelakang

    nothing ever last for ever "tuhan" telah mati "nabi akhir jaman" telah mati juga dimakan cacing(harusnya dikremasi nih)

    BalasHapus
  8. Ingat : TUHAN MENCIPTAKAN SEGALA SESUATU BAIK ADANYA….jangan ngurusin BABI haram ato ngga, Yang haram : pembunuhan, pencurian, poligami, poliandri, zinah dll. ITU YANG PENTING !!!!! Kok tambah BABI yang dibahas…Ini manusia cupet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poligami tidak haram, poliandri yg haram

      Hapus
    2. Dalam perjanjian baru tidak pernah Tuhan Yesus mengHALALkan BABI yang dikatakan ialah "bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang" artinya adalah "makanan" sedangkan babi atau daging babi itu bukanlah makanan. Jadi TIDAK ADA perubahan perintah Allah dari JANGAN MAKAN BABI menjadi MAKAN BABI BOLEH. Kalaupun ada orang yang makan babi itu hanya karena mereka tidak mengerti, jika mereka sudah mengerti tidak akan mau lagi memakannya. Lagipula banyak makanan yang lebih enak dari babi.

      Hapus
    3. Sesama kristen aja bingun...
      Yg 1 halal..
      Yg 1 lg haram..
      Kami dari zaman ibrahim umat muslim HARAM makan babi

      Hapus
  9. Jadi yg bener halal apa haram niiiihh??? Bingung dehh ma alkitab, ada ayat yg ngeharamin, tapi malah banyak yg doyan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu makanya, Alkitab harus d pelajari. artikel d atas jelas kok. kamu aja yg bebal...

      Hapus
    2. Ya ampun, ini yang punya blog kasar banget ngebalesnya. Sudah ngerasa hebat mas?? Sudah ngerasa benar?? Ingat mas diatas langit masih ada langit ilmu yang kamu miliki sekarang gak ngebuat kamu lebih hebat dari yang lain. Alkitab itu bukan sesuatu yang simple, itu sudah di buat ribuan tahun yang lalu. N ngebuat nya juga gk asal. Kamu dapat info diatas paling juga browsing sana sini dlm bbrp menit. Emang source kamu sudah benar? Bukti2 diatas sudah kuat?

      Hapus
    3. Kalo kalian pingin tau bingit coba buka di you tube detik" dr zakir naik menantang pendeta.. ada pembahasan tentang makan babi haram atau halal buat anda yg uda makan.. cuma saran...

      Hapus
  10. Jika Yesus sdh bilang tidak ada yg haram, ya memang tidak haram. Yg sudah halal jgn diharamkan. Lagian babi enak lho, haram kalo cuma makan sedikit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya umat kristiani advent percaya bahwa babi haram walaupun banyak orang menyatakan itu enak,emang dosa apa yang ga enak ciahahaha...???klo babi enak ya betul orang makan bai itu dosa,berdasarkan alkitab udah jelas babi haram tapi masih banyak pendeta abal abal yang ngotot mengatakan babi halal..mukin dia laper....

      Hapus
    2. Salam dari GEREJA ADVENT JEMAAT NGABANG KALBAR.

      Rekan2...tidak semua orang kristen menganggap babi HALAL.
      KAMI MENG IMAN I BAHWA BABI TETAPLAH HARAM.
      rekan2 kristen lain mungkin salah pengertian tentang bbrp ayat Alkitab. Terutama tulisan Rasul Paulus.
      Bila kita baca lengkap, dan sesuai konteks, latar belakang ayat tersebut pasti berkaitan 1 dengan yg lain. Yesus dan Rasul 1 suara berkaitan haram dan halal. Tidak ada kontradiksi.

      BABI ITU HARAM

      Hapus
  11. Umat si encus sukanya ngeles dan selalu cari sela utk kesenangan sendiri walau itu pesan dari tuhannya...capee deeh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajaran anda udh bner... Coba lu buka diyoutube videonya David wood... klo onta sm kelinci itu haram tp Muhammad makan jg... HOW???

      Hapus
  12. jadi intinya apa nih? Yesus beda pendapat sama TuhanNya?

    BalasHapus
  13. Grek, dlm Markus 7:14-19 itu yesus memanggil umatnya dan ngomong kayak gitu dalam konteks membahas apa dan situasi yg bagaimana? Trus mengapa kok langsung dihubungkan dengan halalnya daging babi bagi umat nasrani???...

    BalasHapus
  14. Salam, menurut saya , anda tidak mengerti apa-apa tentang topik yang anda tulis.Anda tsalah menafsirkan kata-kata Tuhan Yesus tentang hal yang najis maupun tidak najis.Penjelasan anda menyesatkan,apa yang anda cari melalui tulisan itu ?

    BalasHapus
  15. Orang yg menulis artikel diatas juga najis sama dengan yesus n babi.......

    BalasHapus
  16. Hidup Dalam Dua Dunia

    Diterangi oleh Surat Barnabas saya masuk dalam permenungan berdasarkan kepada IMAMAT 11:2-8,

    11:2 "Katakanlah kepada orang Israel, begini: Inilah binatang-binatang yang boleh kamu makan dari segala binatang berkaki empat yang ada di atas bumi:
    11:3 setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan.
    11:4 Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
    11:5 Juga pelanduk, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu.
    11:6 Juga kelinci, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu.
    11:7 Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu.
    11:8 Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu.

    Saya ingin mengajak Anda tidak berhenti kepada apa yang tersurat tetapi melangkah lebih jauh ke yang tersirat.

    Pikiran adalah tumpuan kesadaran hidup seorang manusia. Kaki, secara phisik adalah tumpuan dalam berdiri dan berjalan dan beraktifitas. Dalam ayat-ayat tersebut, kaki belah bermakna kesadaran akan keberadaan diri pribadi sebagai yang sedang berada di dalam dua dunia, yaitu dunia phisik dan dunia spiritual. Ya, seorang manusia perlu menyadari bahwa dirinya bukan hanya mahluk phisik tetapi juga mahluk spritual. Sebagai pembanding, kaki tunggal mengibaratkan mereka yang melihat adanya satu dunia saja, entah yang duniawi saja atau yang rohani saja.

    Memamah biak, adalah mencerna kembali apa yang masuk atau apa yang telah diterima. Ini bisa diibaratkan dengan mereka yang merenungkan kembali setiap pengajaran hidup yang diterima.

    Yang berkaki belah dan memamah biak, contoh: binatang sapi, bermakna sebagai mereka yang sadar akan realitas hidup phisik maupun spiritual. Mereka ini menerima pengajaran hidup yang masuk dan merenungkannya berulang-ulang menggunakan akal-budi, kemudian menyelaraskan sikap dan tindakannya berdasar kepada hasil permenungannya. Mereka menghargai baik yang phisik maupun yang spiritual.

    Yang berkaki belah dan tidak memamah biak, contoh: binatang babi, bermakna sebagai mereka yang sadar akan realitas hidup phisik maupun spiritual, namun senantiasa sembrono dalam menerima pengajaran, menelan semua apa adanya dan tidak pernah merenungkannya, mereka ini tidak mempunyai filter dan bisa diumpamakan sebagai menelan mentah-mentah apa yang baik menurut kata orang.

    Yang berkaki tunggal dan memamah biak, contoh: binatang kuda, bermakna sebagai mereka yang hanya mau melihat kepada satu keberadaan saja, entah yang phisik saja entah yang spiritual saja. Mereka yang hanya mau melihat kepada yang fisik, menerima pengajaran hidup dan merenungkannya dengan tujuan untuk bagaimana bisa semakin menambah kenikmatan hidupnya. Mereka yang hanya mau melihat kepada yang spiritual, menerima pengajaran hidup dan merenungkannya, dan menjadi fanatik buta akan spiritualitasnya.

    Saya tidak ingin memberikan kesimpulan dari permenungan saya, saya hanya ingin memberikan pengantar permenungan dan Anda akan merenung lebih jauh dan mengambil kesimpulan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Pius, saya kagum dengan paparan anda, cukup mampu menembus lebih jauh Substansi dari maksud ayat-ayat tersebut!

      Hapus
    2. Hewan pemamah biak (Ordo Artiodactyla atau HEWAN BERKUKU GENAP, terutama dari subordo Ruminantia) adalah sekumpulan hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang mencerna makanannya dalam dua langkah: pertama dengan menelan bahan mentah, kemudian mengeluarkan makanan yang sudah setengah dicerna dari perutnya dan mengunyahnya lagi. Lambung hewan-hewan ini tidak hanya memiliki satu ruang (monogastrik) tetapi lebih dari satu ruang (poligastrik, harafiah: berperut banyak).

