Rabu, 04 Mei 2011

INJIL BARNABAS

           Injil barnabas adalah suatu injil yang dipercaya oleh umat islam telah menubuatkan tentang kedatangan muhammad saw. Dalam injil tersebut Yesus mengatakannya secara langsung, bahwa yang nabi yang akan datang bernama muhammad. Dalam Injil Barnabas pasal 97 dikatakan bahwa muhammad saw adalah mesias yang dijanjikan, serta alloh membangun surga dan dunia baginya. Namun, injil barnabas adalah injil palsu yang diperkirakan dibuat oleh pengikut muhammad untuk meyakinkan umat manusia, bahwa muhammad saw adalah nabi yang sebenarnya.

            Bila kita melihat arti dari kata injil. Kata injil berasal dari bahasa Yunani, euanggelion, yang artinya Kabar Sukacita. Yaitu kabar sukacita tentang Kerajaan Allah yang telah hadir di dunia. Itulah Injil, kitab dari surga yang di berikan langsung oleh Tuhan dalam Yesus Kristus. Kembali lagi kita ke injil barnabas, walaupun karya injil barnabas banyak menceritakan tentang kehidupan Yesus Kristus selama hidupNya dalam dunia, namun itu bertentang dengan Injil yang Asli (Matius, Markus, Lukas dan Yohanes). Cerita mengenai permberitaan malaikat kepada Maria ibu Yesus pun sangat berbeda sekali.
            Injil barnabas jika dilihat sepintas mirip dengan injil yang asli, namun jika diteliti dengan lebih baik lagi, maka dapat dilihat perbedaan yang besar dalam seluruh kitab perjanjian baru, termasuk keempat injil kanonik. Sebab utama dan tujuannya sangat berbeda, malah bertentangan sekali dengan iman Kekristenan dan juga perwatakan perjanjian baru. Tujuan dan maksud karya yang diberi nama injil barnabas ini adalah sebenarnya, seperti berikut:
1.      Penolakan terhadap Yesus kristus sebagai Anak Tuhan atau sebagai firman Tuhan yang menjadi manusia dan konsep asalnya adalah menolak Yesus sebagai Almasih atau Mesias. Terdapat dalam injil barnabas pasal 198:6, “dimana Yesus berkata, “…aku hanya akan disiksa dalam orang lain, karena hukuman itu sesuai bagiku, karena banyak orang yang memanggil aku Tuhan; … aku telah mengaku bahwa bukan saja aku bukan Tuhan…, malah aku telah mengakui pula, bahwa aku bukanlah almasih”. Ini hanya salah satu contoh dari ucapan-ucapan dimana Yesus mengaku hanya sebagai manusia biasa dan menyangkal apabila dikatakan atau dianggap sebagai Tuhan atau Anak Tuhan (93:1; 94:1). Satu hal yang mengherankan sekali ialah apabila injil palsu barnabas ini menyangkal gelas almasih kepada Yesus Kristus seperti dalam IPB (Injil Palsu Barnabas) 96 ayat 2. Barnabas dalam hal ini nyat-nyata melawan dengan apa yang telah quran katakan dalam surat 3 al-imran ayat 45 yang berkata, “malaikat berkata: “Ya, maryam, sesungguhnya alloh memberikan kabar gembira kepada engkau dengan kalimatNya, namanya almasih isa anak maryam, yang mempunyai kebesaran didunia dan akheratdan termasuk orang-orang yang terdekat kepada tuhan”. Yang lucu dan anehnya ialah apabila umat muslim dengan butanya menerima IPB yang berlawanan dengan nas quran berulang kali dengan hal diatas. Namun quran tidak pernah mencatat memberikan muhammad gelar almasih
2.      Mempertahankan monotheisme ala Yahudi, terutama islam, dengan menolak Yesus kristus sebagai Anak Tuhan secara langsung atau tidak, menolak kefahaman Trinitas. Menolak faham Trinitas Kekristenan lebih nyata lagi. Sehingga muhammad disebut sebagai almasih yang akan datang oleh Yesus, bukannya Roh Kudus, sebagaimana yang terdapat dalam Injil asli atau kitab Perjanjian Baru. Ditonjolkan tokoh Abraham dan perjanjian Tuhan dengannya serta ditergaskannya akan tanda sunat atau khatan (IPB 23:29) dan Ismael (IPB 43:11). Dalam percakapan Yesus dengan kedua muridNya Andreas dan yakobus, dimana kedua murid bertanya: “dengan siapakah janji yang dibuat Tuhan kepada abraham, yang akan lahir ishak atau ismael. Yakobus menjawab: “oh guru, ceritakanlah kepada kami dalam keturunan siapakah perjanjian ini dibuat, karena bangsa Yahudi mengatakan dalam keturunan Ishak dan keturunan Ismael pula mengatakannya dalam keturunan Ismael (IPB 43:6). Yesus menjawab: “berimanlah kepadaku, karena dengan sesungguhnya aku katakan kepadamu, bahwa perjanjian itu dibuat dengan Ismael bukan dengan Ishak”. Dengan
demikian Perjanjian lama yang asal yang menyatakan bahwa janji itu akan
lahir dari keturunan Ishak (Kej 12:12) oleh penulis aritikel yang
diberi judul 'Injil Barnabas' telah dihapus dan diubahsuaikan.Sebagaimana
yang kita ketahui bahawa keturunan Ismail adalah daripada bangsa Arab
berbanding dengan Kej 25:18 yang daripada keturunannya Muhammad
dilahirkan. Ayat ini adalah bertentangan juga dengan apa yang telah
diberitakan oleh Al-quran, bahwa anak yang dijanjikan oleh Allah
terhadapnya (Ibrahim) sebagai warisnya ialah anak yang dilahirkan melalui
Sarah yaitu Ishak kerana sesudah Ishak akan dilahirkan pula Yakub, cuba
lihat (QS 11 Huud 71). Daripada Yaakob inilah yang kemudiannya Allah
mengantikannya dengan nama Israel, daripada Israel akan lahir dua belas
suku bangsa Israel, salah satunya adalah bangsa Yahudi dan dari suku
inilah Yesus dilahirkan. Sesuai dengan firman Allah bahwa keselamatan itu
lahir bukan dari bangsa lain kerana bangsa lain itu menyembah
berhala, melainkan hanya daripada bangsa Yahudi. "Kamu menyembah apa yang kamu tidak kenal ,kami menyembah apa yang kami kenal,sebab keselamatan datang dari bangsa
Yahudi"
(Injil Yohanes 4:22).
Berita tentang keselamatan sudahpun disebarkan, marilah kita sama-sama datang kepada
Tuhan yang disembah oleh Ibrahim, Ishak dan Yaakob dan janganlah kita menyembah
apapun yang disampaikan atau diberitakan oleh bangsa lain walaupun mereka
menyebut Allah juga yang mereka sembah, itu adalah satu penyesatan yang nyata
.
3.      Mengamini dan menguatkan kenabian Muhammad (fasal 112:4). Hal ini dapat dilihat
dengan jelas dari pernyataan yang diletakkan pada "Mulut Yesus",
seakan akan 'Yesus lah yang bersabda:

  • Bahawa 'Yesus bukanlah Mesias itu (IPB 96:6,42:2,220:Description: Cool
  • Tetapi al-Masih/Mesiah yang datang itu adalah utusan Allah yang terpuji ialah
    "Ahmad" (Muhammad).(IPB 97:10,220:8, bandingan QS 61:1)
  • Bahawa janji Allah itu akan lahir daripada keturunan Ismail dan bukannya
    daripada keturunan Ishak (IPB 43:10), ini adalah amat bertentangan sekali
    dengan apa yang diberitakan oleh Al-quran,(cuba QS 11:17)
4.      Membela atau mempertahankan Islam

  • "......mahu tidak mahu harus ada satu Allah....." (IPB 29:2)
  • "Aku adalah Allah sendiri,dan tidak Allah lain kecuali Aku...." (IPB
    29:15)
  • ".....Cuma hanyalah Allah Yang Maha Esa dan Muhammad adalah pesuruh Allah...." (IPB 39:3,5 dan 41:14).
Dari ketiga keterangan diatas, kemudian kita bandingkan, maka kita akan dapat melihat
bahwa bunyinya adalah cenderong kepada keislaman yang maksudnya adalah seperti
berikut:

"Bahawasanya Allah itu hanya satu, yaitu
Tuhan Yang Maha Esa, maka tidak ada Ilah(Allah) lain selain Allah (Aku), dan
Muhammad itu adalah Rasul (pesuruh) Allah"



Ayat ini adalah seperti dengan ayat kalimah syahadat bagi kaum Muslim yaitu: "Aku
bersaksi tidak ada Tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi Muhammad adalah Rasul
Allah"