      Eh, Matius 11:3 sudah menegaskan pengertian setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan.

      Dari pengertiannya aja sudah jelas. Kenapa bisa diartikan macam-macam? Dan apa hubungannya larangan makan dengan hati seseorang?

      Anda katakan bahwa, anda harus hidup di dua dunia (fisik dan spiritual). Maaf, hal yang pertama kali terlintas di dalam benak saya ketika membaca hidup di dua dunia adalah Amphibia. Tidak akan ada yang mau membela pernyataan anda ini. Bahkan tidak dari kaum Gereja sendiri. Anda sudah mempermalukan umat anda sendiri dengan cara menghubungkan antara dunia spiritual dan larangan makan.

      Pernyataan anda ini seperti:
      Saya katakan bahwa 1+1=2,
      lalu anda berkata setelah saya renungkan 1+1=3.
      Karena 1 laki-laki,
      ditambah 1 perempuan
      akan menghasilkan 3 orang
      setelah 9 bulan kemudian.

      Mencoba mencari-cari pembenaran, bukan kebenaran.

      Hapus
    3. Matius 11 : 3 versi apa tuh gan ? Karangan sendiri

      Hapus
  17. Saya Mantan Kristen

    Kristen harus mengingat bahwa Yesus pernah berkata:
    Matius 5:17 Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

    Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh, elu sdh tahu d genapi, orak jgn dangkal dlm menafsirkan lah.buahahahaa

      Hapus
  18. kalo memang yang orang muslim imani bahwa tidak makan babi karena mengharamkan memakan babi jalankan imanmu itu tanpa harus menghakimi dan menghina orang yang memakan babi karena yang memakan babi dan tidak memakan babi/ mengharamkan babi tetap mengucapkan syukur kepada ALLAH sebab nanti kita semua (muslim dan nasrani) akan menghadap pengadilan dan penghakiman terakhir yaitu pengadilan ALLAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih tepatnya mengingatkan. Karena babi itu lebih banyak keburukannya daripada manfaatnya. Jadi org muslim bermaksud mengingatkan untuk lebih cerdas dalam memilih sesuatu yg akan dimasukkan dlm tubuh qta untuk hidup yg sehat dan berkah.

      Kalo bersyukur itu wajib. Cz kalo suatu umat tdk bersyukur pd tuhannya itu berarti umat yg sombong (siapapun tuhanmu. Bkn muslim ato nasraji aja).

      Pengadilan terakhir itu pasti krn segala yg hidup harus mempertanggung jawabkan segala amal & perbuatannya semasa hidup di hadapan sang pencipta. #LOVEALLAHSWT

      Hapus
    2. Anonim babi bnyk keburukan? Justru keburukan yg paling parah adalah surga di jadikan tempat mesum oleh 72 bidadari, knp ba begitu? Karna nabi yg buta huruf itu suka ngesot , bwahahahhaa

      Hapus
  19. "Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali"

    JELAS BANGET ITU KALIMAT NABI ISA ' SESUNGGUHNYA AKU INI HAMBA ALLAH......... DAN DIA MENJADIKAN AKU SEORANG NABI"

    menjadikan seorang nabi pak.... bukan menjadikan seorang TUHAN
    BalasHapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. BENER BANGET BROOO, KRISTEN EMANG BUTA HATI.. LIHAT SAJA NANTI KALO UDAH KIAMAT SEMUA ORANG DIPERTANGGUNG JAWABKAN AMALNYA, TUHAN YG PALING BENAR ADALAH ALLAH SWT!!!!

      Hapus
    2. Kristen mengakui bahwa Allah itu ada. Tapi tidak akan pernah mengakui Muhamad karena memang gak ada di sebut2 dalam Alkitab. Bahkan sosok yang mirip dengan muhamad pun gak ada. Tapi dalam Islam, Isa (Yesus) benar benar ada dan di akui bahkan ditinggikan posisi nya. See the connection now? Kristen gak akan pernah bisa mengakui Islam karena nabi muhamad

      Hapus
    3. Assalamualaikum, alhamdulillah saya seorang muslim, mbak Gina Wink, itu memang Hak kamu untuk berkomentar, dan itu Hak kamu untuk tidak Percaya,

      Namun,
      apakah Pantas Kitab Suci didalamnya banyak Perselisihan?
      apakah Pantas Kitab Suci diubah2 isinya?
      Saya mengaku Percaya Akan adanya Nabi ISA Alaihisalam, beserta injil yang dibawanya yg bukan hasil Campur tangan Manusia yang dengan Se-ENAKNYA Merubah2 INJIL Sesuai kebutuhan. dan ingat, ISA adalah Nabi, Bukan Tuhan.

      Hapus
    4. Gina Wink,,,jelas kamu ga bakalan percaya kan kamu gak baca di injil barnabas...dikatakan akan datang utusan Alloh...di singgung kata AHMAD...sesudah Isa....

      Hapus
    5. Ada yg lebih ga nyambung bro, kata Kristen Tuhannya itu 1 cmn Yesus, tapi dia bapa/Allah (ayah Yesus), bunda Maria juga, dan mempercayai hukum trinitas. Tapi dia bilang 1. Hal ini tidak nyambung kan

      Hapus
  20. KAsiha..wahai.. umat kristiani..jngn jadi korban pembodohan dan kebohongan paulus..berfikirlah karena kalian telah diberikan kelebihan dari pada mahluk lainn berupa fikiran gunakn kemuliaan itu untuk memuliakan diri kaliaan sendiri...

    biarkan saja paulus meyesal sendir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah elu yg harusx menyesal, di surga itu bkn tempat mesum, Allah bukan gigolo 72 bidadari utk memuaskam nafsumu doang, di bohongi muhamad sih yg tukang ngent*t 😂

      Hapus
  21. Disini aku tdk membahas halal atau haram babi. Sbb debatnya tdk akan pernah selesai karena keyakinan yg berbeda. Namun akan mengungkapkan fakta ilmiah tentang daging babi:

    1. Kantong urine (urine = air seni) babi sering bocor sehingga urine babi akan selalu merembes ke dagingnya.
    2. Kadar asam urat (uric acid) yang terdapat di daging babi sangat tinggi. Pada babi, 98% asam urat tertahan di tubuhnya, hanya 2 % saja yang disekresikan. Sedangkan pada manusia, 98%nya dikeluarkan lewat urine, sisanya disimpan/dipecah lewat sistem metabolisme tubuh. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya fakta ini.
    3. Kemiripan DNA antara babi dengan manusia.
    4. Daging babi mengandung parasit/cacing yg bernama Taenia solium: jika larva cacing menempel pada jaringan otak (medula spinalis) karena dapat menyebabkan epilepsi, meningo-ensefalitis dan hidrosefalus internus.
    5. Masih byk jenis parasit/cacing lain yg berbahaya yg ada di organ tubuh babi, seperti: Cacing Trichinia Spiralis, Cacing Schistosoma Japonicus, Cacing Ascaris, Cacing Anklestoma, · Fasciolepsis Buski, · Calornorchis Sinensis, Cacing Paragonimus dll.
    6. Babi mempunyai sifat tamak dan jorok.

    Dan masih byk lagi kejelekan babi. Anda juga dapat membacanya lbh jelas diwebsite berikut:

    http://www.formmit.org/faktailmiahbabidandagingbabi
    http://ratualit.blogspot.com/2008/07/bahaya-daging-babi-bagi-kesehatan.html

    BalasHapus
  22. Kristen memiliki sifat merdeka dan yg bikin merdeka ilmuwan yesus yakni lepas dr semua tuntutan kitab hukum taurat dmn sifat dr hukum allah ialah kekal artinya seseorang berhenti dr semua tuntutan hukum jk dia uda mati tdk perlu mengerjakan apa apa. Mk konsekuensi logis bagi kristen yg secara sadar tdk sudi menjalankan hukum taurat dia hrs mati dg perlambang dibaptis dan kristen memilih "iman kpd injil hsl pembuktian ilmuwan yesus/anak allah".
    Sesungguhnya injil itu solusi allah dlm menyelamatkan ketidak berdayaan manusia dlm melaksanakan taurat, jd yg dicela yesus adalah manusianya bukan firman tauratnya oleh krn itu yesus mengajak manusia percaya injil hsl karyanya dmn seluruh ucapan ajarannya yesus peragakan sbg bukti tentang ucapannya sb jika ucapan yesus salah/dusta mk konsekuensinya yesus tdk berhasil menetap di sorga. Dan sbg bukti eksistensinya bw yesus menetap di sorga mk yesus mengutus roh kudus/roh kebenaran, sb hanya orang hidup dan berkuasa saja yg punya kuasa mengutus dr sorga.
    Jadi jangan spt islam yg menggugurkan iman kristen ttp tdk mampu memberi solusi dan pembuktian secara ilmiah, islam curang. Sb tujuan esensi beragama yesus buktikan setelah mati jadi mayat yesus menerima hidup lagi dan dibangkitkan allah guna menetap dlm keabadian dan kemuliaan di sorga.
    Anda menyangkal sy siap menguraikan!

    BalasHapus
  23. Sesembahan islam berbedda dengan Kristen sehingga dengan demikian konsep halal dan haram berbeda antara islam dengan Kristen

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang islam menyembah batu hitam
      yang kristen menyembah kayu

      Hapus
    2. Anonim bicaranya ga punya komitmen.. maef ya.. islam menyembah tuhannya bukan batu... penjelasan itu walaupun banyak tapi satu tujuan.. jangan berubah. Klo kamu menyalahkan pendeta yg berbohong pada umat kristiani kamu lebih buruk dri pendeta itu sendiri.. islam mengimani suatu yg gaib yg di percaya i.. bukan batu hitam (hajar aswad) untuk umat kristiani imani dan pelajari injil atau alkitab kalian lebih baik. Jangan berargumentasi tapi pahami maksudnya.

      Hapus
  24. quoted from article:
    "Tuhan Yesus hanya melarang kita untuk memakan daging babi dan binatang haram lainnya,"

    Ini adalah penafsiran yang kurang tepat dari imamat 11. Kitab vayikra atau kitab ketiga dari pentateuch memberikan hukum sipil yahudi yg membedakan bangsa israel dari bangsa2 sekitarnya. Sistem pembedaan ini adalah penandaan suatu covenant atau perjanjian seperti salah satunya hukum sunat atau sirkumsisi.
    Terlebih jelas keterangan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, cukup jelas dari kisah para rasul 10 ayat 13 "Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!"
    Untuk konteks lebih jelasnya, saya menyarankan kisras 10:9-16.

    Tentu saja alkitab tidak memberikan begitu saja ijin untuk menyembelih dan memakan binatang sembarangan. Misalkan pada amsal salomo 12:10 Orang benar memperhatikan hidup HEWANnya, tetapi belas kasihan orang fasik itu kejam."

    Sebelum menuliskan suatu article hendaknya mendalami lebih dahulu atau mencari bahan tulisan2 yg pernah dipublikasikan, agar tidak terjebak pada legalitas agama (legalitarian).

    BalasHapus
  25. Memang babi tidak baik utk kesehatan, tetapi tidak berdosa utk memakannya

    KESELAMATAN SESEORANG, BISA MASUK SURGA ATAU TIDAK NYA, TIDAKLAH TERGANTUNG KPD MAKANAN, MELAINKAN TERGANTUNG IMAN MEREKA APAKAH PERCAYA KPD YESUS , SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT ATAU TIDAK !
    -Dalam Kis 10:15 dan 11: 9 ….. ada suara terdengar dari surga berkata : ” Apa yang DINYATAKAN HALAL oleh ALLAH, TIDAK BOLEH ENGKAU NYATAKAN HARAM ”

    -Dalam Mat 15: 11 Yesus berkata : ”….BUKAN APA YANG MASUK KEDALAM MULUT YANG MENAJISKAN ORANG , MELAINKAN YANG KELUAR DARI MULUT, ITULAH YANG MENAJISKAN ORANG

    Mrk 7:15 Apapun dari luar, YANG MASUK ke dalam seseorang, TIDAK DAPAT MENAJISKANNYA, tetapi apa YANG KELUAR DARI SESEORANG, ITULAH YANG MENAJISKANNYA."

    Mrk 7:18 Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga TIDAK DAPAT MEMAHAMINYA? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang TIDAK DAPAT MENAJISKANNYA, karena BUKAN MASUK KE DALAM HATI tetapi ke dalam perutnya, LALU DIBUANG di jamban?" Dengan demikian IA MENYATAKAN SEMUA MAKANAN HALAL.

    1Kor 8:8 "Makanan tidak membawa kita lebih dekat kepada Allah. Kita tidak rugi apa-apa, kalau tidak kita makan dan kita tidak untung apa-apa, kalau kita makan."

    -Dalam I Tim 4: 4-5 ”Karena semua yang diciptakan ALLAH itu baik dan suatupun TIDAK ADA YANG HARAM, JIKA DITERIMA DENGAN UCAPAN SYUKUR, sebab semuanya itu DIKUDUSKAN OLEH FIRMAN ALLAH dan OLEH DOA “”

    Menurut Luk 16:16 “Hukum Taurat (aturan2nya) dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes (pembaptis )”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi makan makanan hasil korupsi, merampok atau membegal, mencuri, menipu dll dalam kristen tidak haram ya??? Karna apa yang masuk melalui mulut tidak bisa menajiskan....

      Hapus
    2. Maksudnya broo... Smua yg masuk itu halal, dikeluarkan dr perut haram....
      Jd klo lu makan anjing, kucing, babi, tikus, ular, racun sianida :v, atau sekalian bapa ibu adeknya di kanibal.... HALAL
      YG haram itu cuma tai/kotoron (bagi umat paulaus) ..... WKWKWKWKW...

      GUOOOOBLOOOOOG :v

      Hapus
    3. Ayat Injil sekarang kebanyakan ambigunya, pusing jadinya pantes aja dieropa berbondong bondong jadi Mualaf karena Al quran itu kebenarannya pasti dari zaman dahulu smpe akhir zaman dan tidak pernah ada kesalahan, sebabnya tdk ada revisi di dlm Alquran

      Hapus
    4. Al quran lbh bnyk ambigux, contohx 72 bidadari, elu kira surga itu tempat ngentot, ngoahahaha di bohongi muhamed yg tukang ngesot sih, lbh pilih ngesot drpd belajar spy tdk buta huruf 😂😂

      Hapus
    5. anda kok selalu komen seperti itu ya?
      apa tidak komen lain ?
      darimana anda tahu ?
      ada ayat di al-qur'an yang menyatakannya ?
      tolong kalau ngomong dipikir dulu

      atau sebenernya anda saja yang suka ngent*t ??

      Hapus
  26. Sebetulnya , seringkali islam ikut2 an ajaran Yahudi dan Kristen, tetapi mereka ikut tanpa mengerti apa2, sehingga ketika ada pembharuan info mereka tidak tahu,mis :
    1. Babi yg dulu di larang ( zaman PL) ttp diboleh kan pd zaman PB
    2. Demikian juga ttg Sunat, yg sudah tidak perlu lagi, sebab itu cuma lambang dari Sunat HATI , sbg Tanda pengikut YHWH, dan sudah diganti dgn Baptis
    3. TTg pemyembelihan domba , utk menutupi dosa ( sementara ) sudah disempurnakan oleh Domba Allah, sekali utk se-lama2nya, jadi tidak perlu lgi sembelih domba. Ttp muslim , karena tidak mengerti makna penyembelihan domba, masih jalan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik menguji Kitab Suci masing2" dengan Ilmu Pengethuan Modern' apakah sesaui atau malah bertentangan? jika sesuai pastilah itu dr Tuhan tp jika bertentangan pastilah buatan Manusia, karena Tuhan tdk pernah salah, tp Manusia tempatnya salah.

      Hapus
    2. Waoo.. Firman tuhan pake revisi kayak perda aja.

      Hapus
    3. Waoo.. Firman tuhan pake revisi kayak perda aja.

      Hapus
    4. Waw.. Umat yahudi dan nasrani terlalu up date yah, sehingga yang mereka pikir terlalu sulit untuk di kerjakan di ubah aja sesuai yg mereka sanggupi,, salut bah sama umat yang ini. Up date terus..