Melihat nadanya yang keislamikan itu, saya sangat ragu bahwa karya yang berjudul 'Injil Barnabas' ini ditulis oleh Barnabas teman Paulus atau orang yang hidup pada abad 1, tetapi bagi saya, saya semakin yakin bahwa penulisnya adalah orang yang hidup pada zaman Islam yang telah ada dan memang terbukti bahwa penulis INJIL BARNABAS ialah MUSTAFA DE ARANDE . Untuk mengenal pasti ajaran-ajaran sesat tersebut Tuhan telah menunjukkan beberapa ciri penyesat itu, walaupun kadang -kadang kita terdorong dengan penampilan dan gaya mereka dalam menyesatkan orang-orang yang percaya. Dengan itu berhati-hatilah dengan para penyesat ini, kerana mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempengaruhi anak-anak Tuhan supaya ragu terhadap Firman Allah dan keselamatan yang telah diberikan Tuhan kepada umat tebusannya agar mereka menjadi tidak yakin lagi.


UNIVERSITAS AL-AZHAR DI CAIRO, MESIR


Mendiang Dr. Abbas Mahmoud Al Aqqad, guru besar yang terkenal di Universitas Al Azhar di Cairo Mesir, mengajak kaum Islam sedunia untuk menjauhkan diri dari “Injil Barnabas.” Dalam bukunya “Hayatul Masih fit Tarikh was Kusyufil ‘ashril Hadiets”, (Cairo: Darul Hilal) ia menguraikan kepalsuan Injil tersebut dan berkesimpulan bahwa kitab ini bukan saja menyerang ajaran agama Kristen tetapi juga ajaran agama Islam. Memang meskipun kitab ini sekarang sering dipakai untuk menyerang ajaran Alkitab, tetapi buku ini baru dikenal pada abad ke lima belas. Sarjana-sarjana Muslim yang terkenal seperti Al-Tabari, Al-Baidhawi dan Ibn Kathir tidak pernah mengutip Injil palsu ini. Di sini tidak ada tempat atau waktu untuk membahas pengarang dan asal usul “Injil Barnabas”. Tapi satu hal yang sangat jelas ialah bahwa Barnabas, pemberita Injil yang disebut di dalam Alkitab, tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan tulisan aneh ini. Dalam tulisan ini kami akan memfokuskan pada pembahasan beberapa ajaran pokok kitab ini dan atas dasar tersebut kita dapat menilai apakah buku ini benar atau palsu. Apa maksud Dr. Abbas Mahmoud Al Aqqad tatkala ia mengatakan kitab ini menyerang ajaran agama Islam? Meskipun ada banyak petunjuk bahwa penulis kitab “Injil Barnabas” memang seorang Islam, namun rupanya pengertian sang penulis tentang agama Islam dan Al-Quran sangat dangkal.

Perhatikanlah fakta-fakta berikut:

1)      Al-Quran menekankan bahwa Alkitab dapat dipercaya. Baik Kitab Taurat dan juga Kitab Injil dipuji sebagai “petunjuk dan cahaya” (Al Maidah, Sura 5:44-48). Jika demikian apakah Al-Quran salah bila berulang kali menekankan bahwa Isa adalah Mesias, atau Al-Masih?. Sangat mengherankan bahwa sebaliknya di dalam “Injil Barnabas” Muhammad disebut Mesias, dan Isa selalu menyangkal bahwa Ia adalah Mesias atau Al-Masih (lihat fasal 42, 82, 83, 96, 97, 207). Sungguhkah Mesias itu adalah Muhammad, anak Abdullah dan bukan Yesus anak Maryam?
2)      Al-Quran mengajarkan bahwa ada tujuh langit (Al-Baqarah, Sura 2:29, Al-Isra’ Sura 17:44) padahal “Injil Barnabas” tegas mengatakan “langit adalah sembilan” (fasal 178). Sepertinya penulis kitab ini membaca tulisan Dante yang mengarang khayalan terkenal “Divina Commedia” tentang sembilan langit menuju Firdaus. Mana yang benar – sembilan atau tujuh?
3)      Al-Quran mengajarkan bahwa seorang laki-laki dapat menikahi “dua, tiga, empat” wanita (An-Nisa’, Sura 4:3) selain “budak-budak yang mereka miliki” (AI-Ma’arij, Sura70:30). “Injil Barnabas” mengajarkan “hendaklah seorang lelaki puas dengan seorang wanita yang dikaruniakan Allah baginya dan hendaklah dia melupakan wanita lainnya” (pasal 115). Yang mana petunjuk Allah yang sesungguhnya – empat atau satu?
4)      Al-Quran mengajarkan bahwa Maryam mengalami “rasa sakit akan melahirkan anak” (Maryam, Sura 19:23), padahal “Injil Barnabas” menceritakan bahwa Maryam ‘dikelilingi oleh cahaya terang yang luar biasa, seraya melahirkan puteranya tanpa sakit’ (pasal 3). Mana yang benar - merasa sakit atau tanpa merasa sakit?
5)      Al-Quran menegaskan “Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya”(Al-Isra’, Sura 17:13). Sedangkan di dalam “Injil Barnabas” tertulis ‘Ketika Allah menciptakan manusia dengan kebebasan agar dia boleh mengetahui bahwa Allah tidak membutuhkan manusia, sama seperti seorang raja yang memberikan kebebasan kepada hamba-hambanya.’(pasal 155). Bukankah dua kalimat ini bertentangan? Memang benar bahwa “Injil Barnabas” juga menyerang ajaran agama Kristen dan Alkitab. Inti dari Injil, yaitu kabar baik yang dibawa oleh Isa Al-Masih, mengajarkan bahwa setiap manusia di dunia ini terjerat oleh Syaitan dan masuk kerajaan kegelapan. Selanjutnya kabar baik ini menegaskan bahwa sia-sia segala amal usaha manusia bila tujuannya melepaskan diri dari ikatan dosa dan iblis. Memang pada umumnya sukar bagi manusia yang berada dalam genggaman dosa merendahkan diri dan mengaku bahwa dia tidak berdaya menyelamatkan diri sendiri. Cobalah – berapa banyak usaha dan amal diperlukan agar dapat lepas dari dosa dan Iblis serta dapat selamat?

Yesus Kristus menghancurkan kuasa setan 
Injil yang benar memberikan jawaban yang indah. Sesungguhnya manusia yang terikat oleh dosa tidak dapat mematahkan rantai iblis. Tetapi Yesus Kristus, Tuhan yang turun dari sorga, sudah menghancurkan kuasa setan. Firman Tuhan berkata, “Bagi Dia (Yesus), yang mengasihi kita dan telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya dan telah membuat kita menjadi suatu kerajaan…bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin”(Injil, kitab Wahyu 1:6). “Injil Barnabas” menyangkal fakta ini. Menurut Injil palsu ini, muka Yudas, seorang murid Yesus, diubahkan Allah sehingga mirip dengan muka Yesus. Tentara Romawi menyalibkan Yudas sedangkan Yesus diangkat ke sorga. Sayang sekali di dalam “Injil Barnabas” tidak ada berita kelepasan dari dosa. Juga tidak ada Allah yang mengasihi manusia sehingga bersedia mengorbankan diriNya sendiri agar belenggu dosa manusia dipatahkan. Injil Allah tidak menampakkan seorang Juru Selamat yang terbang ke sorga melarikan diri sebelum kuasa iblis dipatahkan. Berhadapan dengan penderitaan maut, Ia berseru, “Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Ku katakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini (yaitu dari salib). Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini. Bapa, muliakanlah nama-Mu!” (Injil, Rasul Yohanes 12:27, 28). Yesus bersedia menjadi “Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Injil, Rasul Yohanes 1:29). Ia juga menghapus dosa Saudara, tetapi Ia tidak memaksa Saudara menerima kelepasan ini. Detik ini pun tanganNya terulur kepada Saudara. Jangan melalaikan undanganNya. Injil yang benar tidak membebani kita dengan harus ‘banyak beramal' dan 'banyak beribadah’ supaya kita dapat selamat. Injil yang benar menawarkan kepada kita keselamatan cuma-cuma sebagai anugerah Allah. “Karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Injil, Surat Roma 6:23).

Sambutlah Dia! Yakinlah akan firman Tuhan, “Barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan dibuang” (Injil, Rasul Yohanes 6:37).

Inilah Injil yang memberi harapan pasti. Inilah Injil yang benar!

1 komentar:

  1. Injil si Bego inilah yang dibuat pakai bahasa indonesia adalah yang paling bagus, kalau buatan yang lainnya tidak ada apa2nya.

    BalasHapus

Search Engine

Pengikut

Artikel Populer