      Hapus
    5. Aneh banget padahal dlm PL babi itu haram, PL kan firman Tuhan, terus Yesus turun menggenapi ajaran PL,lalu dibuat PB babi jadi halal. Koreksi berkedok penyempurnaan 😂firman sendiri kok di rubah sus sus

      Hapus
    6. Bedakan perjanjian lama kitab para nabi perjanjian baru penggenapan kitab taurat dan para nabi, bukan kitab yg di tulis si tukang ngesot buat msk surga hnya utk ngentot dgn 72 bidadari, maklum org gila yg mengaku nabi dgn modal buta huruf plus tukang ngentot membuat surga versix sendiri, mengklaim bs membelah bulan..lucu amet ni agama pnts sj yg fanatik klihtan kampungan, otak tdk maju2..bgt2 sj sampai roti pun d jadiin korban 😂

      Hapus
    7. Bedakan perjanjian lama kitab para nabi perjanjian baru penggenapan kitab taurat dan para nabi, bukan kitab yg di tulis si tukang ngesot buat msk surga hnya utk ngentot dgn 72 bidadari, maklum org gila yg mengaku nabi dgn modal buta huruf plus tukang ngentot membuat surga versix sendiri, mengklaim bs membelah bulan..lucu amet ni agama pnts sj yg fanatik klihtan kampungan, otak tdk maju2..bgt2 sj sampai roti pun d jadiin korban 😂

      Hapus
  27. orang kresten yg doyan babi ya orang cina soalnya budaya cina itu makan babi

    BalasHapus
  28. Hukum awal nya babi haram ya tetap haram,kok bnyk d revisi biar jd halal.bukan firman tuhan lg dong?(fikir dg akal sehat). Sudah di buktikan dg fakta sains ttg bahaya daging babi.kok masih ngeyel,menolak kebenaran.

    BalasHapus
  29. Kenapa sih orang Islam itu penuh kebencian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bingung...masih bingung...coba tenang dan bandingkan antara ayat ayat yg ada dalam injilmu dengan ayat dalam Al Quran..pasti di jamin....kamu ga bakaln bingung...karena orang Islam ternyata lebih kristen daripada orang kristen itu sendiri....dalam mentaati segala peraturan...yg ada sangkut pautnya...ajaran agama.

      Hapus
  30. Mohon maaf...
    Bhkan 1 golongan dri klian pun ad yg kontradiksi dgn boleh tdk boleh memakan babi, bhkn pnjlsan ilmiah pun dri klian ad yg sdh tw kburukanny dri memakannya...

    Pnjlsn pling masuk akal yg q baca d atas, prjanjian lama tdk mmprbolehkan babi, kmudian yesus dtang mmbwa prjanjian bru membolehkan mkan babi yg notabennya pdhal yesus sendri mengharamkanny...

    Yesus dtng sbgai jelmaan Allah n membolehkan makan Babi dgn segalah keburukan ddlamnya, pertanyaannya kenapa yesus tdak memusnahkan sifat2 buruk, pnyakit, dll dri babi...

    Sbnrnya qt (muslim) tdak habis fikir aja, bgaimna mungkin Allah mncabut ketentuan-Nya yg mnjdi nash n haq... Shingga pd akhirnya muncul pertanyaan, apakah Allah itu plin plan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak kawan...
      Tuhan itu Esa dan tidak plin plan.
      Di perjanjian lama dan baru. Babi tetap Haram.
      Hanya salah mengerti ayat Alkitab rekan2 kristen kami.
      Yesus dan rasul saja gak makan babi kok. Masak kita yang umat biasa ini makan babi....gegabah sekali.
      Salam dari umat kristen Advent.

      Hapus
  31. hehehe... sorry agan2 numpang lewat... ada yang mau beli es cendoooolll ngaakkk???pada debat mulu pasti capeekk... hehehe..ok deh... semua debat kalian nih hebat semua sudah melampaui Tuhan kalian sendiri...eiitt tapi jangan lupa..yang punya HAK atas SURGA dan BUMI itu Tuhan..and yang punya kuasa itu juga ya Tuhan , kok kalian sok ngewakilin??emang Tuhan ada suruh kalian ngewakilin Dia debat di sini.. hehehe...ngeliat kalian debat gini nih yang seneng malah si setan/ iblis loh..emang maksud kita bener mau ngelurusin sesuatu masalah,kalo di bilang babi apakah cuma babi aja yang haram?? bagaimana dengan binatang haram lain nya?? kan masih buaannyyaakk tuh yang di sebutin CONTOH, ada juga binatang air yang haram juga nah coba kalian perhatiin dengan seksama,

    Binatang yang hidup di dalam air Imamat 11:9-12; Ulangan 14:9, 10)
    Yang tidak haram Ciri-cirinya sebagai berikut:

    Yang BERSISIK dan yang BERSIRIP
    Contoh:Ikan mujair, ikan karper, ikan kakap, ikan cakalang, serta jenis ikan lain yang mempunyi ciri yang sama.

    Yang haram, ciri-cirinya sebagai berikut:
    Yang TIDAK BERSISIP dan TIDAK BERSIRIP, yang bersisik tetapi tidak bersirip, yang bersisip tetapi tidak bersisik.
    Contoh: Udang, (bersisik tetapi tidak bersirip), Ikan lele, belut, cumi-cumi, gurita, kepiting, serta binatang air jenis lain yang mempunyai ciri yang sama.

    hehehe..,nah pertanyaan saya sekarang kepada kamu perorangan,kamu ada ngak atau pernah makan ngak yang namanya udang,lele,kepiting,cumi2,gurita??
    itu baru contoh tentang makhluk hidup yang di air... belum lagi yang di udara,dan yang merayap dan yang lain nya loh..
    coba kita mendingan koreksi diri sendiri dulu,jangan maling teriak maling.., kamu punya hak untuk menghakimi manusia kalo kamu kudus dan suci seperti Tuhan yang kudus dan suci, tapiii..apa kamu kudus?? apa kamu suci?? jawaban nya bisa kamu liat sendiri di "kaca" dalam diri kamu sendiri,hehehe...mau makan apa ngak makan kan itu hak pribadi perorangan and itu termasuk hak asasi perorangan yang ngak bisa di ganggu gugat loh,jadiii... baik kristen mau islam semua sama ciptaan Tuhan udaahh jangan debat2 lagi,lagian sapa sih yang suruh kalian debat2 gini??? ustadz?? pendeta?? hehehe.. kalo bener mereka yg suruh,panggil mereka temui gua and pasti gua gampar... lah wong ngajarin pengikut2 nya jadi sok ahli debat kok,kalo mau di anggap hebat mendingan kalian bantu mikirin gimana supaya nih negara kita bisa majuuu... jangan cuma hebat debat tapi inget negara kita nih lagi terpuruuukk...bilang ini haram bilang itu halal,ngak sadar ekonomi hancur semua mahal ngak ada duit buat beli makanan,baru bingung loe mau makan apa... hehehe...

    BalasHapus
  32. Nih biar gak pada bingung, di alkitab ada 2 perjanjian. Perjanjian lama dan perjanjian baru. Perjanjian lama sebelum Yesus lahir, perjanjian baru sesudah Yesus lahir. Hukum yang haram makan babi itu di buat Allah setelah itu Yesus lahir dan menggenapi hukum yang lama. Dalam artian hukum yang lama itu pasti ada yang di rombak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menggenapi bukan berarti merombak.. Undang Undang Kaliii.

      Hapus
    2. Menggenapi bukan berarti merombak.. Undang Undang Kaliii.

      Hapus
    3. Logikanya Menggenapi itu tambahan pak officer, tpi kenyataannya di Injil berubah jadi pengubahan. Yg di PL sblmnya babi haram menjadi halal apa namanya ngubahkan, klo Menggenapi pasti kalimatnya babi dan bla.. bla.. itu haram, jdi ada double jenis hewan yg haram.

      Hapus
    4. Betul kawan. Menggenapi bukan artinya mengubah. Yesus datang utk menggenapi artinya melakukan apa yg perjanjian katakan. Bahkan dia menyempurnakan....tidak ada perubahan terkait BABI HARAM. di PL dan PB itu sama....babi adalah haram. Kami umat kristen Advent adalah minoritas...yang tidak makan babi.
      Tidak ada yg kontradiksi. Yesus, dan rasul sama2 gak makan babi kok.
      Rekan kristen lain salah mengerti dengan bbrp ayat diAlkitab terutama tulisan rasul paulus. Karena tidak membaca lengkap 1 pasal....dan tidak melihat konteks serta latar belakangnya.

      Yang jelas. babi masih tetap haram.

      Hapus
  33. yg makan maupun tdk tetap di syg Yesus dan masuk surga.. knpa ribut, yg rugi adalah org yg tdk percaya Yesus, dia akan berusaha dgn cara dia sendiri supaya masuk surga tpi gak bisa, karena pemilik surga yg tau jalan kesurga. so kalau belum punya Juru selamat. ayo dtg pada yesus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak yg menyelamatkan kami adalah amal ibadah kami,pertanyaannya kira kira Yesus jg menyelamatkan pemerkosa dan pencuri ga yah, tpi mereka percaya Yesus nyelamatin

      Hapus
  34. Di antara orang yang patut mendapatkan rahmat-Nya adalah orang yang mengatakan bahwa tidak ada Tuhan (yang patut disembah) selain Allah.

    BalasHapus
  35. Apa ada jaminan kalo semua orang Kristen makan babi? dan apa ada jaminan kalo semua orang Islam tidak makan babi? setahu saya banyak tuh orabng Kristen yang tidak makan babi dan setahu saya juga banyak orang Islam yang makan babi, tapi bedanya kolo orang Kristen makan babi secara terang2an, kalo orang Islam sembunyi2 takut ketahuan malu sama orang. saya dulu punya pembantu agamanya Islam tapi doyan makan babi, malah katanya daging babi lebih enak dari pada daging sapi. Tidak semua juga orang Cina doyan daging babi, malah mereka yang beragama Budha banyak yang vegetarian karena demi faktor kesehatan. Banyak mengkonsumsi daging akan terkena resiko penyakit kolesterol dan jantung dan penyakit lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan sapi juga kolesterol kok... yang bilang babi berpenyakit itu lebay.. karena semua makanan pasti ada sisi negatifnya..

      Hapus
    2. saya rasa itu salah yg jual makanan dan kurang hati hatinya orang Islam terhadap makanan yg di konsumsinya..contoh bakso...aku pernah kecele tuh warung bakso..bikin basonya campuran daging sapi ma babi...yg rasanya notabene lebih gurih.trus seratnya ga da lembut gtu..tapi ayahku lansung komplain...seterusnya..gak bakaln bli lagi...istighfar aja...Alloh Maha Pengampun..toh itu bukan sesuatu yg di sengaja..oleh kita...

      Hapus
    3. Kristen keras kepala ya, sdh dikasih tau faktanya babi berbahaya malah dibilang lebay 😂 , org islam kalau makan babi biasanya pasti ditipu sama org Kristen. Dibilang halal eh ga taunya haram alias babi,ya ga tau mah enak2 aja.. ga bisa bedain kali tolol ya?😂

      Hapus
    4. Sebenarnya bukan makanannya....Tuhan menuntut PENURUTAN dari manusia itu saja. Kalo masalah kesehatan...bisalah kita pahami. Tinggal cara MASAKNYA aja sebenarnya. Kembali lagi, bukan masalah makanannya saja sebenarnya. Tapi Tuhan meminta manusia utk taat akan perintahNya atau tidak.
      Tuhan bilang haram ya haram. Di PL dan PB sama saja. Tidak ada perubahan. Betul kawan. Menggenapi bukan artinya mengubah. Yesus datang utk menggenapi artinya melakukan apa yg perjanjian katakan. Bahkan dia menyempurnakan....tidak ada perubahan terkait BABI HARAM. di PL dan PB itu sama....babi adalah haram. Kami umat kristen Advent adalah minoritas...yang tidak makan babi.
      Tidak ada yg kontradiksi. Yesus, dan rasul sama2 gak makan babi kok.
      Rekan kristen lain salah mengerti dengan bbrp ayat diAlkitab terutama tulisan rasul paulus. Karena tidak membaca lengkap 1 pasal....dan tidak melihat konteks serta latar belakangnya.

      Yang jelas. babi masih tetap haram.

      Hapus
  36. Yang tidak masuk akal itu , yg menganggap Yesus itu Tuhan. masak Tuhan disunat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yg lebih parah nya itu, masa tuhan lahir setelah ribuan orang ada, jadi yg ciptain orang sebelum dia lahir siapa dong?? Dan tuhan orang yg udah ada sebelum nya siapa dong?? Yesus?? Yesus kan belom lahir.. Jadi bingung sama orang yg percaya yesus.

      Hapus
  37. yesus itu bukan tuhan, sulit kalau ngomong sama orang kristen..

    pernah ngk yesus berkata " akulah allah, dan sembahlah aku" ngk ada kan...

    kitab kok di revisi itu gimana sih, kayak UU aja... kitab itu kan turun dari tuhan, jadi tidak boleh di revisi siapa pun...

    al qur'an dari dulu hingga sekarang ayat dan arti tidaklah berubah dan tidak pula di revisi...

    kenapa? karena itu ayat turun dari allah, jadi sudah pasti kebenarannya,, tidak ada revisi sama sekali....

    BalasHapus
  38. Makan daging BABI gk boleh tp makan sari minyak BABI boleh... Gk jelas!! Hati2 bro jgn menyesatkan... Tar di atas sono dimintai per tanggung jawaban loh... Klo haram ya haram sebaliknya halal ya halal. Jangan abu2, ini bukan masalah berhikmat ato tdk berhikmat. Yesus jelas2 bilang halal e e e msh jg di putar2. Klo maw taati hukum taurat seperti hidup pd jaman taurat jgn setengah2, hiduplah sesuai hukum taurat titik. Lebih baik masalah babi ini (jg seperti permasalahan makanan persembahan berhala) ksi aja nasehat seperti rasul paulus... Jangan jadi batu sandungan, itu lebih berguna. Trims. JBU.

    BalasHapus
  39. Mungkin kalian umat kristiani bisa mencari buku yy berjudul "The Five Gospels" yang meneliti semua kalimat d dalam alkitab, dan hasilnya hanya 20% yg merupakan perkataan Yesus, sisanya diragukan dan bahkan bukan perkataan yesus.

    1 lagi referensi, silahkan googling "Jesus Seminar"

    Kedua referensi di hadiri oleh profesor kristen dan pakar teologi,Semoga bs menjadi pencerahan.

    Saya sebagai umat islam mengakui, mengimani, dan menjalankan ajaran yesus.

    BalasHapus
  40. Babi itu enak, tidak terbukti mengkonsumsi babi jadi penyakitan. Jadi biarkan saja konsumsi Babi selama tetap jadi orang yang baik.

    BalasHapus
  41. Hahahaha, asekkk, heboh x gangguin org, blajar longor dr mn wak ? mending urus diri sendri, perthnkn imanmu jk punya, jgn bekoar" ngurusi org, dsr tolol,,,

    BalasHapus
  42. Hahahaha, asekkk, heboh x gangguin org, blajar longor dr mn wak ? mending urus diri sendri, perthnkn imanmu jk punya, jgn bekoar" ngurusi org, dsr tolol,,,

    BalasHapus
  43. Kenyataannya kalian makan babi, minum khamar, makan semua hewan, tidak bersunat. Padahal bibelmu melarangnya, yesus berkata di markus5:17, kalian langgar, tapi kalian bilang kalian pengikut yesus. Malah Muslim yg melaksanakan semuanya, belum sadar ketipu ama paulus dan pendetamu bung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas kn tdi udh di sbutin bkn cuma babi aj yg haram... Ad udang cumi sgala mcm... Klo lu mw bndingin dr si babi... Yakin lu gk prnh mkn udang cumi atau yg haram lainnya yg msh bnyk itu??? Nnton videonya David wood klo kelinci onta tu haram tp AHMAD MAKAN JG...komen lu ky kentut...keras bau lg...

      Hapus
  44. Untuk para pemeluk kristen, baca nih!


    1. ALLAH ITU ESA.
    - Engkau diberi melihatnya untuk mengetahui bahwa Tuhanlah ALLAH, TIDAK ADA YANG LAIN KECUALI DIA (Ulangan 4:35)
    - Ingatlah hal hal yg dahulu sejak purbakala, bahwasanya akulah Allah, dan tidak ada yang lain, akulah Allah, dan tidak ada yang seperti aku (Yesaya 46:9)
    - Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapamu di bumi ini, karena hanya satu bapamu, yaitu dia yang di sorga (Matius 23:9).
    - Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam roh kudus dan berkata,"aku bersukur kepadamu Bapa, Tuhan langit dan bumi"(Lukas 10:21).
    - Dengarlah hai orang Israel, Tuhan itu ALLAH kita, TUHAN ITU ESA ( Ulangan 6:4.)
    - Jawab Yesus, hukum yg terutama ialah, dengarlah hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa (Markus 12:29).

    2. ALLAH tidak bisa dilihat.
    - Tidak seorang pun yg pernah melihat Allah (Yohannes 1:18)
    - Dialah satu satunya yg tdk takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yg tak terhampiri. Seorangpun tidak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia ( 1 Timotius 6:16).
    Doktrin agama Kristen yg mengatakan Yesus adalah alpha omega (yg awal dan yg akhir) dan Yesus adalah Allah itu sendiri. Yesus terlihat, tersentuh, bahkan dilahirkan? Katanya Allah tak bisa dilihat oleh manusia.

    3. YESUS seorang utusan/Nabi
    - Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal engkau, satu satunya ALLAH yg benar, dan mengenal YESUS KRISTUS YANG ENGKAU UTUS ( Yohannes 17:3).
    - Tetapi ia berkata kepadaku:'Jangan berbuat mikian! Aku adalah hamba, sama seperti engkau dan saudara saudaramu, para nabi dan semua mereka yg menuruti segala perkataan kitab ini (Wahyu 22:9).
    - Jawab Yesus kepada mereka, ajaranku tidak berasal dari diriku sendiri, tetapi dari Dia yg MENGUTUS AKU (Yohannes 7:16).
    - Aku kenal Dia (Allah), sebab aku datang dari dia dan Dialah yg mengutus aku (Yohannes 7:29).
    - Dan ketika ia masuk ke yerusalem, gemparlah seluruh kota itu, dan orang berkata:"siapakah orang ini?" Dan orang banyak menyahut :"inilah NABI YESUS dari Nazaret di galilea" (Matius 21:10-11).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi Yesus itu adalah Putra Allah. Yang diutus Allah untuk berkorban di dunia demi membebaskan dosa Manusia. Yang pasti Yesus itu bukan manusia biasa soalnya dia mampu mengadakan mukjizat penyembuhan orang sakit bahkan sampai membangkitkan orang mati. (Lukas 7:11-17).

      Rasul - rasul Yesus juga diberi kuasa untuk menyembuhkan namun TAK ADA KUASA UNTUK MEMBANGKITKAN ORANG MATI. Karna Yesus adalah Anak ALLAH maka dia berkuasa juga atas kematian.

      Hapus
    2. GUE Pernah liat di blog orang
      Nih Katanya :

      Injil Matius 15:11 sebagai berikut:
      ?Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk kedalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut yang menajiskan orang.?
      Alasan tersebut tidak rasional dan tidak kuat, sebab jika asal masuk ke dalam mulut manusia tidak menajiskan, bagaimana jika yang masuk ke mulut adalah: ganja, morphin, shabu-shabu dan sejenisnya apakah jadi halal walaupun merusak tubuh, jiwa dan pikiran manusia?
      Yang namanya ganja, morphin, shabu-shabu dan sejenisnya, walaupun sebelum masuk ke mulut manusia dibacakan doa kepada Tuhan atau Yesus, tetap saja haram hukumnya.

      ganja, morphin, shabu-shabu dan sejenisnya dapat merusak tubuh, sedangkan tubuh itu Bait Allah. So.. ngapain nyabu atau apalah itu kalau merusak Bait Allah.
      BETAPA INDAHNYA KRISTEN ITU.


      JAWABAN :

      1 Korintus 6:12 (TB) Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

      1 Corinthians 6:12 (KJV) All things are lawful unto me, but all things are not expedient: all things are lawful for me, but I will not be brought under the power of any.


      JADI INTINYA KEHIDUPAN ITU KITA PERGUNAKAN SEBAIK - BAIKNYA TUHAN MEMBERI KITA HATI NURANI UNTUK MEMBEDAKAN MANA YANG BAIK DAN YANG JAHAT.

      LO PIKIR MASUK SURGA GAMPANG ?!!

      CARI TAU TERUS DAN SEMOGA BERHASIL !!


      Hapus
  45. Bnyak yg berbuat dosa dengan mengataas namakan agama
    Coba tarik kedri masing2

    Anda menyatakan agama anda benar dan mengaku mengkuti setiap ajarannya

    Tapi apakah dikitab anda diajari untuk menunjukkan semua itu

    Bukankah keselamatann itu pribadi dan urusan masing2

    Berbuat baiknlah senantiasa
    Krna bila ajaran ini itu salah tak munkin bertahan hingga ribuan tahun,,,,

    BalasHapus
  46. Di alquran udah di jlsalin smuanya bung! Anda aja yg ga mo bljr n hanya berpatokan pd injil pdahal ada kitab yg dismpurnakan dan di tantang bhwa tdk ada seorng pun yg bisa mnulis ayat"nya sndiri. Lihat org eropa yg jd mualaf, mereka akhirnya menyadari kbneran! Kalian saja yg betah pd kebohongan.

    BalasHapus
  47. Di alquran udah di jlsalin smuanya bung! Anda aja yg ga mo bljr n hanya berpatokan pd injil pdahal ada kitab yg dismpurnakan dan di tantang bhwa tdk ada seorng pun yg bisa mnulis ayat"nya sndiri. Lihat org eropa yg jd mualaf, mereka akhirnya menyadari kbneran! Kalian saja yg betah pd kebohongan.

    BalasHapus
  48. Semua orang Kristen masih tersesat, perlu di ospek ulang, pas hari kiamat tiba, mereka pasti menyesalinya karena sudah meragukan AL qur,an.

    BalasHapus
  49. Hari kiamat yg dateng Isa....bukan yg lain.....Sejarah sudah membuktikan....agm kristen sudah muncul...terlebih dahulu....dan agm yg muncul setelah itu hanya...sibuk mencari2 kesalahan dan kekurangan...pd hal kebenaran tidak ad pada mereka... d alkitab tertulis kl bangsa israel bisa kembali k tanah perjanjiannya...sekarang memang benar terjadi....padahal 2000 tahun yg lalu...itu suatu yg mustahil....

    BalasHapus
  50. Hari kiamat yg dateng Isa....bukan yg lain.....Sejarah sudah membuktikan....agm kristen sudah muncul...terlebih dahulu....dan agm yg muncul setelah itu hanya...sibuk mencari2 kesalahan dan kekurangan...pd hal kebenaran tidak ad pada mereka... d alkitab tertulis kl bangsa israel bisa kembali k tanah perjanjiannya...sekarang memang benar terjadi....padahal 2000 tahun yg lalu...itu suatu yg mustahil....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Al quran juga ada kali bangsa israel yg akan kembali lg kenegaranya..

      Al quran menuliskan mana yg baik dan mna yg buruk di makan..

      Lebih dan lebih jauh lgi trdapat bnyk fakta ilmiah dlm quran

      Hapus
    2. Tambahan, yang turun bkn Nabi Isa doang, ada Imam Mahdi dan Dajjal bung,Nabi Isa turun tugasnya untuk memberi pencerahan kpd umatnya yg skrng sdh diotak Atik musuh Nabi Isa, disuruh masuk ke agama penerusku yaitu agama Ahmad (Muhammad) Islam. Nah hal itu yg sebenarnya penyelamat karena para umat Kristen masuk islam

      Hapus
  51. semua harap di perjanjian lama (sebelum Yesus lahir dan berkarya). Perjanjian baru Isa Almasih sendiri yg mengatakannya : semua makanan tdk ada yg haram hanya yg keluar dari mulut itu yg najis & haram. Isa Almasih orang yang benar, semua perkataannya ada kebenaran. Kalimatullah.

    BalasHapus
  52. Kalau suka babi, ikutlah injil yang belum direvisi, kalau gak suka babi ikutlah injil yang sudah direvisi, kristen uennakkkk... suka2lah.....

    BalasHapus
  53. Ini juga uenak bro... wkwkwkwk
    Nyembah batu masuk surga...

    LA ILAHA LA ILALALH :

    TIADA TUHAN SELAIN ALLAH DAN TERBUAT DARI BATU????


    tuhan Islam adalah Tuhan suku Quraish:

    Suku Quraisy (Quraysh):3
    Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).

    Semut (An-Naml):91
    Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

    Tuhan yang disembah suku Quraish adalah BATU HITAM HAJAR ASWAD, ini buktinya:

    1. Ke arah mana kiblat sholatmu? Ke Kaabah, di mana disitulah ditempatkan batu “awloh” sembahan Quraish. Jadi, yang kamu sembah bukan SANG PENCIPTA, tapi tuhannya Quraish, penduduk kota Mekkah.

    Siapakah awloh? Awloh adalah batu hajar aswad, “Tuhan” bagi suku Quraish. Sebelum Muhammad memproklamirkan diri sebagai nabinya awloh, batu hajar aswad sudah demikian dikultuskan, dan menjadi salah satu penghuni Kaabah di samping 359 berhala lain sembahan suku-suku di Arab.

    2. Simbol apa yang terpasang di atap rumah ibadatmu? Bulan Sabit. Awloh adalah dewa bulan, yg simbolnya adalah bulan sabit. Ini sudah cukup dikenal oleh bangsa-bangsa primitif di Timur Tengah sejak ribuan tahun yg lalu sebelum si Mamad lahir.

    3. Ritual apa yang dilakukan oleh para calon haji di Mekkah? Sebelum muter-muter kaabah, sebisa mungkin mereka melakukan sunnah Muhammad yaitu menciumi “awloh”. Dan sebelum mencium awloh, mereka mengucapkan: “Ya awloh, aku penuhi panggilanmu.”

    Hal itu dicontohkan Muhammad ketika dia melakukan ibadah haji:

    Hadis Bukhari, Volume 2, Book 26, Number 697:
    Diriwayatkan oleh Ibn Abbas: Rasul Allah melakukan Tawaf (kabah) dengan naik unta (saat itu kaki nabi sedang terluka). Ketika sampai ke sudut (yang ada batu hitam) dia menunjuk kearah batu itu memakai sesuatu pada tangannya dan berkata, “Allahu-Akbar.”

    Muslim yang beribadah haji diwajibkan untuk mencium batu hitam.


    Hadis Sahih Muslim 1190:
    “Tatkala Rasulullah SAW tiba di Mekah, mula-mula beliau datangi Hajar Aswad lalu beliau mencium.”

    Hadis Sahih Muslim 1150:
    Sebelum mencium Hajar Aswad itu, Muhammad mengucapkan: “Labbaik allahuma labbaik” yang berarti : “Ya Allah atas panggilanMu aku datang kepadaMu.”

    Abu Dawud, Book 10, Number 1813:
    Diriwayatkan Abdullah ibn Abbas: Nabi berkata: Orang yang melakukan umrah harus berteriak talbiyah sampai dia menyentuh Batu Hitam.

    [Talbiyah = “Ya Allah, aku datang memenuhi undanganmu. Tiada sekutu bagimu…”]

    Batu koq disembah ciihh???
    Hihihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar lagi bang... :D
      kristenya sesat.
      coba baca injil yg masih bahasa yunani,
      translate aja,,... nahh belajar lah di situ :D ckckckc

      Hapus
    2. Waww.. Hebat yah yang tidak tau apa apa,, wiuww yg di sembah tu bukan batu hello.. Ka'bah tu bukan di sembah tp di jadikan satu patokan kiblat, jadi semua umat muslim beribadah di arah yg sama, bukan sperti umat kristian yg bisa sesuka2nya beribadah di arah yang mana saja.

      Hapus
    3. Suku Quraisy (Quraysh):3
      Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah).

      sudah dijelaskan Tuhan pemilik rumah ini , bukan nyembah kabbah , melainkan menyembah tuhan .

      Hapus
    4. belajar dulu mas sono...kami umat islam tidak pernah menyemah kabah atau atau batu hajar aswat...dan tidak ada kewajian mencium batu hajar aswat datang dari mana kata2 mu...kabah hanya patokan / arah kiblat untuk ibadah...KAMI HANYA MENYEMAH TUHAN KAMI ALLAH YANG MAHA ESA (TUNGGAL) GA ADA 2 ATAU 3...GA SEPERTI AGAMA MU YANG ADA 3 TUHANNYA

      Hapus
    5. Ckckckck kasihan nya nulis capek capek ga ada yg bener ayatnya salah semua, karang karangan sendiri, coba cek deh Googling masing masing ayat yg ditulis kamu keluar ga?😂 Apa kamu sudah gila 😂

      Hapus
    6. Ckckckck kasihan nya nulis capek capek ga ada yg bener ayatnya salah semua, karang karangan sendiri, coba cek deh Googling masing masing ayat yg ditulis kamu keluar ga?😂 Apa kamu sudah gila 😂

      Hapus
    7. Org keristen bukan nyembah salib ...tp i2 digunakan sebagai pemusatan umat saat ibadah spy semua ke 1 titik di greja... Diluar itu... Tuhan ad dimana2...nah klo isla harus ke arah ka'bah di sono no... Biar miring jg gk peduli klo gk tpat arah kiblatnya solatnya kagak sah... Sebegitunya kah TUHAN kalian smpe harus bgtu??? Nah kasian dong org2 yg gk tau arah kiblat tepatnya dimana sia2 solatnya... TOLONG LAH kalian saling respect aj 1 sama lain ini masalah keyakinan gk bisa dipaksain harus dr hati... Jalanin aj ibadahmu msg2 yg kalian anggap bnar gk usah urusin org... Klo msuk neraka jg gk ngajak lu... Klo lu msuk surga sukur gk nebeng di lu..

      Hapus
  54. Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui. [QS.Al Baqarah:146]

    BalasHapus
  55. Satu statement saja: Agama itu untuk mengoreksi diri sendiri, bukan untuk mengoreksi orng lain

    BalasHapus
  56. Satu statement saja: Agama itu untuk mengoreksi diri sendiri, bukan untuk mengoreksi orng lain

    BalasHapus
  57. Kenapa harus saling menyalahkan... itu adalah tipu muslihat setan... mari kita bertanya ke dalam diri kita masing masing sudahkah kita berlaku benar menurut keyakinan kita masing masing.. menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain??

    BalasHapus
  58. Rumah BAAL cocok agama islam di kabah karena menyembah batu, kayu, emas, perak, dan tembaga lihat Wahyu 9:20
    Emas = pintu Kabah
    Perak dan Batu = Batu Hajar Asward dan cawan
    Tembaga = lampu jin
    Kayu = tiga tiang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada karangan apa lagi😂 Org kami nyembah Tuhan kok (Allah SWT) dibilang batu,emg batu bisa ngapain 😂 dikasih ayat dari agamamu ya mungkin isinya caci maki ke Islam lah 😂

      Hapus
  59. Apakah ALLAH SWT di dalam batu Ka'bah? Ka'bah bukan batu melainkan perantara komunikasi antara umat ISLAM yang di bumi dengan tuhannya yang di cintai adalah ALLAH SWT yang berada di Arsh.

    Sebagai mana Anda sedang berkunjung keluar negeri atau jalan-jalan kemana, kemudian Anda ingin berkomunikasi dengan seorang yang anda cintai? Pasti Anda akan menggunakan perantara seperti smartphone BUKAN? LALU apakah seorang yang Anda cintai itu berada dalam smartphone? TIDAK "smartphone" hanyalah perantara untuk anda berkomunikasi dengan seorang yang Anda cintai dengan metode jarak jauh.

    INGAT YA, KALAU ANDA INGIN MENDALAMI ALKITAB. LIHAT TULISAN YANG BERWARNA MERAH BUKAN BERWARNA HITAM. KARENA YANG BERWARNA MERAH ITU BENAR-BENAR MURNI KEASLIAN DARI FIRMAN TUHAN SEDANG KAN YANG BERWARNA HITAM ADALAH REFISI DARI MANUSIA, BUKAN ASLI DARI FIRMAN TUHAN !!!

    BalasHapus
  60. Saya merasa beruntung hanya segelintir orang di Indonesia yang mau makan babi. Ngak bisa saya bayangkan mahalnya daging babi seandainya seluruh rakyat Indonesia makan babi. Daging babi: di panggang enak, di sop enak, masak hanya pake cabe aja enak, di rendang enak, di saksang enak, di buat jadi tanggo" juga enak. Pokoke diapain aja enak.
    Apalagi di buat jadi BPK.... seperti di tesalonika di lubuk pakam, medan.. wo enak eeeee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos dikatakan di Alkitab klw babi haram.. pengikut yesus bukan ini . Klw emg masih makan Brati kita yg umat Islam lebih Kristen daripada umat Kristen sendiri. Krna kami jg meng imani Yesus as. Krna Yesus jg ada dalam Al Qur'an . Gmn hebat bukan?

      Hapus
    2. Sebenarnya bukan makanannya....Tuhan menuntut PENURUTAN dari manusia itu saja. Kalo masalah kesehatan...bisalah kita pahami. Tinggal cara MASAKNYA aja sebenarnya. Kembali lagi, bukan masalah makanannya saja sebenarnya. Tapi Tuhan meminta manusia utk taat akan perintahNya atau tidak.
      Tuhan bilang haram ya haram. Di PL dan PB sama saja. Tidak ada perubahan. Betul kawan. Menggenapi bukan artinya mengubah. Yesus datang utk menggenapi artinya melakukan apa yg perjanjian katakan. Bahkan dia menyempurnakan....tidak ada perubahan terkait BABI HARAM. di PL dan PB itu sama....babi adalah haram. Kami umat kristen Advent adalah minoritas...yang tidak makan babi.
      Tidak ada yg kontradiksi. Yesus, dan rasul sama2 gak makan babi kok.
      Rekan kristen lain salah mengerti dengan bbrp ayat diAlkitab terutama tulisan rasul paulus. Karena tidak membaca lengkap 1 pasal....dan tidak melihat konteks serta latar belakangnya.

      Yang jelas. babi masih tetap haram.

      Hapus
  61. 1 lagi saudaraku .. sedikit pencerahan aja di pikir logika aja.. klw umat Kristiani menganggap Yesus itu Tuhan karena dia lahir tanpa seorang bapak dari Maria as. Coba ingat lagi ? Tau kisah Adam kan ? Mending Adam aja jadi in Tuhan karena dia gk punya ayah dan ibu . Ok fix.. sadar bro sadar Yesus cuma nabi sama kaya Adam serta nabi2 yg lain . Tuhan cuma 1 yaitu Allah SWT yg kalian sebut bapa . Yo iku tuhann bosss.. pencipta Adam Yesus dan kita semua

    BalasHapus
  62. Mohon maaf, adam itu cm manusia pertama yg di ciptakan dr debu dan tanah oleh Tuhan ,dia bukan nabi. Beda dengan Tuhan Yesus yg lahir dari Roh kudus/Roh Tuhan sendiri yg turun ke dalam rahim Maria. Dan Dia tak pernah berbuat dosa selama hidupnya beda dari Adam yg jatuh ke dalam dosa karna melanggar perintah Tuhan

    BalasHapus
  63. Baca komentar diatas dan kita bisa lihat agama mana yg penuh kebencian dan cari ribut. Artikel ini dibuat tanpa menyinggung siapapun tapi malah dikata-kata in sama umat agama lain. Ingat, agama mu agama mu dan agama ku agama ku. Btw saya bukan kristen atau muslim

    BalasHapus
  64. intinya kalo umat muslim dibilang nyembah batu,trus umat kristen yang nyembah kayu salib gmna?gitu kali

    BalasHapus
  65. Sebagai manusia pake tu akal buat bedai benar atau salah.. Dalam injil yang skrg sdah jelas bnyak ditemukan kesalahan didalamnya tp knpa masih ngotot klo itu benar.. Ujung2nya injilnya nnti direvisi lagi spya injilnya kelihatan benar dikit

    BalasHapus
  66. Agama yang membingungkan, mecari celah untuk menghalalkan segala cara

    BalasHapus
  67. saya akuin kalian hebat semua....
    kepada para orang2 disni yg lebih paham saya minta diterangin donk
    apa itu haram?
    kenapa sari roti juga bisa jadi haram?
    dan bagi kalian yg pinter2 apa benar kalian sudah menjalani setiap perintah kitab kalian masing2?
    klo senadainya belum berarti kalian JARKONI donk....bisa bilang mana benar salah namun tidak menjalani.
    jng belagak jadi orang yg tau soal kitab suci lha wong pengetahuan ijih cetek.
    ojo kuminter.
    kriten satu dengan yg lain pemahamane beda
    islam satu dengan yg lain ya beda
    dah keliatan banyak aliran-aliran
    Bener itu apa to?

    BalasHapus
  68. janganlah saling berdebat wahai saudaraku.kita sama" sudah dewasa kita tahu mana yang baik maupun yang buruk. jagalah kerukunan beragama.

    BalasHapus
  69. Dalam quran saja taurat itu mereka percayai.jadi kalau kamu punya iman Islam.carilah ayat itu...Baru kamu mengetahui betapa indah nya hidup dalam YESUS....Babi itu halal dalam NAMA YESUS.

    BalasHapus
  70. Yang membuat blog ini kristen sesat apa islam? Mengatakan bahwa babi itu haram dan tidak boleh dimakan? Atau cuma karena ingin blognya laris?

    BalasHapus
  71. Kalian gak makan babi pun bukan jaminan kalian lebih rohani dibanding yg makan babi. Gak usah sok suci. Masih banyak dosa yg lebih parah selain makan babi. Fitna dan menjelek-jelekkan jelek kan agama lain juga berdosa. Babi itu makanan paling enak. Trus kalian mau apa? Kalau itu haram buat kalian kan kami yg nanggung akibatnya. Ngapain ngurusin orang?

    BalasHapus
  72. Melihat komen saudara saudara, saya senang dan bangga karena apapun itu ingin memberikan penjelasan yang terbaik.jadi mari sama sama kita berbalap balapan berbuat baim dan mengais pahala selagi ada waktu.
    Semangat ya saudara dan sahabat.
    Kita bhineka tunggal ika.

    BalasHapus
  73. Walaupun orang islam menggantinya dengan nama isa????
    Helooou kita gak ngrubah2 apapun yang ada di alquran ya...
    Anda tau GIA/greja isa almasih?
    Kenapa GIA pakenya Nama isa bukan yesus???

    BalasHapus
  74. Sebenarnya bukan makanannya....Tuhan menuntut PENURUTAN dari manusia itu saja. Kalo masalah kesehatan...bisalah kita pahami. Tinggal cara MASAKNYA aja sebenarnya. Kembali lagi, bukan masalah makanannya saja sebenarnya. Tapi Tuhan meminta manusia utk taat akan perintahNya atau tidak.
    Tuhan bilang haram ya haram. Di PL dan PB sama saja. Tidak ada perubahan. Betul kawan. Menggenapi bukan artinya mengubah. Yesus datang utk menggenapi artinya melakukan apa yg perjanjian katakan. Bahkan dia menyempurnakan....tidak ada perubahan terkait BABI HARAM. di PL dan PB itu sama....babi adalah haram. Kami umat kristen Advent adalah minoritas...yang tidak makan babi.
    Tidak ada yg kontradiksi. Yesus, dan rasul sama2 gak makan babi kok.
    Rekan kristen lain salah mengerti dengan bbrp ayat diAlkitab terutama tulisan rasul paulus. Karena tidak membaca lengkap 1 pasal....dan tidak melihat konteks serta latar belakangnya.

    Yang jelas. babi masih tetap haram.

    BalasHapus
  75. Ingat Yesus pernah bersaksi akan banyak nabi2 palsu yang akan bermunculan...
    Saya kristen. Saya makan daging babi.
    Kesimpulan di atas menurut saya, apa yang kamu makan kalau tidak kamu muntahkan kembali tidaklah haram. YANG DI MUNTAHKAN KEMBALI, ITU YANG HARAM.

    BalasHapus
  76. Ingat Yesus pernah bersaksi akan banyak nabi2 palsu yang akan bermunculan...
    Saya kristen. Saya makan daging babi.
    Kesimpulan di atas menurut saya, apa yang kamu makan kalau tidak kamu muntahkan kembali tidaklah haram. YANG DI MUNTAHKAN KEMBALI, ITU YANG HARAM.

    BalasHapus
  77. BABI ITU HARAM.....GEREJA NYA AJA YG MENGHALALKAN..YESUS AJA GAK MAKAN BABI KOK...SUDAH JELAS2X DIHARAMKAN..TAPI DI PELINTIR MA PAULUS

    BalasHapus
  78. Yang bertentangan dan kontradiksi berarti bukan firman Tuhan...

    BalasHapus
  79. Halal dan haram.
    Ada yg blg Yesus jA GX mkn babi. Apa kah kamu sdh jumpa dan makan bersama SM Yesus makanya km blg begitu?
    Hanya manusia yg mempunyai akal di fkiran. Jadi gunakan lah itu tuk yang baik.

    BalasHapus
  80. Katanya di alquran agamamu agamamu, agamaku agamaku, tapi kok masih ikut2an dalam kristen. Intinya urusin aja agamamu dan kitabmu
    Nggak usah cari kesalahan dalam kitab orang beragama lain.

    Bukankah alquran jugaa banyak kesalahan didalamnya jika tidak percaya akan saya tunjukan

    Saya seorang kristen dan saya mempercayai yesus adalah Tuhan

    BalasHapus
  81. ngeri bacanya...seram bacanya. ini situs saling menyalahkan. jgn jgn yg buat ini situs bukan beragama islam maupun kristen. hati hati ah. mulutmu adalah jurangmu. Salam satu umat

    BalasHapus

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer